Ilustrasi NFT (Sumber gambar: Tangkapan layar laman Sotheby's)

Sotheby's Akan Lelang Karya NFT Dalam Pelelangan Langsung

15 February 2022   |   11:03 WIB

Menyusul seri perdana penjualan NFT pada tahun lalu yang telah mencapai US$100 juta sejak diluncurkan kurang dari setahun, Sotheby’s mengumumkan malam pelelangan langsung pertama untuk NFT, yakni Punk It!, dalam satu lot yang terdiri dari 104 CryptoPunk, pada 23 Februari 2022.
 
Dalam laman Sotheby’s, lelang malam secara langsung ini juga akan menyatukan karya seni dalam bentuk fisik dan digital yang belum pernah terjadi pada masa yang lalu, untuk pelelangan NFT dan seni digital dengan presentasi yang setara dengan penjualan paling signifikan dan terkenal untuk seni kontemporer dan modern.

Michael Bouhanna, Co-Head Of Digital Art Sotheby’s, menuturkan CryptoPunks adalah seri PFP asli yang menciptakan template bagi proyek NFT lain yang mengikutinya.

Tidak hanya itu, CryptoPunks juga membantu mendorong NFT ke panggung global sebagai salah satu gaya visual paling dikenal, yang telah menjadi sinonim dengan gerakan seni digital.

“Menawarkan sekelompok 104 CryptoPunks sebagai satu lot adalah peristiwa yang monumental, dan salah satu yang dengan senang hati kami hadirkan sebagai lelang malam pertama dari jenisnya,” katanya.

Dia mengklaim belum pernah ada lelang khusus yang menghadirkan NFT pada level ini, dan tidak sabar untuk mengundang NFT dan komunitas seni kripto untuk berpartisipasi dalam penjualan khusus ini.

CryptoPunks, yang dirilis pada 2017 oleh studio Larva Labs, adalah beberapa NFT yang dinilai paling ikonik dan berharga di dunia lantaran telah menjadi simbol visual terkemuka dari gerakan NFT global.

Status mereka di ekosistem kripto, dan baru-baru ini di dunia seni rupa, lanjutnya telah berkembang menjadi penanda identitas visual bagi pemiliknya. Kelompok 104 CryptoPunks saat ini yang akan muncul di pelelangan diperoleh bersama dalam satu transaksi blockchain oleh kolektor anonim “0x650d.”

Untuk pelelangan, Sotheby's akan menerima beberapa cryptocurrency, dalam Ether (ETH), Bitcoin (BTC), USD Coin (USDC) atau dalam mata uang fiat. Semua mata uang kripto tersebut tunduk pada hukum dan peraturan yang beralku.

Dalam pelelangan itu juga akan ada penawaran langsung dari ruang penjualan New York, Amerika Serikat, dalam mata uang kripto Ether (ETH) bersama dolar AS, mengikuti langkah perubahan paradigma pada November ketika Pemburu Trolley Banksy dan Love Is In The Air (2006) keduanya ditawarkan mata uang kripto secara nyata.

Sebelum pelelangan langsung pada 23 Februari, Sotheby's juga disebutkan akan menyelenggarakan diskusi panel langsung khusus tentang sejarah NFT dan CryptoPunks, dengan fokus pada bagaimana Punks mendapatkan pengakuan arus utama, dengan kolektor selebriti terkenal seperti JAY-Z dan Jason Derulo mengadopsi Punks sebagai gambar profil.


Editor: Gita
 
SEBELUMNYA

Sejumlah Komunitas & Desainer Batik Ikut Dalam Pameran Rupa Karya

BERIKUTNYA

Zaskia Sungkar Berbagi Tips Sukses Memberi ASI dan MPASI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: