Angklung menjadi salah satu alat musik khas Sunda (Sumber gambar ilustrasi: pexels/ Teguh Dewanto)

5 Oleh-oleh Bandung yang Wajib Ditenteng saat Liburan

01 January 2024   |   19:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Setelah berlibur pada tahun baru ini, sudah saatnya Genhype kembali ke aktivitas sehari-hari. Salah satu ritual seru saat akan menutup liburan adalah berburu oleh-oleh atau buah tangan untuk sanak famili atau rekan kerja di kantor. Selain membuat orang senang, buah tangan juga dapat mengenalkan makanan khas daerah yang dikunjungi. 

Biasanya di satu daerah terdapat lebih dari satu makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Bagi kalian yang masih berlibur mengikuti jadwal masuk sekolah anak-anak, tidak ada salahnya untuk mulai kasak-kusuk mencari oleh-oleh khas yang bisa dijadikan buah tangan. 
??????
Baca juga: Rekomendasi Wisata Seru di Joglosemar, Cocok Dikunjungi Saat Libur Nataru 2023

Buah tangan yang dapat menjadi pilihan bisa berupa makanan atau kerajinan tangan yang unik dan lucu. Nah buat kalian yang berlibur di Bandung dan sekitarnya, berikut sejumlah oleh-oleh yang  bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang:


1. Peuyeum Bandung (tapai singkong)

Peuyeum adalah Bahasa Sunda untuk tapai singkong. Makanan yang satu ini merupakan salah satu yang bisa menjadi pilihan ketika kalian berlibur ke Bandung. 

Makanan yang satu ini memiliki rasa manis dan asam. Selain dapat dikonsumsi langsung, peuyeum juga bisa diolah lebih lanjut untuk menjadi berbagai makanan yang menggugah selera. Peuyeum sendiri merupakan hasil fermentasi singkong. 


2. Bolen Pisang & Brownies Kukus

Di Kota Kembang ini juga terdapat makanan bolen pisang dan brownies yang terkenal dan kerap menjadi buah tangan. Jadi, Genhype bisa membeli makanan ini sebagai oleh-oleh untuk dijadikan buah tangan. 

Bolen pisang merupakan kue dengan bentuk bulat pipih berisi pisang dan keju atau varian cokelat. Bagian luar kue tersebut memiliki balutan pastri dengan rasa yang gurih dan empuk. 

Sementara brownies adalah kue cokelat dengan tekstur yang lembut, baik brownies bakar maupun untuk varian kukus. Bolu ini juga biasanya memiliki beragam rasa dengan berbagai toping yang akan menjadikannya begitu nikmat ketika meluncur ke dalam mulut. Misalnya, toping keju, tiramisu, pandan dan sebagainya.


3. Tahu Susu Lembang

Saat jalan-jalan ke Lembang, salah satu destinasi wisata di Bandung, jangan lupa untuk membeli tahu susu yang banyak ditawarkan di tempat ini. Selain memiliki rasa yang nikmat, tahu susu itu juga memiliki tekstur yang lembut. 

Kalian juga bisa membawanya pulang untuk oleh-oleh dan berbagi rasa nikmat makanan yang terbuat dari kedelai dan susu sapi segar itu untuk dinikmati bersama. Rasa tahu susu Lembang ini begitu gurih, lembut dan beraroma yang menggugah selera. 


4. Souvenir Angklung

Salah satu yang terkenal dari Bandung adalah angklung, yakni alat musik yang terdiri dari bambu yang cara bermainnya digoyangkan. Di tempat ini juga terdapat saung angklung yang begitu terkenal dan mendunia. 

Selain mengunjungi dan menikmati pertunjukan musiknya, kalian bisa membeli oleh-oleh souvenir angklung untuk menambah pengalaman menyenangkan ketika menyaksikan para musisi bermain angklung.

5. Souvenir Wayang Golek

Oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang dari Bandung adalah wayang golek, yakni boneka kayu dengan berbagai karakter yang digunakan untuk pertunjukan seni tradisional Sunda itu. 

Baca juga: City Tour Jadi Alternatif Wisata Libur Tahun Baru, Cek 5 Ikon Menarik di Jakarta

Boneka kayu wayang golek memiliki bentuk dan karakter yang unik. Tidak hanya itu, warna-warni dan pakaian yang tersematkan, boneka itu juga terlihat sangat menarik dan khas untuk dijadikan pajangan di rumah maupun di kantor. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Waspada 3 Ancaman Penggunaan Teknologi AI pada 2024

BERIKUTNYA

Sejuk! Intip 5 Kafe & Resto di Sentul Alternatif Wisata Selain Puncak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: