Karakter John Kramer dalam Saw X (Sumber gambar: tangkapan layar laman IMDb)

Konsensus Kritikus di Rotten Tomatoes Memberikan Review Saw X Penuh Kejutan

12 October 2023   |   22:12 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film besutan Sutradara Kevin Greutert, yakni Saw X mendapatkan review yang beragam dari para kritikus. Namun, banyak yang mengulasnya dengan positif. Konsensus kritikus Rotten Tomatoes menyebutkan bahwa seri sepuluh menghidupkan kembali Saw dengan beberapa kejutan.

Dikutip dari laman Rotten Tomatoes, Saw 10 mendapatkan sertifikat Fresh dengan nilai 80 persen dan rata-rata rating 6,5 dari 10 dari semua kritikus. Sementara itu, kritikus teratas memberikan rata-rata nilai 6,5 dari 10.

Baca juga:  Sinopsis Film Dr. Cheon and Lost Talisman, Jisoo BLACKPINK jadi Peri Korea

Salah seorang kritikus di laman Rotten Tomatoes, yakni Ronak Kotecha menuliskan bahwa film ini adalah tentang kisah Jigsaw yang hanya diketahui oleh diri sendiri dan Tuhan. Di dalam hati sang karakter, sutradara mampu menunjukkan bahwa dia sama dengan semua orang, yakni memiliki kekurangan, rentan, korban, dan kerap melakukan aktivitas yang tidak masuk akal.

Sementara itu, kritikus lainnya dalam laman itu, yakni Oti menuliskan bahwa karakter John Kramer yang diperankan oleh aktor Tobin Bell mengingatkan para penonton alasan untuk jatuh cinta terhadap karya ini. Bagi sang kritikus, Saw X memungkinkan penonton untuk hidup di dunia ikon sedikit lebih panjang.

Meskipun begitu, tidak sedikit kritikus yang memberikan ulasan jelek tentang Saw X. Alejandro Turdo adalah salah satu di antaranya dalam laman Rotten Tomatoes yang menuliskan bahwa prestasi terbesar dari film ini adalah membuat penonton peduli terhadap penjahat utama pada babak pertama.

Namun, beberapa hal baik tidak bertahan lama dan film ini memiliki akhir seperti biasa serta tidak ada kejutan bagi para penikmatnya. Semua dapat terjadi karena naskah yang hambar dan anggaran yang sangat kecil untuk waralaba itu.

Saw 10 bercerita tentang John Kramer yang sakit dan putus asa. Dia melakukan perjalanan ke Meksiko untuk menjalani prosedur medis eksperimental dan berisiko dengan harapan penyakit yang dideritanya dapat sembuh.

Bukannya sembuh, John menemukan bahwa seluruh operasi yang dijalaninya adalah sebuah penipuan. Pada akhirnya, dia kembali menjalani aksinya sebagai pembunuh berantai setelah menemukan tujuan hidupnya, yakni membalikkan keadaan bagi para penipu dengan cara khasnya.

Pembuat film Saw X menyajikan cerita dengan mengambil set antara film Saw 1 dan Saw II. Dalam seri pertama, korban dari John Kramer adalah seorang ahli onkologi bernama Lawrence Gordon dan seorang fotografer yang bernama Adam.

Keterlibatan Gordon dalam permainan mematikan pada saat itu tidak dapat dilepaskan dari perannya yang membuat polisi berhasil menemukan tempat penyekapan sandra Jigsaw dan membuatnya tertangkap meskipun pada akhirnya berhasil melarikan diri.

Di pasar domestik Amerika Serikat, film ini telah berhasil meraih perkiraan pendapatan kotor sebesar US$34,27 juta dalam 12 hari penayangan di bioskop. Di pasar internasional, John Kramer telah membuat Saw X meraih US$23,93 juta, sehingga karya tersebut memiliki US$58,2 juta di seluruh dunia. Di antara film yang rilis sepanjang 2023, Saw 10 menempati posisi ke-43 dengan total perkiraan pendapatan kotor itu.

Baca juga:  Sinopsis Film Pamali: Dusun Pocong, Teror Horor Pantangan yang Dilanggar

Editor: Puput Ady Sukarno

SEBELUMNYA

Masa CBT Gim Black Moon Dibuka, Begini Cara Download & Kode Redeem Item Gratis

BERIKUTNYA

Minimalisir Limbah, Intip 5 Jenama Fesyen yang Usung Keberlanjutan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: