Kapalpesiar (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)

Piknik Asyik di Kapal Pesiar

22 June 2023   |   22:21 WIB

Berwisata di kapal pesiar bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu liburan. Kendati beberapa hari jauh dari hiruk-pikuk kesibukan di darat untuk berlayar di tengah lautan, berwisata naik kapal pesiar sangat mengasyikkan. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di kapal pada saat berlayar di lautan.

Untuk saat ini memang Indonesia belum memiliki operator untuk jenis kapal pesiar (cruise). Jika ingin berwisata naik kapal pesiar Genhype bisa menuju ke negara-negara yang memiliki wisata cruise. Salah satu operator wisata cruise adalah Royal Caribbean International yang memiliki sejumlah kapal pesial yang berlayar di seluruh dunia.

Hypeabis berkesempatan untuk mengikuti pelayaran Singapura-Penang (Malaysia)-Singapura dengan kapal Spectrum of the Seas. Pelayaran tersebut khusus untuk PT Harmoni Dinamik Indonesia dalam rangka memperingati ulang tahun ke-30 perusahaan tersebut.

Kapal pesiar Spectrum of the Seas melayari selat Malaka dengan rute Singapura-Penang-Singapura dengan waktu tempuh 4 hari 3 malam.  Kapal berangkat dari Marina Cruise Center di Singapura, singgah di Pelabuhan Penang Malaysia pada hari kedua, dan kembali berlabuh di Singapura pada hari terakhir.

 

Keriuhan wisatawan (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)

Keriuhan wisatawan (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)


Kapal Spectrum of the Seas berangkat pada pukul 16.00 waktu Singapura, setelah sambutan  CEO dan Chairman PT HDI dan kapten kapal. Perjalanan laut akan ditempuh dengan kecepatan 22 knot. Spectrum of The Seas ini diklaim sebagai kapal pesiar terbesar di Asia dengan kapasitas sekitar 5.000 penumpang. Namun, pada pelayaran kali ini kapal membawa sekitar 3.000 penumpang.

Sebelum berlayar dengan kapal pesiar, beberapa hal yang perlu disiapkan calon penumpang antara lain mengisi My ICA untuk memasuki Imigrasi Singapura dan register di aplikasi Royal Caribbean. Di dalam aplikasi Royal Caribbean penumpang mengisi form dengan lengkap, setelah itu kita akan mendapat barcode dan juga sudah bisa mengetahui nomor kamar di kapal.

Kapal pesiar sudah standby di Marina Cruise Center Sigapura. Sebelum masuk kapal penumpang check in di tempat yang sudah tersedia, lanjut masuk imigrasi dan kemudian masuk kapal. Paspor dikumpulkan oleh awak kapal dan sebagai gantinya penumpang akan dapat kartu akses untuk kunci kamar dan berbagai transaksi di kapal, serta untuk ID saat singgah di tempat wisata di darat.

Empat hari tiga malam di lautan tidaklah membuat penumpang kapal pesiar bosan. Banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan selama pelayaran. Mulai dari games sampai olah raga, ataupun sekadar duduk-duduk menikmati lautan. Pagi dan sore merupakan waktu favorit untuk menikmati sunrise dan sore melihat sunset.

Bagi yang ingin berolah raga, bisa jalan atau jogging mengelilingi kapal di jogging track yang tersedia. Panjang jogging track di Spectrum of the Seas untuk 1 lap adalah 460 meter. Olah raga lainnya gym, memanah, tenis meja dan badminton. Jika ingin olah raga yang lebih ekstrem bisa panjat tebing dan flow rider atau menantang arus deras. Ingin berenang? Ada beberapa kolam renang dan dan jacuzi. Ada pula di Solarium yang khusus untuk usia 16 tahun ke atas.

 

Arena flow rider (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)

Arena flowrider (Sumber gambar: Hypeabis/Indyah Sutriningrum)


Yang ingin menikmati kuliner, banyak tempat yang bisa dipilih. Seperti di Spectrum of the Seas ini, restoran favorit penumpang adalah adalah Windjamer di dek 14. Windjamer menyediakan makanan dengan sistem prasmanan yang menyediakan aneka macam makanan Asia hingga internasional, untuk makan pagi, makan siang, dan makan malam secara gratis.

Bagi yang ingin berbelanja, kapal pesiar juga dilengkapi memiliki store.  Barang-barang yang dijual di toko adalah brand internasional. Namun, jangan khawatir, biasanya dalam pelayaran ada sale dengan potongan harga yang lumayan.

Kapal juga menyediakan hiburan yang dapat dinikmati penumpang dengan gratis seperti performace seni. Anak-anak pun  bisa menikmati berbagai aktivitas di kapal seperti berenang, arena bermain anak seperti bumper cars.

Pada hari kedua, kapal Spectrum of the Seas singgah di Penang, Malaysia untuk beberapa jam. Penumpang dan awak kapal memanfaatkan waktu turun ke darat menikmati wisata di sekitar kawasan pelabuhan atau ke George Town, Ibu Kota Penang.

Baca juga: Asean Tourism Forum 2023 Hasilkan Sejumlah Kesepakatan, Salah Satunya soal Promosi Kapal Pesiar

Setelah singgah di daratan, kapal kembali melanjutkan pelayaran. Akhirnya pada hari keempat Spectrum of the Seas sampai di Marina, Singapura. Selama 4 hari 3 malam di kapal pesiar tidaklah membuat bosan. Pemandangan lautan lepas yang maha luas membuat pikiran kembali segar dan rasanya suatu saat ingin mencoba kembali.

Tip wisata di kapal pesiar
-Tepat waktu saat check in di pelabuhan agar tidak tertinggal kapal.
-Wajib hadir di Muster sesuai dengan pembagian untuk penjelasan keselamatan dan jika terjadi kondisi darurat.
-Membawa obat-obatan pribadi, jaket, syal, topi, tabir surya, dan payung.
-Membawa baju sesuai dengan kebutuhan, sesuaikan juga dengan aktivitas yang ingin dilakukan, misalnya baju olah raga, baju renang. 
-Biasanya di beberapa tempat dan acara wajib memakai sepatu.


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

7 Rekomendasi Tempat Wisata di Sigi, Cocok Buat Liburan Sekolah

BERIKUTNYA

Solois Muda Nadhif Basalamah Merilis Single Penjaga Hati

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: