Ilustrasi seseorang yang sedang berpikir saat melihat papan catur. (Sumber foto : Pexels.com/Pavel Danilyuk)

AI Mendominasi 2023, Cek Prediksi Tren Teknologi 2024

22 December 2023   |   06:29 WIB
Image
Puput Ady Sukarno Content Manager Hypeabis.id

Teknologi artificial intelligence (AI) telah mendisrupsi secara massif sepanjang 2023, mendorong banyak perusahaan untuk mengikuti tren ini agar lebih siap menghadapi tantangan di tahun-tahun mendatang. Meski demikian, ada pula yang baru mulai membuat perencanaan dan persiapan untuk mengadopsi serta mengimplementasikannya pada tahun depan.

Seiring berakhirnya tahun 2023 yang penuh tantangan dan inovasi di dunia teknologi, NTT Ltd., perusahaan infrastruktur dan layanan teknologi informasi (TI) global mengumumkan prediksi teknologi terpenting untuk 2024. 

Shahid Ahmed, Group EVP, New Ventures and Innovation, NTT Ltd., mengatakan bahwa ketika tim teknologi informasi membuat perencanaan dan perusahaan beradaptasi dengan generative AI sebagai disrupsi terbesar sepanjang 2023, maka di tahun baru akan terjadi perpaduan antara tren baru dan tren utama yang semakin berkembang di seluruh jaringan, edge, 5G privat, pusat data, dan cloud. 

“Adopsi AI tumbuh secara eksponensial dan dengan artificial general intelligence (AGI) dan singularitas teknologi yang masih jauh di masa depan, manusia akan menjadi bagian penting dalam kisah AI,” ujarnya, seperti dikutip Hypeabis, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: Daftar Istilah Artificial Intelligence yang Sering Disebut, AGI sampai LLM 

Menurutnya, setiap perusahaan harus melihat lebih jauh ke depan untuk memastikan mereka memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi baru di masa depan dan berupaya mencapai target yang lebih berkelanjutan. Berikut sejumlah prediski tren teknologi pada 2024 tersebut;
 

1. ‘Dark NOC' akan memasuki kosakata dalam dunia jaringan

Dengan kemajuan AI untuk operasi TI (AIOps), gagasan Network Operations Center yang sepenuhnya otomatis dan tanpa intervensi manusia merupakan harapan ideal. Selama 12 bulan ke depan, perusahaan jaringan akan lebih lanjut menanamkan AIOps ke dalam operasi mereka yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas jaringan, mendukung teknisi, dan memodernisasi infrastruktur.

Meskipun otomatisasi merupakan inti dari ‘Dark NOC’, peran manusia tetap akan menjadi kunci keberhasilannya. Penyedia jaringan internet perlu fokus pada peningkatan keterampilan, sekaligus memastikan mereka telah melakukan persiapan yang diperlukan dari sudut pandang teknologi, mulai dari standardisasi API hingga optimalisasi pemrosesan data.

Para spesialis jaringan juga harus memahami bahwa otomatisasi membantu dan kemampuan manusia masih menjadi bagian penting dari fungsi jaringan.
 

ilustrasi AI - (Sumber foto : Pexels.com/by Tara Winstead)

ilustrasi AI - (Sumber foto : Pexels.com/by Tara Winstead)


2. AI akan mendorong investasi pada sumber energi yang lebih inovatif, yaitu infrastruktur data center

Rak data center atau rak server pada umumnya mengonsumsi sekitar 6 hingga 8 kilowatt listrik. AI mempercepat peningkatan kepadatan tersebut, dan sekarang sudah lumrah melihat rak berkapasitas 50 hingga 100 kilowatt, bahkan lebih. Harapannya adalah konsumsi listrik akan berlipat ganda dan tiga kali lipat di tahun-tahun mendatang.

Rak-rak server ini, tentunya menghasilkan lebih banyak panas, dan membutuhkan lebih banyak pendinginan, menjadi tantangan bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki target net zero. Pada 2024, akan lebih banyak perusahaan yang bekerja sama dengan penyedia sumber daya energi listrik untuk mengeksplorasi opsi yang lebih berkelanjutan.

Pengetatan peraturan pusat data akan mempercepat tren disruptif ini, karena semakin banyak pemerintah dan pelanggan yang menetapkan penggunaan dan/atau pasokan efisiensi energi tertentu untuk memenuhi tujuan keberlanjutan mereka. NTT sudah menggunakan teknik-teknik seperti pendinginan dengan menggunakan cairan, proyek pemanas distrik, dan penelitian panel surya di ruang angkasa untuk memberi daya pada pusat datanya, dan lain-lain.
 

3. Keberlanjutan akan menjadi bagian utama dari semua solusi teknologi terbaru

Keberlanjutan sebelumnya telah diidentifikasi sebagai tiga pendorong utama inovasi dan pertimbangan utama dalam proses pengadaan teknologi informasi. Tahun depan, keberlanjutan akan memberikan dampak yang jauh lebih besar terhadap teknologi yang diujicobakan, diinvestasikan, dibeli, dan dikembangkan oleh tim TI, terutama seiring dengan berkembangnya peraturan, pengembangan baru, dan pengetatan.

Misalnya, mulai 1 Januari 2024, 50% listrik yang digunakan di pusat data Jerman harus disuplai dari sumber listrik terbarukan yang tidak disubsidi. Mulai 2027, kebutuhannya akan menjadi 100%. Dalam perjalanan menuju target net zero dan ramah lingkungan, perusahaan akan semakin memanfaatkan teknologi baru seperti jaringan Private 5G, yang digunakan oleh perusahaan global seperti LyondellBasell dan Schneider Electric,

Hal itu untuk mendorong penerapan smart factory yang dapat berkontribusi terhadap inisiatif ESG, mulai dari mitigasi karbon hingga ekonomi sirkular perangkat keras infrastruktur. Tekanan lebih besar terhadap pemasok TI juga akan membantu industri mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) dan key performance indicator (KPI) mereka.
 

Ilustrasi AI (Sumber foto : Pexels.com/Google DeepMind:

Ilustrasi AI (Sumber foto : Pexels.com/Google DeepMind:


4. Jaringan kabel optik akan semakin umum digunakan

Meningkatnya fokus pada efisiensi, keandalan, keberlanjutan, dan kesiapan jaringan di masa depan akan membawa jaringan optik ke depan pada tahun 2024. Uji coba terbaru membuktikan potensi tersebut – mencapai tingkat transmisi 1,2Tbps.

Di semua industri, lebih dari 90% eksekutif senior ingin memodernisasi jaringan mereka untuk memastikan mereka siap menghadapi tantangan yang sedang dihadapi serta tantangan yang akan datang. Ada juga upaya terpadu yang lebih luas untuk mengatasi keterbatasan infrastruktur yang ada dengan teknologi optik.

Lebih dari 100 perusahaan kini bermitra untuk memajukan IOWN (Jaringan Optik dan Nirkabel Inovatif) untuk memastikan dunia siap menghadapi teknologi masa depan dan mendorong jaringan optik agar lebih umum digunakan.
 

5. Ekosistem IoT akan meningkatkan adopsi P5G dan Edge

Kombinasi IoT, Private 5G, dan edge computing akan memungkinkan perusahaan mendapatkan wawasan secara real-time dan membuat kebijakan yang lebih baik. Ketika perusahaan mempercepat upaya digitalisasi, maka diperlukan lebih banyak konektivitas dan lebih banyak perangkat teknologi terbaru karena perusahaan terus mendigitalkan lingkungan fisik.

Keunggulan ini akan semakin penting karena perusahaan membutuhkan data untuk memenuhi platform analitik yang didukung oleh AI/ML (artificial intelligence/machine learning). Peningkatan otomatisasi karena kekurangan tenaga kerja, computer vision dan digital twins akan menjadi kasus penggunaan utama yang mendorong kebutuhan akan kemampuan edge yang kuat.

Untuk melangkah lebih jauh, Perusahaan memerlukan bantuan dari luar, dengan 8 dari 10 perusahaan memperkirakan ketergantungan mereka pada layanan edge pihak ketiga akan meningkat dalam dua tahun ke depan.

NTT dan mitra-mitranya menggunakan keahlian gabungan mereka untuk memenuhi kebutuhan akan perangkat berkemampuan 5G yang mendukung beberapa contoh kasus. Seperti perangkat push-to-talk, headset augmented reality, kamera dan sensor visi komputer di seluruh sektor manufaktur, otomotif, logistic, dan industri lainnya, khususnya seputar jaringan privat dan P5G.
 

Ilustrasi bionik dan tangan manusia (Sumber foto : Pexels.com/cottonbro studio)

Ilustrasi bionik dan tangan manusia (Sumber foto : Pexels.com/cottonbro studio)


6. Keahlian manusia sangat penting untuk menerapkan sistem AI

Laporan Global CX NTT 2023 menemukan bahwa sebagian besar interaksi CX (customer experience) masih memerlukan intervensi manusia, dan para eksekutif sepakat bahwa hal ini akan tetap menjadi bagian penting dalam perjalanan pelanggan. Meskipun 4 dari 5 perusahaan berencana memasukkan AI ke dalam penyampaian CX dalam 12 bulan ke depan, faktor manusia masih menjadi kunci keberhasilannya.

Ketika perusahaan mengalihkan perhatian mereka pada otomatisasi agar dapat meningkatkan dan menyempurnakan kemampuan manusia, mereka akan memberikan penekanan lebih besar untuk mengatasi kekurangan keahlian yang semakin meningkat agar dapat mengikuti perkembangan AI. Dasar-dasar AI dan analisis big data akan menjadi keahlian dasar bagi sebagian besar pekerjaan di berbagai industri. Namun, perekrutan karyawan baru bukanlah satu-satunya jalan keluar.

Penelitian yang dilakukan oleh NTT DATA menemukan bahwa para pemimpin dunia usaha cenderung memperoleh profitabilitas lebih dari 25% selama tiga tahun terakhir karena adanya investasi dalam inisiatif pengembangan keterampilan (reskilling and upskilling). Tren ini akan berlanjut hingga tahun 2024, dengan metode pendidikan yang lebih dipersonalisasi untuk mengatasi kesenjangan keterampilan dan memenuhi kebutuhan perusahaan.


7. Invisible clouds akan mulai bergerak vertikal atau lebih dalam

Ketika berfungsi dengan baik, lingkungan cloud menjadi tidak terlihat, membiarkan aplikasi berada di panggung utama. Manfaat dari cloud sebagian besar telah dirasakan di lingkup perkantoran, project management tools, solusi CRM, dan sejenisnya. Sayangnya, pemanfaatan cloud belum sepenuhnya dikuasai oleh industri tertentu. Namun, semua itu akan berubah tahun depan.

Pada tahun 2024, paket software vertical cloud, PaaS, dan IaaS layer akan lebih banyak digunakan untuk orientasi kebutuhan industri yang berfokus pada target bisnis. Para analis telah memperkirakan hal ini cukup lama, dan kini banyak yang berminat dengan proyek-proyek tersebut.

Penyedia layanan transformasi untuk industri transportasi dan pertahanan telah bertransisi ke pengunaan infrastruktur cloud untuk mengoptimalkan pengeluaran dan mengurangi biaya. 

Baca juga: Pertama di Dunia, Cek Hal-hal Penting yang Bakal Diatur Regulasi AI Uni Eropa 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Profesi Akuntan Sebagai Pilihan Karier Gen Z

BERIKUTNYA

6 Rekomendasi Film Indonesia yang Pas Ditonton saat Hari Ibu Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: