Illustrasi anak-anak menari (sumber gambar : Unsplash by Rainier Ridao)

5 Manfaat Menari yang Bisa Bikin Bahagia hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

29 November 2023   |   18:50 WIB
Image
Enrich Samuel Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

Menari memang menyenangkan dan bisa dinikmati siapa saja, tapi tahukah Genhype ada banyak manfaat kesehatan yang terkait dengan aktivitas tersebut? Dalam menari, gerakan terus-menerus tidak hanya bagus untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental kita loh.
?
Dalam upaya mencari kesehatan dan kebahagiaan, menari muncul sebagai cara yang dinamis, menawarkan lebih dari sekadar latihan fisik—tari adalah bentuk perayaan terhadap ritme kehidupan. Bentuk olahraga menawan ini melampaui rutinitas olahraga pada umumnya, memberikan energi dan kegembiraan ke dalam setiap langkah.

Baca juga: Makin Diminati, Cek Jenis Olahraga Kardio yang Mudah Dilakukan untuk Bakar Lemak

Baik kalian seorang penari berpengalaman atau seseorang yang belum pernah menginjakkan kaki di lantai dansa, tari menyambut semua orang dengan energi inklusif dan membangkitkan semangat.

Menari dapat menjadi manfaat untuk kita dalam kehidupan sehari-hari. Tidak peduli saat ini kamu ber usia diatas 50 tahun ataupun kamu berada di masa muda dengan usia 20-30 tahun. Menari dapat kamu lakukan di mana saja, dari segi kesehatan jasmani maupun rohani Genhype, akan terus berkembang kearah yang lebih baik.

 

Berikut ini manfaat menari baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani:


1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Dilansir dari situs resmi Healtline Manfaat meningkatkan menari membentuk cardiovaskular menjadi lebih baik lagi. hal ini sejalan dengan arahan dari Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan. Orang dewasa berusia 18-64 tahun dianjurkan melakukan minimal 150-300 menit aktifitas fisik intensitas sedang, atau minimal 75-150 menit aktifitas aerobik intesitas berat dalam seminggu.

Penari ballroom profesional dan pelatih pribadi bersertifikat Leon Turetsky, mengatakan bahwa semua gaya tarian membuat latihan kardio yang hebat karena detak jantung anda ditantang dengan melakukan gerakan yang berbeda.


2. Menjaga berat badan dan kekuatan otot

Dilansir dari situs resmi Healtline gerakan-gerakan pada menari bahkan juga mempengaruhi keseimbangan tubuh. Renata Listya seorang penari asal Solo, menuturkan bahwa dengan menari dia dapat membentuk tubuh dengan lebih ideal lagi, alasannya adalah karena dengan menari, kita mengkombinasikan berbagai macam gerakan pada tubuh kita.

“Menari mempengaruhi saya menjadi lebih sehat, kombinasi gerakan-gerakan yang dilakukan memaksa badan untuk sampai di kondisi optimalnya alhasil [bentuk] badan jadi lebih bagus," ujarnya.

Dilansir dari situs resmi Healtline gerakan-gerakan pada menari bahkan juga mempengaruhi keseimbangan tubuh.


3. Ramah untuk tubuh

Dengan berbagai macam jenis tarian yang ada di dunia, rupanya tarian apapun bersifat seperti olahraga yang tidak membebani tubuh Genhype loh. Aktivitas ini juga dapat kamu lakukan dimana saja jadi sangat hemat dan juga ramah untuk tubuh.


4. Memberikan rasa percaya diri

Lewat menari kamu dapat meningkatkan rasa percaya dirimu. Banyaknya jenis tarian daerah ataupun modern yang mudah untuk dilakukan akan memberikan rasa percaya diri kepada sang penari tersebut. Renata menuturkan bahwa dengan menari kepercayaan dirinya tumbuh semakin baik lagi.

“Saya bergabung dengan salah satu club dance. Kegiatan ini membuat saya semakin percaya diri didepan banyak orang," katanya


5. Meningkatkan kemampuan sosial

Meskipun ada dari Genhype yang mungkin lebih suka bergerak ketika tidak ada yang menonton, rupanya ada sesuatu yang luar biasa bila menari dengan orang lain.

Kalian tidak harus bergabung dengan kelas tari ballroom atau kelas tari hip-hop. Menari bisa dilakukan dengan teman, anak-anak atau orang tua. Ketika Genhype menari di sekitar orang lain rasa percaya diri dan kesehatan emosional berada pada puncaknya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

6 Cara Mengatasi Emotional Eating, Kebisaan Makan Berlebih saat Stres

BERIKUTNYA

Wisata dengan Jet Pribadi Makin Diminati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: