Suasana konser The Legends yang ke-8 dengan tema Symphonic Tales From Ghibli di Jakarta, Sabtu (9/9/2023). (Sumber gambar: JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Kaleidoskop 2023: Pertunjukan Seni & Teater yang Memukau Sepanjang 2023

31 December 2023   |   09:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, 2023 menjadi tahun yang luar biasa bagi pertunjukan seni dan teater Indonesia. Tercatat, ada beberapa pertunjukan seni yang menjadi sorotan dan mendapat apresiasi yang sangat baik dari publik. Beberapa di antaranya bahkan dipentaskan ulang.

Sepanjang 2023, para pelaku seni terus menyuguhkan karya-karya terbarunya, memainkan banyak kolaborasi, hingga mengeksplorasi hal-hal baru. Hal ini membuktikan bahwa pertunjukan seni dan teater di Indonesia masih sangat bergairah.

Baca juga: Kaleidoskop 2023: Pameran Seni Rupa Penting Sepanjang 2023

Berikut adalah daftar pertunjukan seni dan teater yang berhasil memukau penonton sepanjang 2023:


Januari


Aum

Pertunjukan bertajuk AUM karya Putu Wijaya digelar oleh kelompok Teater Mandiri pada 4-5 Januari 2023 di Teater Kecil, TIM. Pagelaran yang menampilkan cerita kritik sosial diselenggarakan untuk mengumpulkan donasi yang diberikan pada tokoh teater yang sedang sakit. Sementara itu, lakon ini mengisahkan tentang sekelompok warga yang menayangan sesuatu ke rumah bupati, meski sebenarnya tidak mereka pun bingung dengan apa yang tengah dihadapi.


Februari


Helateater Salihara

Komunitas Salihara menyelenggarakan program Helateater dengan tema Teater Objek pada 18 Februari 2023 sampai 12 Maret 2023. Pertunjukan Teater Objek diikuti oleh lima penampil dengan ciri khas yang berbeda antara satu dengan yang lain. Mulai dari Flying Balloons Puppet, SEKAT Studio, Wayang Suket Indonesia, Institute Tingang Borneo Theater, hingga Papermoon Puppet Theatre.


Kuntilanak Sumur Tua

Pertunjukan Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih sukses mementaskan lakon Kuntilanak Sumur Tua yang digelar di Gedung Kesenian Miss Tjitjih. Pagelaran yang digelar Sabtu, 25 Februari 2023, tersebut disutradarai oleh Elly Sunteba.


Maret


Musikal Ken Dedes

EKI Dance Company menyuguhkan pementasan penuh perdana Musikal Ken Dedes pada 18-19 Maret 2023 di Theater Ciputra Artpreneur, Jakarta. pertunjukan musikal ini menyajikan kisah yang relatif jarang ditampilkan oleh berbagai versi Ken Dedes yang pernah ada.


Kuntilanak Waru Doyong

Pertunjukan Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih sukses mementaskan lakon Kuntilanak Waru Doyong yang digelar di Gedung Kesenian Miss Tjitjih. Pagelaran yang digelar Jumat, 10 Maret 2023, tersebut disutradarai oleh Elly Sunteba.

Cerita pertunjukan ini bermula ketika muncul kecemburuan Rodiah kepada Sulastri dan membuat Rodiah tega mengguna-guna Sulastri sampai meninggal dunia. Setelah kepergian ibunya, Rukiah selalu menderita hidupnya karena kekejaman ibunya Rodiah dan Rohana saudara tirinya


April


Boeh Hideung (Kain Kafan Hitam)

Kelompok Sandiwara Sunda Miss Tjitjih 1928 menggelar pertunjukan bertajuk Boeh Hideung (Kain Kafan Hitam) pada Minggu, 9 April 2023. pertunjukan lakon Boeh Hideung di Gedung Kesenian Miss Tjitjih merupakan yang pertama diadakan pada April 2023 atau yang kedua sejak gedung diresmikan kembali pada 8 Maret 2023 silam.


Mei


Sampek Engtay 2023

PUKAT KAJ dan Komunitas Peduli Seminari/Yayasan Sahabat Seminari X Teater Koma mempersembahkan pertunjukan Sampek Engtay. Ini adalah sebuah kisah cinta legendaris dari seorang gadis keturunan Tionghoa bernama Engtay yang berasal dari keluarga berada bertemu dengan seorang pemuda bernama Sampek saat menempuh pendidikan.

Namun, cinta mereka terbentur dengan restu Ayah Engtay yang sudah merencanakan masa depan putrinya. Pertunjukan ini digelar di Ciputra Artpreneur, pada Sabtu, 27 Mei 2023


Juni


Helatari

Komunitas Salihara kembali menggelar festival mini Helatari pada 3-25 Juni 2023 di Teater Salihara. Ini adalah sebuah festival seni tari kontemporer dua tahunan yang menampilkan karya-karya tari baru dari dalam negeri dan dunia.

Beberapa pertunjukan tersebut adalah Budi Bermain Boal-Megatruh Banyu Mili (Yogyakarta), Waktu Ku Kecil, Tidak Besar- Annastasya Verina (Surakarta), The (Famous) Jung Jung Te Jung Dance-Wayan Sumahardika (Bali), Cercle-Olé Khamchanla (Laos), dan  Tuti in The City-Yola Yulfianti & DANSITY X LASTEAM689 (Jakarta).


Kuntilanak Mangga Dua

Galeri Indonesia Kaya dan Kelompok Sandiwara Mis Tjitjih yang berkolaborasi dengan penyanyi Ary Kirana menyuguhkan pertunjukan teater berbalut komedi dengan tajuk Kuntilanak Mangga Dua. Pagelaran ini berlangsung pada pada 3 Juni 2023.


Sudamala: Dari Epilog Calonarang

pertunjukan seni tradisi Sudamala: Dari Epilog Calonarang diadakan kembali di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, pada 24 dan 25 Juni 2023. Pementasan seni pertunjukan ini merupakan yang kedua setelah pertama kali diadakan di Jakarta pada tahun lalu.


Julini Tak Pernah Mati

Indonesia Kita kembali menggelar pementasan teater bertajuk lakon Julini Tak Pernah Mati, di Teater Besar Taman Ismail Marzuki Jakarta, Sabtu, (17/6/23). Terinspirasi dari naskah legendaris Teater Koma berjudul Opera kecoa, lakon ini diadaptasi ulang oleh Agus Noor.


Juli 


Benih Yang Bernilai

Kemilau Emas Anak Indonesia dan Ciputra Artprenuer menggelar pertunjukan musikal Benih Yang Bernilai pada Sabtu, 15 Juli 2023 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Disutradari oleh Jong Santiasa Putra, Benih Yang Bernilai dipentaskan oleh sederet figur kenamaan di Indonesia dengan berbagai latar belakang, dari aktor, penari, penyanyi, dan tentu saja anak-anak. Pertunjukan ini mengangkat kisah anak-anak di panti asuhan. Mereka adalah anak-anak yang tumbuh dengan bakat dan latar belakang berbeda.


Junior Musical Wonderland

Hi Jakarta Production bersama Ciputra Artpreneur menggelar Junior Musical wonderland di Ciputra Artpreneur Theater, pada Sabtu (22/7/2023). Junior Musical Wonderland di tahun ini menghadirkan karya yang terinspirasi dari Charlie and The Chocolate Factory dengan judul adaptasi Chocolate Factory The Musical.


Ariyah dari Jembatan Ancol

Titimangsa bersama Bakti Budaya Djarum Foundation menggelar pertunjukan teater bertajuk Ariyah dari Jembatan Ancol. Menjadi produksi ke-63 dari Titimangsa, pementasan Ariyah dari Jembatan Ancol bakal berlangsung pada 27-28 Juli 2023 di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.


Komedi Total: Bambang Merah, Bambang Putih

Kolam Ikan Creative Communication menggelar pertunjukan Komedi Total: Bambang Merah, Bambang Putih di Taman Ismail Marzuki, pada Jumat, 21 Juli 2023. Komedian yang tampil menghibur para penonton mencapai puluhan, dari Cak Lontong, Miing Bagito, Abdel, Akbar Kobar, Komeng, Jarwo Kwat, Denny Chandra, Denny Cagur, Bopak Castello, Opie Kumis, Daus Mini, dan masih banyak lagi.


Agustus


Waktu Batu, Rumah yang Terbakar

Teater Garasi menggelar pertunjukan berjudul Waktu Batu, Rumah yang Terbakar di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, pada 17 dan 18 Agustus 2023. Pertunjukan ini dikemas dalam visual estetis lewat performativitas yang padat, mengajak penonton untuk keluar-masuk di dunia virtual dan realitas.


Mekhala and Krakatoa Spirit

Dunia Ajaib Kokomang bekerja sama dengan Selasar Sunaryo Art Space (SSAS) dan United States of Bandung Percussion (USBP) menggelar pertunjukan teater musikal anak bertajuk Mekhala and Krakatoa Spirit. Belangsung di Bale Handap SSAS, Bandung, Jawa Barat, pagelaran ini sukses digelar pada Sabtu, 5 Agustus 2023


Djakarta International Theater Platform (DITP)

Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ)  tahun ini kembali menggelar program Djakarta International Theater Platform (DITP) pada 13-20 Agustus 2023. Memilih tajuk Crossing Zones, DITP menempatkan Jakarta sebagai etalase seni pertunjukan seniman teater Indonesia dan internasional. Selain menampilkan beragam pertunjukan teater dan tari di atas panggung, perhelatan tahunan ini juga menggelar diskusi, dan lokakarya mengenai perkembangan dan tantangan produksi teater.


September


The Legends 8 (Replay)

The Legends 8-Replay: Symphonic Tales from Ghibli merupakan pertunjukan pengulangan yang digelar TRUST Orchestra, setelah edisi pertama begitu sukses. Pertunjukan ini digelar di Ciputra Artpreneur pada 9-10 September 2023. Sebagai informasi, The Legends merupakan konser tahunan TRUST Orchestra yang mengangkat musik gubahan bertema soundtrack musik-musik dari film populer


Ken Dedes Rerun

Ciputra Artpreneur & EKI Dance Company kembali menggelar pertunjukan Musikal Ken Dedes (Rerun) pada 16-17 September 2023. Masih sama dengan edisi pertama, pertunjukan ini berkisah tentang cinta tragis Ken Dedes. Mulai dari pernikahan paksa dengan Tunggul Ametung, perselingkuhan dengan Ken Arok, hingga persaingan dengan Ken Umang, istri pertama Ken Arok.


Jalasena Laksamana Malahayati

Kisah laksamana perempuan pertama di dunia asal Aceh, Laksamana Malahayai, ditampilkan dalam pertunjukan teater kolosal di Taman Ismail Marzuki, 9 September 2023. Pertunjukan ini mengangkat kisah heroik perjuarangan Laksamana Malahayati, yang di dalamnya menghadirkan kejutan berupa replika kapal perang seukuran aslinya. Lalu, ada pertunjukan videomapping yang indah untuk memperkuat narasinya.


Pekan Komponis

Dewan Kesenian Jakarta melalui Komite Musik kembali menggelar Pekan Komponis Indonesia 2023. Tanpa tema tertentu, aacara ini mengusung kebebasan berekspresi dari para komponis. Digelar pada 14 dan 15 September 2023, ajang ini menyuguhkan sejumlah pertunjukan dan serangkaian diskusi bersama lima komposer yang telah terkurasi.


Oktober


TRIBUTE TO MARIA CALLAS: 100th ANNIVERSARY

Konser opera Tribute to Maria Callas: 100 Years Anniversary digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada 7 Oktober 2023. Sesuai tajuknya, konser opera ini digelar untuk memperingati 100 tahun Maria Callas, penyanyi opera soprano legendaris abad ke-20 yang dikenal sebagai La Divina.

Dua penyanyi soprano berbakat yakni Felicia Bongiovanni asal Italia dan Regina Handoko dari Indonesia terlibat dalam pertunjukan ini. Selain itu, ada pula penyanyi tenor asal Italia Dio Ricchizzi, serta penampilan dari kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers yang diiringi oleh alunan orkestra dari Jakarta Concert Orchestra. Adapun, bertindak sebagai konduktor ialah maestro Massimiliano Linceri dari Italia.


Kapan Resign?

Jakarta Musical Crew (Jaksical) menggelar pertunjukan musikal interaktif bertajuk Kapan Resign? yang dipentaskan di Teater Salihara pada 6-8 Oktober 2023. Kapan Resign? berkisah tentang tiga sekawan yang bekerja bersama di sebuah agency dengan atasan yang menantang dan drama pekerjaan yang bercampur dengan permasalahan pribadi.


Festival Teater Jakarta 2023

Rangkaian final Festival Teater Jakarta (FTJ) 2023 mulai digelar sejak 23 Oktober hingga 1 November 2023. Final FTJ 2023 diikuti oleh 15 grup teater terbaik yang telah lolos proses seleksi di lima wilayah administrasi Jakarta.

Tiap-tiap grup akan menampilkan satu pertunjukan spesialnya. Namun, tak hanya lomba serta pembinaan, Festival Teater Jakarta juga masih memiliki serangkaian program pelengkap lain, dari lokakarya, pameran, diskusi, hingga pentas teater dari kelompok luar negeri.


Festival Musikal Indonesia

Kemendikbudristek bekerja sama dengan Yayasan Eksotika Karmawibhangga Indonesia kembali menghelat Festival Musikal Indonesia (FMI) 2023 pada 28-29 Oktober di Ciputra Artpreneur, Jakarta. FMI 2023 mengangkat tema Legenda Urban atau Urban Legend. Ada lima kelompok penampil yang mengeksplorasi tema tersebut. Selain itu, ada pula tambahan program Showcase dari 13 komunitas musikal yang membawakan tema-tema seru lainnya di lantai 11 Ciputra Artpreneur.


November


The Legends 9 Adventures from Disney - Pixar

TRUST Orchestra menghadirkan The Legends 9: Adventures from Disney Pixar pada 4 dan 5 November 2023 di Ciputra Artpreneur. Pertunjukan yang diorkestrasi oleh konduktor Nathania Karina ini menampilkan lagu-lagu soundtrack dari Disney Pixar.


Lebaran Teater

Perhelatan akbar rangkaian 50 tahun Festival Teater Jakarta diwarnai berbagai kegiatan, termasuk acara bertajuk Lebaran Teater. Acara ini digelar pada 20 November hingga 29 November 2023 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Melalui acara ini, ada penampil-penampil yang terpilih dari jalur kurasi, luar kota, luar negeri, hingga pemenang lomba final FTJ dan FTK.


Legally Blonde

Jakarta Performing Arts Community (JPAC) mementaskan teater musikal bertajuk Legally Blonde pada 24-25 November 2023. Legally Blonde merupakan musikal Broadway yang pertama kali dipentaskan pada 2007 dengan musik dan lirik diciptakan oleh Laurence O-Keefe dan Nell Benjamin. Musikal didasarkan dari novel karya Amanda Brown dan film yang tayang pada 2001 dengan judul yang sama.


Koreans Week

Komunitas Salihara bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata Korea Selatan menyelenggarakan Koreans Week. Sabtu, 18 sampai Minggu, 26 November 2023 di Teater dan Galeri Salihara itu, para pengunjung dapat menikmati berbagai suguhan dari 12 seniman asal Korea Selatan – termasuk pertunjukan tari yang dibawakan pada 18 – 19 November 2023.


Desember


An Anime Symphony

Jakarta Concert Orchestra (JCO) menggelar pertunjukan musik bertajuk An Anime Symphony di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pada Sabtu, (9/12/23). Konser ini akan menyajikan original soundtrack (OST) dari berbagai animasi populer di dunia, seperti animasi Studio Ghibli, Doraemon, Sailor Moon, hingga Detective Conan.


Freed Ballet

Di atas panggung Ciputra Artpreneur, pada 29 dan 30 Desember, Freed Ballet menampilkan program Show terbaru dengan iringan musik oleh para virtuoso piano dari Dmitrii Nekhoroshev dan Aysylu Salyakhova. Alumni terbaik Akademi Balet Rusia Vaganova menampilkan balet paling terkenal di Teater Mariinsky. Selain itu, bintang tamu balet lain juga diundang, dari Oleg Demchenko hingga Maria Martinova.


The Birds

Rumah Karya Sjuman menggelar pertunjukan tari balet kontemporer The Birds dalam rangka perayaan 25 Tahun Kreativität Dance Indonesia, dengan membawakan karya maestro balet Indonesia, Farida Oetoyo. Pertunjukan The Birds atau burung-burung ini dilaksanakan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta pada 1 Desember 2023


A Voyage of Flavours and Fantasy

Taman Safari Bali resmi menghadirkan Varuna, pertunjukan teatrikal bawah air pertama di Indonesia. Panggung teatrikal tersebut menampilkan pertunjukan bertajuk A Voyage of Flavours and Fantasy yang memiliki durasi sekitar 36 menit. Saat menyaksikannya, pengunjung seolah dibawa masuk ke dunia fantasi bawah laut. Pertunjukan ini juga menggabungkan kesenian lokal Bali dengan kolaborasi bersama seniman internasional dan seniman lokal.


Monolog Di Tepi Sejarah

Direktorat  Perfilman, Musik dan Media Kemendikbudristek kembali berkolaborasi dengan Titimangsa dan KawanKawan Media untuk menggelar pertunjukan Di Tepi Sejarah. Digelar di Teater Salihara pada 12 hingga 20 Desember 2023, pertunjukan ini kembali menampilkan tokoh-tokoh penting Indonesia yang berada di luar pusaran sejarah besar bangsa, mulai dari Oto Iskandar Dinata, Tirto Adhi Soerjo, Ruhanna Kudus, Tan Tjeng Bok, hingga Fransisca Casparina.


Sesolahan Balin Tityang 2023

Sesolahan Balin Tityang kembali digelar pada 2023. Ini adalah sebuah pagelaran tahunan yang sekaligus menjadi ajang uji tampil kenaikan tingkat para murid sanggar Kembalikan Baliku. Dalam pertunjukan kali ini, kelompok penari yang diinisiasi oleh cicit Presiden Soekarno, Syandriasari, itu menampilkan beberapa tarian. Selain Chopin Larung, para penari juga membawakan Tari Legong Abimanyu Gugur. Pertunjukan ini digelar cukup megah di The Dome Senayan Park, Jakarta, Sabtu (9/12/2023).

Baca juga: Kaleidoskop 2023: 7 Catatan Penting Perkembangan Bisnis Daring

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Line Up MBC Gayo Daejejeon saat Pesta Tahun Baru: Ada SHINEE dan RIIZE

BERIKUTNYA

5 Rekomendasi Tempat Merayakan Tahun Baru di Bali, Ada Pesta Kembang Api sampai Konser

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: