Kunto Aji. (Sumber gambar: Kunto Aji Official Instagram)

Kunto Aji Ajak Penggemar Sambut 2024 dengan Konser Urup di Yogyakarta

17 December 2023   |   13:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Untuk menyambut tahun 2024 dengan penuh harapan, solois Kunto Aji akan menggelar konser solo bertajuk Konser Urup: Matahari Pertama di 2024. Acara yang akan digelar pada 1 Januari 2024 tersebut akan menghadirkan sebuah pertunjukan yang selaras dengan alam.
 
Menariknya, tak seperti acara musik pada umumnya, konser itu akan dihelat pada pagi buta tepatnya pukul 05.00 WIB di Asram Edupark, Sleman, Yogyakarta.  

Baca juga: Profil Band Rock Incubus, Siap Gelar Konser Lagi di Indonesia pada 2024
 
Konser Urup 2024 merupakan proyek kolaborasi antara Rancang Rencana, tim kreatif dari Kunto Aji, dan promotor Seraya Live. Gelaran ini akan menjadi ruang eksplorasi bersama para pelaku kreatif, yang bertumbuh setiap harinya.
 
Selain pertunjukan musik Kunto Aji yang akan membawakan karya-karya dari 3 albumnya, Urup 2024 juga akan menghadirkan Pasar Urup sebagai pertemuan karya dan ekosistem dari Kota Yogyakarta.
 
Kunto Aji mengatakan ide pertunjukan Urup 2024 sebenarnya sudah direncanakan sejak tahun 2020. Namun, hal itu harus tertunda lantaran pandemi, serta belum adanya ruang dan waktu yang memungkinkan untuk menggelar konser tersebut. 
 
Seiring dengan industri hiburan yang kini sudah berjalan kembali bahkan kian masif, sang solois pun mulai merealisasikan konsep pertunjukan tersebut. Terlebih, momentumnya juga bertepatan dehgan perilisan album Pengantar Purifikasi Pikir.
 
Isu bertumbuh dan menjadi lebih dewasa adalah dua hal utama yang diusung oleh materi lagu-lagu album tersebut. Manifestasi konsep itu pun bisa dirasakan lewat sejumlah aksi yang telah disusun oleh Kunto Aji, salah satunya dengan membuat konser Urup 2024.
 
“Bertumbuh jadi satu tema besar yang semoga sesuai dengan perjalanan albumnya. Kita biarkan dia bertumbuh liar mencari mataharinya untuk menentukan hidupnya ke arah mana nanti. Sesuatu yang kita belum tahu seperti apa,” kata musisi berusia 36 tahun itu.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by M Z K U N (@kuntoajiw)


 
Dalam pertunjukan Urup 2024, Kunto Aji memilih album terbaru, Pengantar Purifikasi Pikir, sebagai sajian utamanya. Namun, pelantun lagu Rehat itu juga memastikan bakal membawakan nomor-nomor hit dari album sebelumnya. "Termasuk beberapa kejutan yang disimpan sampai hari pertunjukan nanti. Pertunjukannya panjang," ucapnya.
 
Konser Urup: Matahari Pertama di 2024 menjadi tidak umum layaknya pertunjukan musik lainnya, karena digelar pada pagi hari. Terkait hal ini, Kunto Aji mengatakan ingin menikmati pagi hari bersama para pendengarnya, demi kesehatan fisik dan mental.
 
“Sebenarnya sederhana, isu utamanya bangun pagi. Bangun di pagi hari dan tidur lebih cepat di hari sebelumnya itu sangat bermanfaat untuk badan manusia. Untuk bisa menyongsong matahari pagi, ya paling penting benerin jam tidur dulu. Ini adalah upaya simbolik untuk diri sendiri, guna membuat hidup jadi lebih baik siklusnya,” ungkapnya.
 
Selaras dengan alam adalah pilihan yang juga secara sadar diambil oleh Kunto Aji untuk pertunjukan ini. Konser ini juga merupakan sebuah simbolisasi pesan yang coba disampaikan sang solois kepada publik.
 
Menurutnya, sebagai puncak dari rantai makanan, banyak orang sering merasa bahwa dunia ini diciptakan hanya untuk kepentingan manusia. Di sisi lain, alam menunjukan banyak hal dan mencoba 'berbicara' pada menusia dengan cara-caranya untuk memberikan peringatan-peringatan.
 
"Kalau dia sudah tidak bisa dihuni lagi, ya planetnya masih ada, yang enggak ada itu kita, manusia. Narasinya bukan menyelamatkan bumi, tapi menyelamatkan kehidupan manusia. Berdampingan dengan alam itu penting, karena yang akan punah itu kita. Bukan alamnya," katanya.
 

 
Ruang terbuka Asram Edupark sebagai loaksi acara pun dianggap memberi gelanggang yang sempurna untuk penyelenggaraan konser ini. Selain pertunjukan musik, gelaran ini juga akan menghadirkan Pasar Urup, yang mempertemukan pengunjung dengan banyak pelaku bisnis lokal.
 
“Ada spirit berpihak pada ekosistem juga. Pasarnya akan mengangkat produk lokal yang nggak biasa ditemui sehari-hari. Jadi, bisa saling bertemu di pertunjukan ini. Semoga ini jadi monumen yang bisa kita kenang bersama-sama di masa depan," ucap Kunto Aji. 

Baca juga: Penyanyi Jazz Diana Krall Bakal Konser Lagi di Indonesia Mei 2024
 
Adapun, bagi kalian yang ingin menonton konser Urup 2024, bisa membeli tiketnya melalui aplikasi Goers. Ada dua paket yang ditawarkan yakni Purifikasi Pikir (hanya tiket masuk) seharga Rp.175.000 dan Tanda Purifikasi Pikir (termasuk art print dan kalender Urup 2024) seharga Rp.275.000. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Terbelalak Sorot Mata Jiwa Laila Azra dalam Pameran Soca

BERIKUTNYA

Kaleidoskop 2023: Film Indonesia Paling Laris di Bioskop Tahun Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: