Jacques Azagury 1985 Evening Dress. (Sumber foto: Julien's Auctions)

Gaun Malam Putri Diana Pecahkan Rekor Lelang, Laku Senilai Rp17 Miliar

22 December 2023   |   16:30 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pakaian Putri Diana adalah salah satu yang paling banyak ditiru publik dalam sejarah kerajaan. Bersamaan dengan The Crown kembali muncul di layar kaca, gayanya semakin menarik perhatian. Baru-baru ini Gaun Diana terjual dilelang 11 kali lipat dari perkiraan harga awal. Gaun malam beludru hitam itu dijual di Julien's Auctions senilai US$1,14 juta setara Rp17 miliar (kurs Rp15.474,10 per dolar AS). 

Rancangan desainer Maroko-Inggris, Jacques Azagury, tersebut juga memecahkan rekor fesyen baru sebagai gaun termahal yang dikenakan Diana dan dijual di lelang.

Baca juga: Wow, Potongan Kue Pernikahan Pangeran Charles & Putri Diana Laku Rp37 Juta

Gaun yang dilengkapi dengan ilustrasi yang serasi, diperkirakan terjual seharga US$100.000. Berwarna dasar hitam dengan rok organza biru mengembang, gaun ini memiliki struktur khas 1980-an yang memiliki bantalan bahu (shoulder pads) dan selempang pita yang manis.

Diana pertama kali mengenakan gaun itu di Florence, Italia pada 1985 saat melakukan tur kerajaan bersama suaminya Pangeran Charles (sekarang Raja Charles III), dan untuk kedua kalinya saat menghadiri Orkestra Simfoni Vancouver pada 1986.

Barang koleksi ini dibuat dari kain yang dipilih oleh pedagang tekstil terkenal dunia Jakob Schlaepfer dan menampilkan bintang bersulam metalik yang dijalin dengan cermat oleh tim desain Jacques Azagury. Menurut catatan Julien's Auctions, gaun dengan fitur rok balerina ini dianggap sebagai bentuk dukungan Putri Diana terhadap Balet Nasional Inggris dan kecintaannya pada menari.

 

Jacques Azagury 1985 Evening Dress & 1981 Engagement Portrait-Worn Emanuel Blouse. (Sumber foto: Julien's Auctions)

Menurut BBC, gaun termahal yang dikenakan Diana dan dijual di lelang adalah gaun beludru 1991 karya Victor Edelstein yang dibanderol seharga US$604.800 pada Januari 2023. Itu berarti gaun Jacques Azagury yang dikenakan Diana hampir menggandakan jarak antara peringkat pertama dan kedua.

Diana mengenakan beberapa karya perancang busana Maroko-Inggris itu selama dia masih menjadi bagian dari keluarga kerajaan. Barang lain yang dijual di lelang TCM Present: Hollywood Legends termasuk blus yang dikenakan Diana untuk potret pertunangannya pada 1981.

Blus rancangan David dan Elizabeth Emanuel itu dibuat dengan material krep merah muda dan kerah seperti ruff dan lipatan longgar di bagian depan. Momen Diana mengenakan blus ini diabadikan oleh fotografer kerajaan, Lord Snowdon. Atasan fenomenal itu terjual seharga US$381.000, hampir empat kali lipat dari perkiraan awal U$80.000.

Pertunangan Pangeran Charles dan Diana diumumkan tak lama setelah pemotretan dan gambar yang diambil oleh Lord Snowden digunakan sebagai foto pertunangan resmi yang ditampilkan dalam Vogue edisi Februari 1981.

Emanuel menjual blus ini dari arsipnya pada 2010. Blus ini sebelumnya dipajang di Istana Kensington di London sebagai bagian dari pameran Diana: Her Fashion Story yang berlangsung dari 24 Februari 2017 hingga 17 Februari 2019.

Tidak hanya pakaian Putri Diana, katalog lelang ini juga termasuk pakaian-pakaian para bintang Hollywood antara lain gaun Givechy yang dikenakan oleh Audrey Hepburn dalam film komedi Charade (1963), gaun tanpa lengan yang dikenakan oleh Gloria Swanson dalam film noir, Sunset Boulevard (1950), dan gaun pelaut Barbra Streisand dari film spesial, My Name Is Barbra (1960).

Baca juga: Penampilan Putri Diana yang Paling Berkesan Sepanjang Masa

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Lagu Ikonik Pada Hari Ibu, Simak Makna Lagu Ibu yang Dirilis Iwan Fals

BERIKUTNYA

8 Lagu Penuh Cinta untuk Ibu, dari The Rolling Stones hingga Slank

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: