Survei ICAEW menunjukkan bahwa akuntan bisa jadi pilihan karier gen Z (Sumber Foto: Freepik)

5 Fakta Menarik Profesi Akuntan Sebagai Pilihan Karier Gen Z

22 December 2023   |   08:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Akuntan profesional atau Chartered Accountant merupakan sosok penting dibalik kualitas dan integritas informasi finansial sebuah perusahaan. Kini permintaan jasa akuntan profesional makin bertambah, lantaran informasi keuangan sangat penting dalam proses pengambilan keputusan sebuah perusahaan.

Mengingat tingginya risiko dari profesi yang menuntut kecermatan yang tinggi ini, apakah profesi akuntan profesional masih menjadi karier idaman bagi generasi Z? Untuk menjadi akuntan profesional, seseorang harus memiliki pendidikan yang memadai di bidang akuntansi dan memiliki kualifikasi profesi akuntan dari badan akuntansi profesional publik yang berwenang. 

Baca juga: Riset Ini Ungkap Minat Investasi & Pengelolaan Keuangan Milenial dan Gen Z 2024

Menariknya, sebuah survei yang digagas The Institute of Chartered Accountants in England and Wales (ICAEW) mengungkap temuan tentang bagaimana akuntan profesional mampu menjadi pilihan bagi generasi muda saat ini dalam menjejaki karier mereka pada masa mendatang.

ICAEW melaksanakan survei pada kuartal ketiga 2023 terhadap 248 responden dari kalangan Gen Z, khususnya mahasiswa tingkat akhir dengan konsentrasi studi akuntansi dan para fresh graduate. Terdapat beberapa fakta menarik yang ditemukan mengenai minat para mahasiswa terkait sektor keuangan dan akuntan profesional. Simak fakta-faktanya.
 

1. Prospek karier di sektor keuangan menjanjikan

Minat generasi muda untuk membangun karier di bidang keuangan atau akuntansi didorong oleh beberapa faktor. Sebanyak 34,9% responden memilih jalur ini karena kesesuaian jurusan pendidikan dengan sektor keuangan atau akuntansi.

Selain itu, 22,9% responden melihat prospek karier yang baik dan jelas sebagai faktor penting dalam memilih karier di bidang ini. Mereka memandang bahwa profesi di bidang akuntansi atau keuangan mampu menawarkan peluang yang menarik dan menjanjikan. 

Sementara itu, sebanyak 29,5% responden menganggap bahwa memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan profesi ini adalah keuntungan besar, dan 25,6% lainnya melihat jenjang karier yang jelas sebagai daya tarik utama. Ini mengindikasikan bahwa profesi akuntan memiliki daya tarik bagi mereka yang mencari stabilitas dan perkembangan karier yang jelas.
 

2. Akuntan jadi profesi paling diminati

Generasi Millenial dan Z saat ini memilih profesi yang menjanjikan di sektor keuangan. Akuntan profesional menjadi pilihan yang mendominasi dengan jumlah persentase sebesar 32,3%, disusul pada posisi kedua yakni bekerja di lembaga perbankan swasta.

Alasan utama yang membuat pilihan profesi akuntan profesional menjadi yang teratas karena adanya prospek pengembangan karier dan pengalaman yang pasti.

Selain itu, survei juga mengungkapkan bahwa diperlukan setidaknya tiga keterampilan untuk sukses dalam profesi akuntan yaitu kemampuan analisis, berpikir kritis, dan kemampuan dalam berkomunikasi.
 

3. Bisa mendapatkan penghasilan besar

Melihat prospek karier yang cemerlang, sebanyak 35,9% responden berharap untuk mendapatkan income mencapai puluhan juta sebagai sumber penghasilan jika mereka bekerja sebagai akuntan. Ini menunjukkan bahwa peluang finansial juga menjadi faktor penting dalam memikat generasi muda untuk memasuki profesi ini.


4. Pentingnya sertifikasi profesional sebagai kualifikasi

Hasil survei menyoroti bahwa sebagian responden menyadari pentingnya memiliki sertifikasi profesi. Mereka juga harus memenuhi syarat-syarat praktik profesional dan memiliki reputasi yang baik. Sebanyak 54% responden berencana untuk mendaftar pada sertifikasi profesional.
 

5. Tantangan & potensi karier sebagai akuntan

Untuk menjadi seorang akuntan yang sukses, survei juga mengungkapkan beberapa tantangan yang mungkin dihadapi generasi muda. Di antaranya ada jam kerja yang tidak menentu dengan persentase 28,4?n kejenuhan dengan pekerjaan yang monoton sebesar 24,8%. 

Namun, terlepas dari hal itu, sebagian besar responden memiliki profesi impian lain yang ingin dikejar jika tidak terjun di dunia kerja sebagai akuntan. Konsultan keuangan menjadi profesi impian yang paling dicari dengan jumlah persentase mencapai 35,4%.

Selain itu, survei juga menunjukkan bahwa Deloitte, PricewaterhouseCoopers (PWC), Ernst & Young (EY), dan KPMG memang merupakan BIG 4 firma akuntansi yang paling dikenal oleh responden. 

Baca juga: Tren Bisnis Online 2024, Ini Produk Paling Diincar Milenial & Gen Z Tahun Depan

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

15 Kalimat Ucapan Selamat Hari Ibu Nasional 2023, Cocok Dijadikan Caption di Medsos

BERIKUTNYA

AI Mendominasi 2023, Cek Prediksi Tren Teknologi 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: