Ilustrasi film (Sumber gambar: Unsplash/Jeremy Yap)

Kaleidoskop 2023: Film Indonesia Paling Laris di Bioskop Tahun Ini

27 December 2023   |   21:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Industri perfilman Indonesia masih menunjukkan tajinya pada 2023. Sepanjang tahun ini, ada banyak rumah produksi lokal yang mencatatkan raihan jumlah penonton positif untuk film-film andalannya. Hal ini membuktikan bahwa film-film produksi dalam negeri masih ditunggu oleh masyarakat.

kualitas film yang makin baik membuat penonton Indonesia makin percaya dengan film-film lokal dibanding mancanegara. Tahun ini, terhitung ada belasan lebih film Indonesia yang berhasil menembus angka 1 juta penonton. 

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Piala Citra FFI 2023, Women From Rote Island Borong 4 Penghargaan

Secara genre, tahun ini horor memang masih mendominasi. Terlihat, dari 10 daftar film terlaris 2023, ada enam judul yang merupakan genre horor. Kendati demikian, film drama, musikal, hingga sekuel film lama juga rupanya masih memiliki penikmatnya di Indonesia.

Hypeabis.id telah merangkum daftar 10 film Indonesia paling laris 2023. Berikut ulasannya. 


1. Sewu Dino


Film Sewu Dino garapan Kimo Stamboel menjadi film paling laris sepanjang 2023. Film horor produksi MD Pictures ini mampu meraih 4.886.406 orang penonton selama penayangannya di bioskop.

Film yang diangkat dari thread X milik Simple Man ini mengisahkan Sri (diperankan oleh Mikha Tambayong) yang sedang kesulitan ekonomi. Sri lalu terpaksa bekerja dengan keluarga Atmojo. Petaka dimulai ketika keluarga Atmojo tahu bahwa Sri lahir pada Jumat Kliwon.


2. Di Ambang Kematian


Disutradarai Azhar Jino Lubis, Di Ambang Kematian menjadi film kedua yang mampu meraih jumlah penonton terbanyak tahun ini. Film yang diangkat dari utas viral  X Jeropoint ini mendapatkan 3.300.000++ penonton sepanjang penayangannya di bioskop.

Cerita di film ini mengisahkan seorang perempuan bernama Nadia (Taskya Namya) yang terjebak ancaman kematian lantaran berkelit dengan tragedi tumbal.


3. Air Mata di Ujung Sajadah


Air Mata di Ujung Sajadah menjadi oase dari daftar film Indonesia terlaris tahun ini. Setelah dua urutan teratas ditempati oleh judul horor, kini giliran film drama yang berjaya. Film besutan Beehave Pictures ini mampu meraih 3.127.671 penonton sepanjang penayangannya di bioskop. Film yang disutradarai Key Mangunsong ini mengisahkan perjuangan perempuan dalam menjalankan peran sebagai ibu.


4. 172 Days


172 Days merupakan film drama dari rumah produksi Starvision Plus. Film yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Nadzira Shafa ini per 15 Desember 2023 sudah meraih 2.872.272 penonton. Jumlah ini masih mungkin bertambah karena per 17 Desember 2023 film ini masih tayang.

Film yang disutradarai Hadrah Daeng Ratu ini bercerita tentang perjalanan cinta Nadzira Shafa (Yasmin Rapper) dan Ameer Azzikra (Bryan Domani) dari perkenalan sampai 172 hari ke depan.


5. Petualangan Sherina 2


Petualangan Sherina 2 merupakan film komedi musikal laga petualangan Indonesia yang disutradarai oleh Riri Riza. Film ini menjadi sekuel dari Petualangan Sherina pertama yang tayang pada 2000.

Kisahnya masih seputar Sherina (Sherina Munaf) dan Sadam (Derby Romero) yang akhirnya bertemu lagi ketika dewasa. Mereka pun melakukan petualangan baru dengan kondisi dan permasalahan yang berbeda dibanding film pertamanya. Film ini mampu meraih 2.413.933 penonton sepanjang penayangannya di bioskop.


6. Waktu Maghrib


Waktu Maghrib merupakan film yang disutradarai oleh Sidharta Tata. Diproduksi oleh Rapi Films, Waktu Maghrib mencatatkan jumlah penonton sebanyak 2.409.112 orang sepanjang penayangannya di bioskop.

Cerita film ini juga terbilang unik karena mengambil legenda dan mitos yang banyak diamini orang Indonesia, yakni tentang teror supranatural yang kerap terjadi saat waktu maghrib atau pergantian siang ke gelap.


7. Suzanna Malam Jumat Kliwon


Soraya Intercina Films kembali mengingatkan memori penonton tentang horor klasik Indonesia lewat IP Suzzana. Mengambil tajuk Suzanna Malam Jumat Kliwon, film ini rupanya masih diminati. Terbukti dengan jumlah penonton yang mencapai 2.189.363 orang.

Film yang dibintangi Luna Maya ini masih menceritakan Suzzanna yang disantet pada malam Jumat Kliwon. Dia lalu datang kembali untuk membalas dendam dalam wujud Sundel Bolong.


8. Sijjin


Sijjin merupakan film horor Indonesia yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu. Diadaptasi dari film Turki, tak butuh waktu lama bagi film ini untuk menjadi box office Indonesia.

Formula horor ciamik dari sutradara sejauh ini mampu menarik perhatian 1.930.901 penonton Indonesia per 16 Desember 2023. Jumlah tersebut masih sangat mungkin bertambah mengingat film ini masih tayang di bioskop.


9. Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul


Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul menjadi film horor Awi Suryadi yang sebelumnya dikenal melalui film KKN di Desa Penari. Diangkat dari novel karya Om Hao dengan judul yang sama, film ini langsung menjadi box office dengan total 1.613.780 penonton.

Film ini bercerita tentang karakter Hao yang memiliki kemampuan retrokognisi, yakni kemampuan melihat kejadian di masa lalu. Dengan kemampuannya Hao menolong Sari seorang siswi SMK yang ternyata hilang di culik sosok pocong dengan kepala gundul. Sebuah petaka besar kemudian terjadi setelahnya.


10. Ketika Berhenti Di Sini


Duet sineas Umay Shahab dan Prilly Latuconsina kembali meraih catatan positif. Film produksi Sinemaku Pictures bertajuk Ketika Berhenti Di Sini mampu mencuri perhatian di tengah gempuran film horor. Film yang dibintangi Refal Hady dan Bryan Domani ini mendapatkan 1.611.005 penonton sepanjang penayangannnya di bioskop.

Baca juga: Daftar Film Horor Indonesia yang Tayang di Bioskop Desember 2023

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kunto Aji Ajak Penggemar Sambut 2024 dengan Konser Urup di Yogyakarta

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Daftar Film Indonesia yang Tembus Festival Internasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: