Pantai Wohkudu (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Menikmati Deburan Ombak di Pantai Wohkudu, Surga Tersembunyi di Bibir Samudra Hindia

14 December 2023   |   14:58 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Wisata kultur, gunung, hingga pantai menyatu sebagai destinasi super lengkap di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Soal wisata alam, kawasan Gunungkidul menjadi tujuan destinasi populer yang jarang dilewatkan oleh pelancong ketika berkunjung ke kota dengan julukan Kota Istimewa tersebut.

Gunungkidul memiliki banyak lanskap indah mulai dari jajaran Pegunungan Sewu hingga pantai-pantai tebing yang eksotis. Kabupaten yang terletak di sebelah tenggara kota Yogyakarta ini berbatasan langsung dengan laut lepas dari perairan Samudra Hindia.

Baca juga: Sensasi Hawaii di Hiburan Pinggir Pantai Aloha, Cek Atraksi & Keseruannya!

Perbatasan bibir samudra itu memperlihatkan tebing-tebing indah yang menciptakan pantai-pantai tersembunyi yang masih jarang dijamah manusia. Beberapa pantai mungkin harus melalui akses yang cukup sulit dan berkelok. Namun, keindahannya cukup membayar jerih payah untuk bisa menyaksikan kecantikan pantai-pantai di sana.
 
Salah satu pantai yang berada di sisi Gunungkidul tersebut adalah Pantai Wohkudu yang terletak tepat di Girikarto, Kecamatan Panggang. Pantai tersembunyi ini berada di celah tebing-tebing dengan daun dan pepohonan hijau. Pengunjung harus menuruni tebing sekitar 500 meter atau sekitar 10-15 menit untuk sampai pada hamparan pasir putih.

Saat menyusuri jalan yang cukup curam tersebut, pengunjung juga berkemungkinan berjumpa dengan monyet yang masih eksis hidup di sekitar hutan di antara tebing ini. Menuruni tebing ini pun bukan hal yang mudah. Pengunjung harus ekstra hati-hati menginjak satu demi satu batu menuruni tebing hingga sampai pada jalan yang dipenuhi rumput.
 
Sesampainya di dekat area pantai, pengunjung bisa merasakan sensasi rumput, pasir putih, dan air laut saling bertemu dan menciptakan pemandangan yang indah. Pantai yang terbilang kecil ini juga terapit oleh area perbukitan sehingga menciptakan suasana hening. Suara deburan ombak juga akan menyatu dengan kicauan burung yang sering lalu lalang di sekitar area tebing.

Pantai Wohkudu (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Pantai Wohkudu (Sumber gambar: Indah Permata Hati/Hypeabis.id)

Saat air laut surut, pengunjung bisa mengeksplorasi banyak biota laut yang unik yang tidak jauh dari area bibir pantai. Mulai dari jenis cacing laut, teripang, bintang laut, hingga rumput laut dan jenis biota laut lainnya akan terlihat. Pantai yang terletak di tengah tebing ini jua membuat ragam jenis hewan laut mudah mendekat. Tak heran jika anta Wohkudu juga kerap dijadikan lokasi pemancingan bagi penghobi aktivitas memancing.
 
Dengan area pantai yang tidak terlalu besar dan memanfaatkan latar tebing yang ciamik, banyak pengunjung yang menjadikan Pantai Wohkudu sebagai lokasi camping. Suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota membuat area ini cukup dipilih sebagai camping ground.

Beberapa pengunjung mendirikan tenda dan menghabiskan waktu bersama kerabat hingga pagi hari. Saat ini, Pantai Wohkudu juga sudah dilengkapi dengan toilet, warung hingga mushola untuk menunjang wisata yang lebih nyaman selama pengunjung menjelajah tempat ini.
 
Pantai Wohkudu berada tepat di sebelah Pantai Kesirat. Pengunjung mungkin lebih mengenal Pantai Kesirat berkat keindahan atas tebing dengan sapuan kabut di balik perbukitan. Namun Pantai Kesirat tak memiliki akses untuk turun ke bawah dan bermain langsung di bibir pantai. Sehingga pengunjung lebih direkomendasikan menuju Pantai Wohkudu apabila ingin mendapatkan akses langsung untuk menghampiri area pantai. Pengunjung juga hanya perlu membayar uang parkir sekitar Rp3.000 hingga Rp5.000 untuk berkunjung ke pantai ini.
 
Untuk bisa sampai di Pantai Wohkudu, pengunjung harus menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit menuju area Gunungkidul melewati jalur Imogiri menuju Panggang melalui dua pilihan rute yakni jalan Wonosari atau Banguntapan.

Pengunjung bisa mengambil jalur langsung menuju Girikarto dan mengikuti jalan untuk sampai ke Pantai Wohkudu. Akses jalan untuk menuju area pantai ini sudah cukup baik meski pengunjung harus melewati jalanan perbukitan yang cukup curam.

Baca juga: 10 Gua yang Seru untuk Wisata Caving di Indonesia



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Ungkapan Rasa Sayang Agatha Pricilla kepada Ibunda Tercurah dalam Single Sampai Nanti

BERIKUTNYA

5 Alasan Drakor Death's Game Wajib Masuk Daftar Tontonan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: