Putri Diana (Sumber gambar: Ronald Reagan Library)

Memorabilia Gaun & Topi Putri Diana Kembali Dilelang Julien's Auction

16 April 2024   |   18:07 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sejumlah memorabilia seperti busana rancangan desainer, jas, tas, topi, hingga gaun Putri Diana akan dilelang secara daring pada Juni 2024. Sebelum dilelang, barang-barang tersebut akan dipamerkan di pusat perbelanjaan K11 Musea Hong Kong dan Museum of Style Icons, Irlandia.

Ekshibisi tersebut akan berlangsung pada 18-29 April 2024 di K11 Musea, Hong Kong. Sedangkan pameran di Irlandia akan digelar pada 11-27 Juni 2024. Pelelangan berbagai memorabilia itu akan dilakukan setelah pameran berakhir di kedua lokasi tersebut.

Pameran bertajuk Princess Diana's Elegance & Royal Collection itu dihelat oleh  Julien's Auction, sebuah rumah lelang yang berbasis di AS. Julien's Auction pernah menjadi rumah lelang bagi para bintang dan pesohor dunia, seperti Kurt Cobain, Elvis Presley, Ringo Starr, hingga Marilyn Monroe.  

Baca juga: Gaun Malam Putri Diana Pecahkan Rekor Lelang, Laku Senilai Rp17 Miliar

Pada Desember 2023, rumah lelang ini juga berhasil melelang gaun Putri Diana seharga US$1,14 juta setara Rp17 miliar (kurs Rp15.474,10 per dolar AS). Gaun dari beludru buatan desainer Maroko-Inggris, Jacques Azagury, tersebut juga memecahkan rekor fesyen baru sebagai gaun termahal yang dikenakan Diana yang dijual di rumah lelang. 

Awalnya, gaun itu diperkirakan terjual seharga US$100.000. Namun, setelah dilelang, gaun berwarna dasar hitam itu terjual dilelang 11 kali lipat dari perkiraan harga awal.Diana pertama kali mengenakan gaun itu di Florence, Italia pada 1985 saat melakukan tur kerajaan bersama suaminya Pangeran Charles (sekarang Raja Charles III).
 
 

Menurut laman Julien's Auction, ada sekitar 15 memorabilia milik Putri Diana yang akan ditampilkan dalam pameran ini. Salah satunya adalah gaun Diamante Star karya desainer Murray Arbied. Gaun berbahan tulle strapless itu berwarna biru tua dengan korset pas yang dikenakan oleh Putri Diana sekitar dua kali pada 1986.

Pemakaian pertama dikenakan pada pemutaran perdana Phantom of the Opera. Kedua dilanjutkan pada acara jamuan makan malam di Claridge untuk Raja Constantine dari Yunani. Putri Diana juga memakai gaun tersebut dalam acara pelelangan amal pada 1977. Nilai gaun ini diperkirakan US$200.000-400.000 atau Rp 3,2 miliar-Rp 6,4 miliar (kurs Rp16.172,55  per dolar AS).

"Lelang yang menakjubkan ini tidak hanya melestarikan warisan abadi Diana tetapi juga memberi penghormatan kepada pengaruh monarki Inggris yang lebih luas terhadap budaya populer, yang mencakup keanggunan dan intrik kerajaan selama berabad-abad," tulis laman Julien's Auction.

Selain pakaian, pameran dan lelang ini juga akan menampilkan sepatu hak tinggi (pump) milik Diana yang dibuat dari satin. Sepatu ini diproduksi jenama Kurt Geiger dan pernah dikenakan saat sang putri menghadiri perjamuan kenegaraan Hotel Dorchester, London, pada 1993. Nilai sepatu ini ditaksir US$2.000-4.000 atau Rp32 juta-64 juta. 

Ada pula Topi jerami bertepi lebar berwarna krem dan dipernis merah yang dikaitkan dengan pembuat topi kerajaan Philip Somervil. Topi ini sempat dikenakan oleh Diana pada upacara Garter dan saat Tur Kerajaan di Australia pada tahun 1985. Nilai topi ini ditaksir US$10.000-20.000 atau Rp161 juta-200 juta-an. 

Disamping itu, ada pula sorban wol berwarna kuning dan hitam yang dirancang oleh Philip Somerville untuk Putri Diana. Sorban ini pertama kali dipakai oleh Diana di Berlin, Jerman pada 1 November 1987, dan pada hari Natal 1987. Sebagian hasil penjualan barang ini akan disumbangkan ke Muscular Dystrophy UK. 

Baca juga: Wow, Potongan Kue Pernikahan Pangeran Charles & Putri Diana Laku Rp37 Juta

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

4 Fakta Menarik Missing Crown Prince, Drakor yang Dibintangi Suho EXO & Hong Ye-ji

BERIKUTNYA

Cara Laila Nurazizah Mengolah Rasa Takut Saat Garap Naskah Film Badarawuhi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: