Candi Borobudur merupakan salah satu tujuan utama wisata di Jawa Tengah. (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Nurul Hidayat)

Rekomendasi Wisata Seru di Joglosemar, Cocok Dikunjungi Saat Libur Nataru 2023

28 December 2023   |   16:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Kawasan Joglosemar yang terdiri dari Yogyakarta, Solo, dan Semarang merupakan segitiga emas destinasi pariwisata baru yang belakangan makin populer. Tiga daerah yang lokasinya saling berdekatan ini menawarkan beragam wisata seru yang cocok untuk merayakan libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Diproyeksikan sebagai kawasan wisata terpadu, akses dari dan menuju ke tiga daerah ini terbilang sudah cukup mudah. Berbagai pilihan akomodasi sudah tersedia, dari bus, kereta, pesawat, hingga kendaraan pribadi.

Baca juga: City Tour Jadi Alternatif Wisata Libur Tahun Baru, Cek 5 Ikon Menarik di Jakarta

Dari segi pariwisata, ketiga daerah ini punya daya tarik yang berbeda-beda dan saling melengkapi. Mulai dari wisata pantai, gunung, budaya, hingga sejarah, semuanya bisa ditemui di kawasan Joglosemar.

Berikut adalah rekomendasi beberapa wisata seru yang bisa dijajal ketika berlibur ke kawasan Joglosemar saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.


1. Kota Lama, Semarang

Kota Lama Semarang merupakan saksi bisu pusat perdagangan besar di Jawa Tengah yang pernah terjadi pada abad ke-19 sampai ke-20. Di tempat ini, wisatawan bisa menyaksikan sekitar 50 lebih bangunan kuno yang masih berdiri.

Bangunan tersebut rata-rata masih bergaya khas Eropa. Kawasan seluas 31 hektare ini menyuguhkan daya tarik yang berbeda, khususnya bagi Genhype yang penasaran dengan sejarah kolonialisme dan Semarang.


2. Gunung Ungaran

Gunung Ungaran menawarkan berbagai pilihan wisata alam yang menarik. Di kaki gunungnya, terdapat wisata kebun teh Medini. Bergeser tak jauh dari situ, di Bandungan, terdapat wisata umbul Sidomukti dengan
pemandangan khas pegunungan.

Jika Genhype menyukai kegiatan adventure, tentu opsi wisata pendakian gunung Ungaran tak boleh dilewatkan. Tinggi gunung ungaran yang berkisar 2.050 meter di atas permukaan laut membuat pilihan pendakian menjadi lebih fleksibel. Bisa digapai dalam satu hari satu malam saja.


3. Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo

Keraton Surakarta Hadiningrat merupakan ikon wisata Kota Solo. Di dalam keraton, wisatawan dapat melihat berbagai bangunan dan benda-benda bersejarah. Selain itu, ada museum juga yang memiliki beragam koleksi.

Jika datang pada waktu-waktu khusus, pengunjung bisa menyaksikan upacara adat atau tarian sakral. Tempat ini jadi lokasi yang pas untuk belajar sejarah mengenai Kota Solo.


4. Candi Borobudur, Magelang

Objek wisata Candi Borobudur juga jadi salah satu destinasi yang tidak boleh ketinggalan ketika berlibur di Joglosemar. Terletak di Magelang, Candi Borobudur cukup dengan dengan Yogyakarta. Bahkan, kalau melakukan road trip Semarang-Yogyakarta, lokasi wisata ini berada di antara kedua daerah tersebut.

Candi Borobudur tidak hanya tempat wisata untuk berlibur saja. Di kawasan ini, pengunjung juga bisa belajar mengenai bangunan cagar budaya yang menjadi salah satu warisan dunia. Candi Buddha yang besar ini juga punya nilai sejarah besar.


5. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta bisa jadi pilihan berlibur bagi wisatawan yang ingin mendalami kebudayaan kota Gudeg ini. ada beragam area wisata Keraton yang bisa dinikmati pengunjung, dari Kedhaton, Museum Kereta, hingga Taman Sari.

Di tempat ini, wisatawan bisa belajar dan melihat langsung bagaimana budaya Jawa bisa terus hidup dan dilestarikan. Mengingat ini adalah keraton, pengunjung diharapkan bisa menjaga tata krama dan aturan yang berlaku.


6. Lava Tour Merapi, Yogyakarta

Lava Tour Merapi adalah kegiatan wisata berkeliling di sekitar gunung Merapi dengan menggunakan jip. Jenis wisata ini menawarkan petualangan untuk mengeksplorasi keindahan gunung Merapi.

Tak hanya itu, wisatawan juga akan diajak berkeliling ke bangunan-bangunan yang menjadi saksi bisu ketika gunung Merapi meletus beberapa tahun lalu. Termasuk, ke rumah Mbah Maridjan, juru kunci Merapi yang juga ikut terdampak ketika meletus pada 2010 lalu.

Baca juga: Rekomendasi 5 Wisata Adrenalin untuk Liburan Akhir Tahun, Ada Susur Goa hingga Panjat Tebing



Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Dunia Seni Rupa Indonesia Berduka, Maestro Lukis Suhardi Tutup Usia

BERIKUTNYA

Disney Pixar Siapkan Kelanjutan Film Animasi Cars

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: