Kegiatan wisatawan di Kota Tua Jakarta. (Sumber foto: JIBI/Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

City Tour Jadi Alternatif Wisata Libur Tahun Baru, Cek 5 Ikon Menarik di Jakarta

26 December 2023   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Saat orang-orang mencari momen healing ke destinasi wisata alam maupun rekreasi, wisata kota atau city tour tak kalah menarik dan menjadi alternatif untuk liburan akhir tahun. Wisatawan diajak untuk mengeksplorasi berbagai objek wisata, mulai dari bangunan atau tempat bersejarah, hingga pusat kuliner maupun perbelanjaan. 

Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Mualim Wijoyo mengatakan pusat perbelanjaan seperti mal menjadi etalase yang dimiliki sebuah kota. Mal menjadi destinasi wisata yang menarik terutama bagi mereka yang berasal dari luar kota maupun luar negeri.

Baca juga: Malam Tahun Baru Bakal Ada Pertunjukan Kelas Dunia di Bundaran HI

“Sehingga tidak hanya melihat peninggalan yang ada, pusat perbelanjaan menjadi objek yang pasti ingin dilihat,” ujarnya kepada Hypeabis.id, beberapa waktu lalu.

Konektivitas antara angkutan umum dan pusat perbelanjaan pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Tinggal bagaimana pengelola melakukan strategi dan inovasi untuk mengerek pengunjung lebih banyak lagi. 

Selain berhias dengan pernak-pernik khas Nataru dan menghadirkan diskon, Mualim menyarankan agar pengelola pusat perbelanjaan kreatif menggelar kegiatan untuk memberi pengalaman lebih kepada para pengunjung dalam berbelanja. 

Tahun ini, APPBI pun cukup optimis dengan pendapatan para pusat perbelanjaan mengingat banyak tenant atau toko di mal buka kembali setelah dihantam pandemi. Tentu, hal tersebut juga menjadi faktor peningkatan jumlah pengunjung. 

Salah satu destinasi wisata city tour Jakarta, Ancol Taman Impian juga siap menyergap para pelancong dengan ragam konten spesial, terutama jelang pergantian Tahun Baru 2023/2024.

Head of Corporate Communications PT Pembangunan Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho menyampaikan akan ada konser musik yang dimeriahkan oleh musisi papan atas Indonesia bekerjasama dengan salah satu stasiun TV nasional di area pantai, serta berbagai hiburan spesial di seluruh unit rekreasi.

“Selain itu, juga kami melakukan renovasi kawasan resort yang dikelolanya, yaitu Putri Duyung Ancol,” imbuhnya.

Detik-detik menjelang malam pergantian tahun baru, Ariyadi menyebut Ancol Taman Impian akan dihiasi ribuan kembang api yang tersebar di 5 titik. Kembang api itu akan meluncur dari Pantai Festival, Danau Ancol, Putri Duyung Ancol, Pantai Lagoon, dan Pantai Carnaval.

Pesta kembang api ini berdurasi 10 sampai 13 menit. Terpusat di floating stage, kembang api akan disajikan dengan konsep musical fireworks. Kembang api musikal ini akan berdurasi 13 menit yang terbentang sepanjang 600 meter di bibir pantai.

Untuk mengantisipasi jumlah pengunjung yang membludak, pengelola Ancol katanya akan menerapkan metode pembelian tiket secara online. “Kami juga akan menerapkan rekayasa lalu lintas khusus saat malam pergantian tahun di 31 Desember 2023 nanti,” tambah Ariyadi.

Dia mencatat tren kunjungan ke Ancol Taman Impian jelang akhir tahun ini terpantau cukup baik. Hingga September 2023 lalu, jumlah pengunjung Ancol sudah mencapai 8,1 juta orang. Angka ini sudah lebih tinggi dari total pengunjung pada 2022. PT Pembangunan Jaya Ancol katanya berharap tahun ini angka kunjungan bisa mencapai 9 juta orang.

Termasuk Ancol, berikut daftar lokasi wisata city tour di Jakarta buat kamu yang tetap stay di dalam kota selama libur tahun baru.


1. Taman Impian Jaya Ancol 

Destinasi wisata yang terletak di utara Jakarta ini memiliki ragam tempat atraksi yang bisa menjadi alternatif berlibur di tengah kota, diantaranya Pantai Ancol, Dufan, Seaworld, Atlantis, Samudra, Jakarta Bird Land, Ecopark, dan Fauna Land. 


2. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Menawarkan Indonesia dalam miniatur, pengunjung bisa melihat replika rumah adat serta budaya 38 provinsi yang ada di Tanah Air. Ada pula gambaran pulau-pulau di Indonesia dalam bentuk peta di jantung TMII, hingga representasi agama yang ada di Indonesia. TMII juga memiliki beragam museum yang bisa dikunjungi. 


3. Monumen Nasional (Monas)

Monas dibangun pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, menjadi monumen peringatan untuk mengenang jasa rakyat yang berjuang melawan pemerintah Belanda. Monumen yang menjadi pusat dari Lapangan Merdeka ini memiliki tinggi 132 meter dengan obor api yang dilapisi emas seberat 35 kg.


4. Kota Tua Batavia

Salah satu ikon wisata Ibu Kota Jakarta ini dipenuhi bangunan bersejarah seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, dan tentunya Pelabuhan Sunda Kelapa. Di Kota Tua, kerap ditampilkan pertunjukan kesenian dan budaya. 


5. Sarinah

Gedung pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan MH Thamrin ini menjadi bangunan pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan eskalator. Pengunjung masih bisa menemui eskalator tersebut yang terawat dengan baik. Saat ini Sarinah sudah berbenah dan hanya menjual produk buatan Indonesia. Begitu pula dengan restoran atau tenant yang ada di dalamnya, mayoritas merupakan usaha lokal.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mizora Jewelry Hadirkan Koleksi Baru Aleva Wonderland, Ada Berlian & Zamrud

BERIKUTNYA

Tahun Baru di Jakarta, Cek Rangkaian Acara Malam Muda Mudi 31 Desember 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: