Ilustrasi kasih sayang seorang ibu (Sumber foto: Unsplash/ Trung Nhan Tran)

8 Lagu Penuh Cinta untuk Ibu, dari The Rolling Stones hingga Slank

22 December 2023   |   17:00 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Ada sebuah pribahasa mengatakan, “kasih ibu sepanjang masa”. Perumpamaan tersebut berarti kasih sayang yang diberikan oleh seorang ibu kepada anaknya tidak akan pernah hilang atau tidak ada batasnya. Ibu dalam keluarga biasanya juga menjadi sosok inspiratif bagi anaknya.

Oleh karena itu, tidak jarang para musisi mengungkapkan rasa sayang mereka kepada sosok perempuan yang sudah melahirkan dan membesarkan dengan sepenuh hati. Melalui sebuah karya lagu yang mereka ciptakan, para musisi berusaha mencurahkan isi hati mereka kepada ibunya yang tidak jarang menyentuh perasaan bagi yang mendengarnya.

Baca juga: Hari Ibu Nasional 2023: Simak Tema, Makna & Filosofi Logo Peringatannya

Walaupun para musisi rock kerap menciptakan suatu karya lagu dengan liriknya yang keras dan terkesan mengkritik, namun tidak jarang mereka juga menciptakan lagu khusus untuk ibu tercinta.

Bertepatan dengan Hari Ibu Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Desember, Hypeabis.id telah merangkum beberapa musisi yang menciptakan sebuah karya lagu khusus untuk ibu. Mulai dari band rock asal Inggris The Rolling Stones dengan judul lagunya “Mother’s Little Helper”, hingga band rock lokal Slank dengan judul lagunya “#1”, berikut selengkapnya.


1. The Rolling Stones – Mother’s Little Helper


Band rock legendaris asal London, Inggris, The Rolling Stones pernah membuat suatu karya lagu yang ditujukan kepada ibu. Melalui lagu yang berjudul Mother’s Little Helper, Mick Jagger dan Keith Richard ingin menceritakan suka duka yang di alami oleh para ibu saat menghadapi ulah kenakalan anak-anak mereka yang mulai beranjak remaja.

Lebih jauh, lagu ini juga menceritakan penggunaan obat anti depresi bagi para ibu yang tidak tahan saat menghadapi pahitnya hidup. Seperti dikutip dari oldtimesmusic.com, lagu ini berisikan kisah tentang seorang ibu yang kewalahan dengan pekerjaan rumah tangga, anak-anak, dan stres serta bergantung pada obat-obatan untuk membantunya mengatasi semuanya. Lagu yang berada di dalam album "The Aftermath" ini di rilis pada tahun 1966 silam.


2. Metallica – Mama Said


Selanjutnya berasal dari band band heavy metal asal Amerika, Metallica yang dibentuk pada 1981 di Los Angeles. Melalui lagu yang berjudul Mama Said, James Hetfield menceritakan tentang anak laki-laki yang sedang belajar menemukan jalan hidupnya sendiri saat jauh dari ibunya. Lagu tersebut secara langsung ditulis oleh Hetfield tentang hubungannya dengan ibunya yang meninggal karena kanker saat dia berusia 16 tahun.

Dikutip dari oldtimesmusic.com, makna dari lagu tersebut dapat diartikan sebagai pesan tentang hubungan antara seorang anak dan ibunya, serta bagaimana kehidupan dan pengalaman masa lalu dapat membentuk pandangan dan sikap seseorang terhadap kehidupan.

Lagu tersebut juga  mengungkapkan kerinduannya untuk pulang, menyadari bahwa dia mungkin belum memenuhi semua keinginan ibunya. Cinta dan dukungan tak terucap yang dia berikan menjadi pedih saat mereka tidak ada.Lagu Mama Said termasuk dalam album "Load" yang dirilis pada tahun 1996.


3. The Beatles – Your Mother Should Know


Your Mother Should Know merupakan lagu dari band rock legendaris asal Inggris, The Beatles. Lagu ini dirilis pada tahun 1967 sebagai bagian dari album studio kedelapan mereka yang bertajuk “Magical Mystery Tour”.

Lagu yang diciptakan oleh Paul McCartney ini menyampaikan pesan bahwa seorang ibu mungkin lebih tahu banyak hal, lebih berpengalaman dan lebih mengenal akan kehidupan dibanding seorang anak. Lagu tersebut juga mengajak untuk memberikan penghargaan terhadap sosok ibu.
 

4. The Beatles – Julia 


The Beatles memang kerap menciptakan lagu tentang ibu, salah satunya lagu yang berjudul Julia. Lagu yang dirilis pada 1968  merupakan bagian dari album The Beatles yang bertajuk "White Album". Lennon menjadi satu-satunya anggota Beatles yang tampil di lagu tersebut

Lagu yang diciptakan oleh John Lennon tersebut merupakan bentuk penghargaan dari Lennon untuk sang ibunda tercinta, Julia Lennon yang meninggal di usia yang terbilang muda yaitu 44 tahun. Ibunda Lennon ditemukan tewas tertabrak mobil yang dikendarai oleh seorang polisi. Dikutip dari America Song Writter, dalam lagu Julia, John Lennon memadukan kenangan ibunya dengan emosinya saat itu terhadap istrinya, Yoko Ono.


5. Pink Floyd – Mother


Mother merupakan lagu dari band rock legendaris Inggris, Pink Floyd. Dirilis pada 1979 sebagai bagian dari album mereka yang bertajuk “The Wall”. Lagu ini mengeksplorasi berbagai tema, termasuk hubungan kompleks antara seorang ibu dan anaknya.

Dikutip dari oldtimemusic.com, lagu yang diciptakan oleh sang vokalis Roger Waters tersebut menceritakan tentang ikatan orang tua dan anak, khususnya berfokus pada sifat over protektif dari seorang ibu. Lagu ini menggambarkan sebuah narasi di mana sang protagonis, “Aku” yang disebutkan dalam liriknya, ingin sekali terbebas dari kendali sosok ibu.


6. Ozzy Osbourne – Mama I’m Coming Come


Mantan vokalis band legendaris Black Sabbath, Ozzy Osbourne, turut mengungkapkan kekagumannya akan perjuangan seorang ibu. Dia menciptakan lagu yang berjudul Mama, I’m Coming Home. Lagu tersebut merupakan bagian dari album studio keenam Osbourne “No More Tears” yang pertama kali dirilis pada 17 November 1991.

Lagu tersebut merupakan sebuah bentuk penghormatan kepada para ibu di seluruh dunia. Dalam lagu tersebut, Ozzy mengakui pengorbanan yang dilakukan ibunya, Lillian untuknya. Dia selalu ada untuknya, bahkan di saat-saat tergelapnya.  
Dikutip dari oldtimemusic.com, di lagu ini Ozzy lebih ke mengutarakan keinginannya untuk kembali pada ibu dari anak-anaknya, Sharon. Ozzy meninggalkan istri dan anak-anaknya untuk tur bersama Black Sabbath. Ketika Ozzy kembali ke rumah setelah tur, dia merasa seperti kehilangan koneksi dengan keluarganya.


7. Iwan Fals – Ibu


Tidak lengkap sepertinya kalau tidak menyertakan musisi lokal yang menciptakan suatu karya lagu bertemakan ibu. Ibu merupakan lagu dari musisi legendaris Indonesia. Dirilis pada tahun 1999 sebagai bagian dari album yang bertajuk “1910”.

Lagu 'Ibu' yang dipopulerkan Iwan Fals memiliki makna mendalam tentang jasa dan pengorbanan seorang ibu untuk anaknya. Di bait pertama, digambarkan perjuangan seorang ibu yang luar biasa bahkan sampai rela menempuh ribuan kilo untuk anak-anaknya.

Seorang anak tak akan bisa membalas jasa ibunya, meski ditukar dengan harta dan kekayaan. Bahkan sampai sudah dewasa, doa-doa ibu begitu diharapkan agar anak-anaknya kelak sukses dan bahagia.


8. Slank - #1


#1 merupakan lagu dari band rock asal Indonesia yang termasuk dari bagian album ke-10 yang bertajuk “Virus” yang dirilis pada 2001. Lirik lagu #1 menggambarkan sikap rendah hati seorang anak yang menganggap diri mereka bukan siapa-siapa tanpa peran ibu terkasih.

Pada penggalan bait yang berbunyi “Apa jadinya aku andai kamu ngga ada, tanpa kamu aku bukan apa-apa” merupakan representasi seorang anak yang tidak bisa apa-apa tanpa hadirnya seorang sosok ibu.

Walaupun tidak menyertakan kata "ibu," dalam lagu tersebut, band rock yang bermarkas di Potlot tersebut jelas mendedikasikann untuk sang ibu yang telah melahirkan dirinya ke dunia,  sekaligus mengasuh dan mengasihinya tanpa batas waktu.

Baca juga: 6 Rekomendasi Film Indonesia yang Pas Ditonton saat Hari Ibu Nasional

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Gaun Malam Putri Diana Pecahkan Rekor Lelang, Laku Senilai Rp17 Miliar

BERIKUTNYA

Solois Choi Ye-na Siap Comeback dengan Album Baru pada Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: