Potret jigsaw dalam film Saw (Sumber gambar: Instagram @saw)

Lionsgate Umumkan Jadwal Perilisan Saw XI, 27 September 2024

12 December 2023   |   14:30 WIB
Image
Andika Prasetyo Mahasiswa IISIP Jakarta

Like
Rumah produksi Lionsgate baru-baru ini resmi mengumumkan tanggal perilisan dari Saw XI. Hal ini menjadikan film tersebut sebagai seri ke-11 dalam franchise horor, yang sudah berjalan sekitar 19 tahun sejak perilisan seri pertama, Saw (2004).

Proyek dari seri ke-11 dalam franchise horor tersebut dikonfirmasi langsung melalui postingan Instagram Saw dan Lionsgate pada Senin, (11/12/2023). Dalam postingan tersebut terlihat angka romawi yang menunjukan angka 11 dan ditambahkan dengan teks yang berbunyi “The Game Continues”.

Baca juga: Konsensus Kritikus di Rotten Tomatoes Memberikan Review Saw X Penuh Kejutan

Melalui akun Instagram resmi mereka, selain mengonfirmasi cerita dari pembunuh berantai Jigsaw yang masih akan berlanjut, pihak Lionsgate juga memastikan langsung untuk jadwal rilis dari film Saw XI yang akan tayang pada 27 September 2024 mendatang.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh SAW (@saw)

 
Pengumuman dari Lionsgate ini bisa dibilang mengejutkan, pasalnya tidak butuh jeda waktu yang lama bagi rumah produksi Lionsgate untuk menghadirkan kembali seri lanjutan dari film Saw. Sebab, seri sebelumnya yaitu Saw X baru saja dirilis pada tahun ini.

Untuk detail dari Saw XI sendiri, seperti plot atau karakter yang akan muncul, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut. Namun, dalam timeline franchise Saw sendiri merupakan sosok Jigsaw alias John Kramer (Tobin Bell) diceritakan sudah tewas sebelumnya.

Besar kemungkinan dalam film Saw XI akan mengikuti alur cerita yang sama seperti Saw X, yaitu menghadirkan cerita prekuel dari Jigsaw.

Dilansir dari laman resmi Comicbook, sang sutradara dari franchise Saw yaitu Kevin Greutert, sempat menyatakan bahwa dia menyesali sudah menghabisi karakter John Kramer terlalu cepat di franchise ini. Dia juga mengakui jika semuanya akan terasa mudah jika John Kramer masih hidup.

Dalam seri sebelumnya yaitu Saw X, menceritakan tentang perjalanan John Kramer alias Jigsaw yang diperankan oleh Tobin Bell. Dia adalah pembunuh berantai sadis dengan metode yang mengerikan. Film Saw X juga mengulik masa lalu John Kramer alisan Jigsaw yang divonis memiliki penyakit kanker mematikan.

Kramer harus menjalani sebuah prosedur operasi untuk mengangkat tumornya. Namun ternyata, prosedur yang dia jalani adalah penipuan. Hal ini mendorong Kramer untuk melakukan balas dendam pada para penipu. Dia memasukkan para penipunya tersebut ke permainannya yang penuh misteri dan sadis.

Dalam seri ke-10 tersebut, John Kramer akan terus memburu orang-orang yang dia anggap bersalah dan bertanggung jawab atas masalah operasi kanker yang gagal terhadap dirinya. Film Saw X juga tetap menghadirkan jebakan-jebakan mengerikan yang menjadi ciri khas dari franchise ini.

Selain Tobin Bell, dalam seri ke-10 dalam franchise Saw, Shawnee Smith kembali beperan sebagai Amanda Young, korban Jigsaw yang akhirnya menjadi murid Jigsaw. Latar waktu yang ambil di dalam film Saw X yakni waktu antara Saw I dan Saw II, sehingga Jigsaw kembali bangkit dari kematiannya di film sebelumnya.

Saw X sendiri merupakan salah satu film dengan ulasan terbaik dalam franchise Saw, dengan rating Certified Fresh sebesar 80 persen di Rotten Tomatoes. Film tersebut menghasilkan pendapatan kotor hampir $108 juta di seluruh dunia dibandingkan anggaran produksi yang dilaporkan hanya US$13 juta.

Baca juga: Daftar Pemain & Karakter Film Saw X, Tobin Bell Kembali Jadi Jigsaw

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Begini Prosedur Konversi Motor Listrik di Bengkel Biar Dapat Insentif

BERIKUTNYA

Film Agak Laen Tayang 1 Februari 2024, Semesta Baru Rumah Produksi Imajinari

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: