Ilustrasi dekorasi Natal minimalis. (Dok. Michelle Cassar dari Unsplash)

4 Tips Dekorasi Rumah Minimalis untuk Sambut Natal

30 November 2021   |   19:09 WIB

Perayaan Natal selalu identik dengan dekorasi yang meriah dengan warna-warni yang didominasi oleh warna merah dan hijau, atau sesekali dikombinasikan dengan warna lain seperti putih dan emas. Akan tetapi, dekorasi untuk Natal juga bisa dilakukan dengan kesan yang minimalis.

Konsep minimalis memang banyak diadopsi dalam keseharian para milenial dan generasi Z, tetapi enggak ada salahnya untuk mengaplikasikan konsep minimalis ini dalam dekorasi Natal.
 

1. Gunakan dekorasi yang simpel

 

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok. Spacejoy dari Unsplash)

Dekorasi simpel seperti pohon natal dengan sedikit atau minim ornamen bisa jadi cara untuk menghidupkan kesan minimalis di dalam dekorasi Natal. Penggunaan ornamen simpel seperti lampu berwarna putih dan beberapa gantungan bola berwarna emas bisa memberikan kesan menenangkan dan tidak melelahkan mata.

Dekorasi ini bisa diletakkan di setiap ruangan tanpa terkesan terlalu ramai. Misalnya, penggunaan pohon di ruang tamu, kaos kaki Natal di tangga-tangga atau pintu-pintu kamar, dan gantungan dedaunan di dapur.
 

2. Buat kesan alami

 

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok. Sven Brandsma dari Unsplash)

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok. Sven Brandsma dari Unsplash)

Kesan natural melalui penggunaan ornamen seperti ranting-ranting dan dedaunan bisa memberikan kesan alami yang tidak terlalu meriah. Dekorasi tipe ini bisa diletakkan di meja sebagai alas atau tambahan pada lilin dan di beberapa bagian lemari terbuka.

Selain itu, rangkaian dedaunan yang biasa disebut wreath juga bisa jadi hiasan pintu yang minimalis. Sebagai catatan, hiasan wreath yang bisa meninggalkan kesan minimalis harus minim dekorasi meriah seperti boneka tempelan atau dekorasi khas Natal di sekelilingnya.
 

3. Gunakan hiasan yang simpel nan meriah

 

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok. Annie Spratt dari Unsplash)

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok. Annie Spratt dari Unsplash)

Beberapa hiasan seperti gantungan dengan tulisan 'Merry Christmas' bisa jadi salah satu ornamen hiasan yang simpel tapi tetap meninggalkan kesan meriah yang kalem atau menenangkan. Tulisan lain yang bisa digunakan selain ini adalah 'Jingle All The Way' dan 'Ho Ho Ho'.
 

4. Gantikan dan tidak tambah dekorasi

 

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok.  Krystal Black dari Unsplash)

Ilustrasi hiasan Natal. (Dok. Krystal Black dari Unsplash)

Untuk beberapa dekorasi, Genhype bisa menggantikan dekorasi yang biasa digunakan sehari-hari dengan dekorasi khas Natal. Misalnya, gelas-gelasan atau vas bisa diganti dengan pohon-pohonan kecil yang seragam dengan dekorasi lain di dalam sebuah ruangan.

Selain hiasan meja, gantung-gantungan juga bisa diganti terutama yang biasa dipasang di dalam kamar. Hiasan gantungan seperti figura diganti dengan hiasan bintang-bintang atau wreath gantung dan hiasan meja bisa diganti dengan miniatur seperti bola salju kaca atau patung keramik Santa.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Kontestan Transgender Ini Jadi Sejarah Baru Pemilihan Miss USA 2021

BERIKUTNYA

Kenapa Grammar Penting dalam Berbahasa Inggris? Cek 4 Aturan Ini!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: