Iustrasi ATM yang ada di London. (Sumber gambar : Juan Ordonez/Unsplash)

Segini Biaya Penarikan Uang di ATM saat Berlibur di Luar Negeri

27 December 2023   |   22:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Liburan ke luar negeri kerap menjadi wishlist pada akhir tahun. Ada sejumlah hal yang perlu dipersiapkan, salah satu yang penting adalah anggaran selama berlibur. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak membawa uang tunai. Cukup sediakan kartu debit untuk memenuhi kebutuhan kamu di sana. 

Membawa uang tunai terlalu banyak terbilang berisiko. Selain repot harus menukarkan dari rupiah menjadi mata uang negara tujuan, risiko kehilangan di perjalanan cukup tinggi. Nah, salah satu cara yang sering digunakan wisatawan untuk mendapatkan uang tunai adalah dengan melakukan penarikan ATM di destinasi liburan. 

Baca juga: City Tour Jadi Alternatif Wisata Libur Tahun Baru, Cek 5 Ikon Menarik di Jakarta

Kendati demikian, menarik uang di ATM luar negeri dikenakan berbagai macam biaya yang seringkali tidak terduga. Umumnya, bank akan mengenakan biaya tetap untuk setiap penarikan. 

Hal yang sering tidak kita ketahui, terdapat biaya konversi kurs mata uang rupiah ke mata uang lokal yang merupakan persentase dari jumlah penarikan. Bank mungkin juga akan mengenakan biaya tambahan karena penarikan uang dilakukan di luar negeri. 

Biaya-biaya ini terbilang bervariasi, tergantung jenis bank dan akun yang digunakan. Namun ketika diakumulasi, dapat membuat biaya penarikan menjadi lebih mahal dari yang diharapkan. 

Biaya ATM dapat bervariasi tergantung dari lokasi. Di beberapa destinasi liburan, biaya yang dikenakan cukup tinggi. Sebagai contoh, biaya penarikan di ATM Turki bisa mencapai 4,4 persen per transaksi. Sementara di Amerika Serikat biayanya lebih rendah, sekitar 1,81 persen. 

Meskipun terdengar murah, biaya ini sebaiknya tidak dianggap sepele. Misalnya jika kamu menarik US$500 atau setara Rp7,75 juta, kamu akan dikenakan biaya sekitar Rp150.000. Oleh karena itu, penting bagi wisatawan untuk waspada dengan biaya-biaya ini agar terhindar dari pengeluaran yang tidak terduga.
 
Buat kamu yang berencana berlibur ke luar negeri, berikut biaya rata-rata penarikan uang tunai dari ATM dari negara favorit masyarakat Indonesia menurut Wise.

1. Asia Tenggara
Thailand menjadi tempat paling mahal untuk melakukan penarikan ATM dengan biaya 2,62 persen per transaksi. Sebagai ilustrasi, menarik Rp5 juta di Thailand akan menelan biaya Rp131.000. Sementara di Singapura dan Malaysia, biaya penarikan ATM lebih rendah, yaitu 1,41 persen dan 0,03 persen.
 
2. Asia Timur
Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, dan China menjadi destinasi populer bagi wisatawan Indonesia. Di Korea Selatan, mengenakan biaya kedua tertinggi setelah Thailand yakni sekitar 2,55 persen per transaksi. Sementara untuk negara-negara Asia Timur lainnya seperi Jepang dikenalan biaya 0,64 persen, sedangkan Hong Kong mengenakan 0,05 persen dan China hanya mengenakan 0,01 persen.
 
3. Amerika Serikat dan Inggris
Amerika Serikat mengenakan biaya 1,81 persen untuk penarikan ATM, sedangkan Inggris mengenakan 0,16 persen setiap transaksi. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Sinopsis & Jadwal Lengkap Horror Movie Night yang Tayang di TV, dari Pengabdi Setan 2 Hingga KKN di Desa Penari

BERIKUTNYA

5 Kiat Manjur Untuk Mewujudkan Resolusi Sehat 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: