Pemeringkatan dilakukan lewat survei dari para wisatawan yang berkunjung ke berbagai negara dalam 5 tahun terakhir. (sumber gambar Unsplash/Hendrik Cornelissen)

Daftar 5 Negara Teraman untuk Traveler 2024, Mayoritas Ada di Eropa

03 January 2024   |   06:00 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Liburan atau traveling ke berbagai negara di berbagai belahan dunia merupakan impian banyak orang. Sebab, selain mengunjungi destinasi menarik yang ditawarkan, para pelancong juga bisa mempelajari budaya, tradisi, dan bahasa baru di negara lain.

Secara umum, ada banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi sebagian orang sebelum mereka berlibur. Selain masalah biaya, faktor keamanan dari suatu negara juga menjadi salah satu prioritas para traveler untuk mengunjungi negara-negara tertentu.

Baca juga: Daftar 5 Negara Teraman untuk Solo Traveler 2023, Ada Islandia & Swiss

Belum lama ini, Berkshire Hathaway Travel Protection, merilis daftar 15 negara yang aman dikunjungi para pelancong pada 2024. Pemeringkatan dilakukan lewat survei dari para wisatawan yang berkunjung ke berbagai negara dalam 5 tahun terakhir.

Tak hanya itu, perusahan asuransi perjalanan yang berbasis di Amerika Utara ini juga menambahkan tolok ukur lain. Termasuk indeks perdamaian global, peringkat keselamatan perjalanan, hingga hitungan rata-rata GeoSure global. Lantas, negara apa saja yang aman dituju? Berikut di antaranya: 
 

1. Kanada

Niagara Falls (sumber gambar Unsplash/Dalma Dioszegi)

Niagara Falls (sumber gambar Unsplash/Dalma Dioszegi)

Cuaca dingin dan kepadatan penduduk yang rendah membuat perjalanan wisata di negara Kanada menjadi nyaman. Tak hanya itu, tingkat kejahatan dan kekerasan di negara ini juga tergolong rendah bila dibanding negara lain di Amerika Serikat. 

Terletak di kawasan Amerika Utara, Kanada diapit oleh tiga samudra, yaitu Pasifik di barat, Atlantik di timur, dan Arktik di utara. Oleh karena itu, wilayah ini juga memiliki destinasi yang mengagumkan seperti Niagara Falls,  The Butchart Gardens, hingga Whistler Blackcomb. 
 

2. Swiss

Wisata Swiss (sumber gambar Unsplash/Victor He)

Wisata Swiss (sumber gambar Unsplash/Victor He)

Swiss terkenal dengan keindahannya yang menakjubkan dan tidak ada duanya di dunia. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti bermain ski, mendaki gunung, hingga mengunjungi bangunan-bangunan bersejarah.

Namun, bagi yang menyukai traveling, salah satu cara terbaik untuk menikmati negara ini adalah dengan kereta api. Yaitu dengan membeli tiket Swiss Travel Pass,  yang akan mengajak kalian menikmati lanskap Swiss dari bingkai jendela kereta, bus, dan kapal tanpa perlu membayar lagi . 
 

3. Norwegia

Svalbard  (sumber gambar Unsplash/Thom Reijnders)

Svalbard (sumber gambar Unsplash/Thom Reijnders)


Negara dengan julukan 'Tanah Matahari Tengah Malam' ini memang menjadi salah satu tujuan favorit para solo traveler di dunia. Sebab, menurut data statistik negara setempat, tingkat kejahatan di Oslo hanya 39 per 1.000 penduduk pada 2021, hingga diklaim jadi wilayah teraman di Norwegia.

Adapun, beberapa destinasi wisata unggulan di negara ini adalah Tromso, di mana pengunjung bisa melihat fenomena polar night. Ada pula Svalbard dengan pemandangan lanskap pegunungan bersalju, yang menjadi tempat terbaik untuk menikmati fenomena matahari di tengah malam atau Midnight Sun. 
 

4. Irlandia

Irlandia (sumber gambar Unsplash/Eliane Zimmermann)

Irlandia (sumber gambar Unsplash/Eliane Zimmermann)

Dikenal sebagai negara yang banyak melahirkan sastrawan dunia, Irlandia juga menjadi salah satu tujuan wisata para pelancong saat pergi ke Eropa. Negeri Pulau Zamrud ini memiliki destinasi wisata yang beragam, baik dari segi budaya, sejarah, keindahan alam.

Bagi para pencinta sastra, Dublin adalah kota yang patut dikunjungi saat melancong ke negara ini. Sebab, kota tersebut telah melahirkan empat peraih Nobel sastra yakni WB Yeats, George Bernard Shaw, Samuel Beckett dan Seamus Heaney, di mana kalian bisa napak tilas menyusuri peninggalan-peninggalan mereka. 
 

5. Islandia

Islandia (sumber gambar Unsplash/Cassie Boca)

Islandia (sumber gambar Unsplash/Cassie Boca)

Dikenal sebagai salah satu negara teraman di dunia menurut survei Global Peace Index 2023, Islandia juga menjadi surga para pelancong. Sebab, para traveler bisa menjelajahi alam terbuka, gunung berapi, dan gletser untuk didaki tanpa merasa khawatir bakal terancam tindakan kriminal dan kejahatan.

Adapun, salah satu destinasi paling populer di negara ini adalah Reykjavík yang menjadi ibukota Islandia. Di sini kalian bisa melancong menikmati bangunan kotanya yang warna-warni hingga menonton ikan paus di Faxaflói Bay,sebuah teluk di Islandia barat daya, antara semenanjung Snæfellsnes dan Reykjanes. 

Baca juga: Ini 5 Negara Dengan Jam Kerja Terpendek di Dunia, Semuanya di Eropa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Januari 2024

BERIKUTNYA

Teaser Ali Topan Hadirkan Kisah Romantis & Pemberontakan Anak Muda 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: