Ilustrasi merencanakan liburan. (Sumber gambar: Freepik)

5 Tip Kantong Tetap Aman saat Liburan Akhir Tahun

23 December 2023   |   06:19 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Euforia liburan semakin terasa menjelang akhir tahun. Mungkin Genhype sudah menaksir tempat yang akan dituju untuk traveling bersama keluarga atau orang terkasih untuk merayakan Natal maupun pergantian tahun. Namun, apakah semua hal itu sudah direncanakan dengan matang?

Sah-sah saja jika kamu melakukan perjalanan wisata ke pantai, pegunungan, city tour, atau wahana rekreasi selama beberapa hari. Akan tetapi sebelum itu, penting membuat itinerary atau rencana perjalanan agar semua sesuai dengan bujet. 

Baca juga: Simak Cara Aman Liburan Akhir 2023 di Tengah Potensi Kenaikan Kasus Covid-19

Perjalanan wisata yang tidak diikuti perencanaan matang acap kali mengakibatkan pengeluaran berlebihan atau bahkan menguras tabungan sepanjang tahun. Ditambah perilaku impulsif selama liburan, hal ini berdampak negatif pada kondisi keuangan pribadi. Nah, berikut ini adalah beberapa tip kantong tetap aman saat liburan akhir tahun. Yuk coba terapkan. 
 

1. Lakukan riset

Langkah pertama yang penting dalam merencanakan liburan adalah menentukan destinasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. Sebelumnya, lakukan riset mendalam dengan membaca artikel, menonton review, dan mempelajari segala hal tentang destinasi yang dipilih. 

Hindari godaan untuk menghabiskan lebih dari yang kamu mampu dengan mempertimbangkan alternatif yang lebih ekonomis. Contoh, kalau kalian menyadari bahwa keuangan tidak memungkinkan untuk pergi ke luar negeri, jangan tergoda untuk memakai metode pembayaran paylater. Pilihlah destinasi liburan dengan bijak dan sesuai dengan bujet yang dipunya. 

Kamu juga dapat mempertimbangkan opsi destinasi yang belum banyak dijelajahi alias hidden gem. Tips ini bisa menyelamatkan dari liburan di luar kemampuan, karena biasanya biaya yang diperlukan tidak terlalu besar. 
 

2. Buat bujet terperinci

Setelah menetapkan destinasi yang ingin dituju, buatlah rencana anggaran yang detail. Rincikan setiap kebutuhan mulai dari biaya akomodasi, transportasi, makanan, tempat wisata, hingga belanja oleh-oleh. Jangan lupa menambahkan anggaran untuk pengeluaran tidak terduga.

Salah satu format budget plan yang mudah adalah membagi pengeluaran berdasarkan tanggal pergi kamu. Dari setiap harinya, tuliskan aktivitas yang akan kamu lakukan dan selalu catat pengeluaran berdasarkan kategori. 

Buatlah menjadi tabel dan isi masing-masing kategori dengan estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Dengan pendekatan ini, kamu bisa lebih mudah melacak pengeluaran harian kamu saat liburan nanti. 
 


3. Buka tabungan khusus

Penting untuk membuka tabungan atau rekening khusus untuk keperluan traveling. Sisihkan dana khusus ini dengan disiplin. Idealnya, mulailah menabung setelah menetapkan destinasi dan merinci bujet. Semakin awal kamu mulai menabung, semakin besar uang yang dapat kamu kumpulkan. 

Agar konsisten dalam menabung, kamu bisa mengatur transfer otomatis dari rekening gaji ke rekening traveling setiap bulan. Selain itu, kamu juga dapat gunakan aplikasi atau spreadsheet untuk melacak kemajuan tabungan kamu. Pantau dan evaluasi secara berkala untuk memastikan bahwa kamu tetap berada di jalur menuju target.
 

4. Bijak kelola uang

Bersikap bijak dalam mengelola uang saat pergi berlibur sangat penting. Siapkan uang tunai dalam perjalanan untuk membatasi pengeluaran dan membantu lebih disiplin. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi atau tools keuangan yang dapat membantu melacak pengeluaran secara real-time dan memberikan insight tentang dana yang dikeluarkan. 

Jika kamu melampaui bujet yang telah ditetapkan di awal, tak perlu panik. Sebaliknya, ambil waktu sejenak untuk mengevaluasi kembali, seberapa jauh kamu dapat melebihi anggaran yang sudah dibuat. Idealnya, pengeluaran berlebih tetap berada dalam batas 10?ri total bujet awal. 

Dengan menjaga pengeluaran lebih dalam batas yang wajar, kamu tetap dapat menjaga keseimbangan finansial selama dan setelah liburan tanpa rasa cemas. Hal ini juga memberikan ruang untuk penyesuaian tanpa mengganggu cash flow.


5. Jangan Lupa Asuransi

Asuransi kesehatan memegang peran penting untuk memastikan liburan yang aman dan nyaman. Meskipun kita tidak mengharapkan insiden negatif, memiliki asuransi kesehatan adalah langkah antisipatif yang penting. 

Saat ini banyak asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan terhadap berbagai kejadian tak terduga seperti kecelakaan atau sakit mendadak saat berlibur. Beberapa diantaranya menawarkan penanggungan biaya rumah sakit dan rawat inap sekalipun kamu berada  di luar negeri.

Baca juga: 6 Dataran Tinggi Buat Liburan Akhir Tahun, dari Mendaki hingga Relaksasi

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Merayakan Siklus Hidup dalam Pameran CollectorsMoments: Musim Kehidupan

BERIKUTNYA

Kenali 4 Support System untuk Ibu, Bikin Lebih Bahagia & Sukses Jalankan Peran

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: