Ilustrasi olahraga untuk hidup lebih sehat. (Sumber gambar : Freepik/Lifestylememory)

5 Kiat Manjur Untuk Mewujudkan Resolusi Sehat 2024

27 December 2023   |   21:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Memperbaiki kesehatan menjadi resolusi banyak orang setiap pergantian tahun. Tak sedikit yang ingin tampil glow up baik dari segi kondisi fisik hingga mental dalam menyongsong masa yang baru. Dengan harapan, kehidupan menjadi lebih berkualitas daripada sebelumnya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menggapai resolusi sehat 2024, mulai dari menghindari makanan ultra proses, hingga menciptakan lingkungan yang sehat. 

Baca juga: Jarang Diketahui, Yuk Simak Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Berikut kiat untuk memperbaiki kesehatan fisik dan mental.


1. Hindari Makanan Ultra Proses

Makanan yang melalui banyak proses seperti pengeringan, pemanggangan, perebusan, maupun pasteurisasi biasanya juga mengandung pengawet, pemanis, dan perisa. Meskipun rasanya lezat, mengonsumsi sosis, keripik, minuman manis, dan makanan yang diolah berlebihan, dapat menimbulkan diabetes hingga jadi faktor pemicu kanker.

Lain halnya dengan makanan yang diolah dengan minim proses seperti buah-buahan, sayuran, daging segar, maupun kacang-kacangan. Jenis makanan ini membawa beragam manfaat karena dapat memenuhi kebutuhan nutrisi berimbang serta membantu mencegah kerusakan organ dalam dan menunjang kesehatan kulit sehingga membuat kita glow up dari dalam.


2. Bergerak

Mengutip Everlywell, tetap aktif dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan suasana hati, mengontrol berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur. Usahakan melakukan aktivitas aerobik selama 30 menit setidaknya tiga hari seminggu. 

Jika kamu terbilang orang yang sibuk, kamu dapat membagi sesi olahrarag sepanjang hari. Misalnya, naikkan detak jantung dengan olahraga ringan seperti berjalan atau yoga 10 menit sebelum bekerja, 10 menit saat istirahat makan siang, dan 10 menit setelah bekerja.


3. Tetap Terhidrasi

Cukup minum air juga membantu regenerasi sel sehingga kulit terlihat lebih segar dan merona. Tapi, apakah kamu tau air minum yang terkontaminasi malah berefek buruk untuk kesehatan? Pastikan air yang kamu konsumsi bebas dari BPA, mikroplastik, dan organisme seperti bakteri. 

Mengutip Coway, air minum terkontaminasi dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Efeknya, kesehatan menurun sehingga muncul jerawat dan masalah kulit lainnya.

Perhatikan sumber air minum sehari-hari. Penggunaan galon atau air dalam kemasan plastik berisiko tinggi terhadap paparan zat berbahaya. Sebagai bentuk pencegahan sekaligus memastikan air yang diminum berkualitas, gunakan water purifier yang memiliki kemampuan menyaring partikel besar hingga yang terkecil hingga 0,00005 mikrometer.


4. Ciptakan Lingkungan Sehat 

Polusi udara terbukti jadi penyebab penyakit kulit yang paling umum dialami seperti ruam, jerawat, hiperpigmentasi, dermatitis atopik, dan psoriasis. Tidak hanya di luar ruangan, polusi juga dapat berasal dari dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Manfaat Menari yang Bisa Bikin Bahagia hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

Material bangunan, perabot kayu, peralatan rumah tangga, cat, hingga debu dari hewan peliharaan berkontribusi sebagai sumber polusi yang rentan terhirup ketika berada di rumah. Untuk mencegahnya, nyalakan air purifier selama berkegiatan dan rasakan kesegaran dari udara bersih yang mengalir sepanjang waktu.


5. Cukup Tidur

Prioritaskan kesehatan mental. Stres dan kurang tidur dapat merusak kulit. Usahakan tidur cukup 7-9 jam setiap malam. Untuk meningkatkan kualitas tidur, cobalah praktik pereda stres ke dalam rutinitas sebelum tidur baik itu meditasi, yoga, atau latihan pernapasan. Pikiran yang sehat berkontribusi pada kulit yang sehat dan bercahaya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Segini Biaya Penarikan Uang di ATM saat Berlibur di Luar Negeri

BERIKUTNYA

6 Langkah Terhindar dari Kejahatan Siber

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: