UIM F1H20 World Championship (Sumber foto - f1h2o.com/Arek Rejs)

Kaleidoskop 2023: Berbagai Event Internasional Meramaikan Pariwisata 2023

28 December 2023   |   08:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Tahun 2023 menjadi tahun pariwisata bagi Indonesia. Setelah terpuruk akibat pandemi Covid-19, berbagai kegiatan pariwisata di dalam negeri kembali bergairah. Sejumlah event internasional tercatat telah terselenggara di dalam negeri untuk yang pertama kalinya. 

Sepanjang tahun ini, berbagai ajang internasional di dalam negeri begitu ramai. Setelah tertahan beberapa tahun akibat pandemi Covid-19, acara-acara itu bermunculan dengan banyak seperti jamur pada musim hujan.

Para musisi dari luar negeri kembali datang dan singgah di dalam negeri untuk menghibur para penggemarnya. Salah satu di antaranya adalah Coldplay yang begitu fenomenal. Tiket grup band asal Inggris itu tercatat telah terjual habis meskipun penyelenggaraan masih lama.

Tidak hanya Coldplay, konser grup musik asal Korea Selatan juga begitu ramai di dalam negeri. Beberapa waktu lalu, ajang SMTOWN LIVE diadakan di Jakarta.

Selain konser, ajang olahraga dunia seperti MotoGP juga berhasil diadakan di Indonesia. Para pembalap dari seluruh dunia memacu kuda besinya untuk menjadi yang tercepat di Mandalika International Circuit. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah event besar yang terselenggara di Indonesia sepanjang 2023:

1. Konser Coldplay

Konser Coldplay menjadi salah satu acara yang cukup besar di dalam negeri sepanjang tahun ini. Grup band yang tampil pada November 2023 itu berhasil menarik minat para penggemar musik di dalam negeri.

Kondisi terseut membuat tiket terjual habis pada Mei 2023. Pada saat itu, banyak masyarakat di dalam negeri berharap pertunjukan mereka diadakan di Indonesia lebih dari satu hari. Namun, keinginan mereka tidak terwujud.

Chris Martin dan kawan-kawan lebih memilh menambah jadwal konser di negeri jiran, Singapura. Para penggemarnya yang ada di Indonesia pun pergi ke sana untuk menyaksikan konser sang legenda tersebut.

2. SMTOWN LIVE Jakarta

Konser lainnya yang terselenggara di Jakarta sepanjang 2023 adalah SMTOWN Live Jakarta. Ajang musik yang berlangsung pada 23 November 2023 itu menampilkan para musisi di bawah naungan SM Entertainment.

Musisi-musisi tersebut adalah TVXQ, SUPER JUNIOR, Red Velvet, NCT 127, NCT DREAM, WayV, aespa, dan RIIZE. Setelah berlangsung beberapa tahun, Jakarta pada akhirnya menjadi tuan rumah SMTOWN LIVE 2023.

Sebelumnya, SMTOWN LIVE diselenggarakan di Tokyo Dome pada 2022 setelah tiga tahun vakum. Pada saat itu, tiket untuk tiga hari pertunjukan habis terjual dan tercatat sebanyak lebih dari 150.000 orang datang menyaksikan.

Baca juga: Daftar Jadwal Konser Musik Tahun Baru 2024 di Jakarta

3. MotoGP

Ajang balap MotoGP menjadi salah satu event internasional yang juga terselenggara pada tahun ini. Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo Team berhasil menjadi juara dunia MotoGP musim 2023. Pembalap asal Italia itu sukses mempertahankan gelar Juara Dunia yang diraihnya pada musim 2022, sehingga menyamai rekor pembalap Mick Doohan.

Bagnaia berhasil menjadi juara dengan 467 poin atau unggul 39 poin ketimbang Jorge Martin dari tim Prima Pramac Racing yang ada di posisi runner-up. Pembalap asal Spanyol itu tidak mampu mengalahkan poin Bagnaia setelah hanya memperoleh 428 poin.

4. F1 Powerboat di Danau Toba

Kejuaraan Dunia F1 Powerboat atau The UIM F1H2O World Championship menjadi salah satu ajang internasional yang juga terselenggara di Indonesia pada tahun ini. Ajang ini adalah seri internasional balap powerboat satu tempat duduk.

Kejuaraan ini adalah event yang memacu adrenalin tinggi, serta menjadi salah satu olahraga paling spektakuler dan menarik di dunia lantaran sangat kompetitif, menantang, berisiko, dan menghibur.

5. Aquabike Jetski World Championship 2023

Aquabike Jetski World Championship 2023 merupakan kompetisi kelas dunia lainnya yang terselenggara di dalam negeri sepanjang tahun ini. Acara itu diadakan di Danau Toba dengan melibatkan 128 pembalap dari 22 negara.

Kejuaraan dunia ini merupakan ajang internasional kedua olahraga air yang terselenggara di dalam negeri. Sebelumnya, kejuaraan dunia lainnya adalah F1 Powerboat. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

Ini 6 Makanan Tradisional Khas Yogyakarta yang Patut Dicoba Saat Liburan

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Ini Debut Grup Band yang Meramaikan Industri Musik K-Pop Sepanjang 2023

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: