Hui PENTAGON. (Sumber gambar: Cube Entertainment)

Hui PENTAGON Siap Debut Karier Solo pada Januari 2024

12 December 2023   |   11:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Hui, personel boygroup K-Pop PENTAGON, akan debut karier solo pada tahun depan. Penyanyi pemilik nama asli Lee Hoe-taek itu dikabarkan bakal merilis debut album solonya pada Januari 2024. Informasi yang dilaporkan media lokal Korea itu pun telah dikonfirmasi oleh Cube Entertainment, selaku agensinya Hui.

"Memang benar bahwa Hui sedang mempersiapkan album solonya. Kami menargetkan untuk merilis [album] pada Januari tahun depan," kata Cube Entertainment dilansir dari Naver.

Hui akan memulai debut solo kariernya setelah sekitar 8 tahun sejak debut sebagai personel PENTAGON pada 2016. Di grup besutan Cube Entertainment itu, Hui dikenal sebagai pemimpin, vokalis sekaligus penari utama. Namun, sebelum bergabung dengan PENTAGON, dia lebih dulu menjadi trainee selama 6 tahun sejak 2010.

Baca juga: Lun8, Boygroup Baru dari Fantagio Bikin Variety Show Jelang Debut

Pada 10 Oktober 2016, Hiu akhirnya resmi debut sebagai member PENTAGON bersama 8 orang lainnya yakni Jinho, Hongseok, Shinwon, Yeo One, Yan An, Yuto, Kino, dan Wooseok. Mereka diperkenalkan melalui acara survival di Mnet bertajuk Pentagon Maker.

Meski demikian, sebelum resmi bergabung dengan PENTAGON, beberapa member telah lebih dulu muncul sebagai model video klip. Jinho pertama kali muncul dalam video klip lagu Hot Times dari S.M. The Ballad pada 2010, dan Yeo One muncul dalam klip Kimishika dari Song Dong-woon pada 2015.

Sementara itu, Hui, Kino, Yeo One and E'Dawn muncul dalam video musik D.NA's Secret dari G.NA pada 2014.
 


Debut karier PENTAGON dimulai ketika mereka merilis album mini dengan nama grup mereka sendiri pada 10 Oktober 2016. Album tersebut berisikan tujuh lagu yakni Wake Up, Pentagon, Gorilla, Lukewarm, Smile, Organic Song, dan You Are.

Sebagai sebuah grup, PENTAGON terbilang produktif dalam merilis karya. Sejak debut dengan album PENTAGON, mereka telah meluncurkan total 10 mini album di antaranya Five Senses (2016), Ceremony (2017), DEMO_01 (2017), Thumbs Up! (2018), dan Genie:us (2019). Pada 2020, akhirnya PENTAGON merilis album panjang mereka bertajuk The Black Hall: Universe.

Bersama PENTAGON, Hui terlibat langsung dalam menulis dan memproduksi sebagian besar lagu hit grup tersebut di antaranya Shine, Naughty Boy, Sha La La, dan Daisy. Musisi berusia 30 tahun itu juga memproduseri beberapa lagu penyanyi lain seperti Energetic milik Wanna One, Never milik Nation's Son, Boyness milik Produce X 101, dan Oh-Eh-Oh milik JO1.

Sebagai musisi, Hui kerap disebut sebagai idol serba bisa, dan sering dipuji karena kemampuannya dalam bidang vokal, akting, menulis sekaligus memproduksi lagu. Penyanyi kelahiran Gwacehon itu juga dijuluki sebagai produser jenius, karena produktif dalam memproduseri lagu-lagu baik untuk PENTAGON, dirinya sendiri, maupun penyanyi lain.

Sejak Februari 2023, Hui diketahui menjadi kontestan Boys Planet menggunakan nama aslinya, Lee Hoe-taek. Dia menduduki peringkat ke-7 dalam pengumuman peringkat pertama. Dia akhirnya menempati posisi ke-13, dan gagal debut di lineup terakhir.

Pada Juli, Hui merilis lagu Whale sebagai bagian dari +Memory Project. Sebulan berselang, dia berperan sebagai D'Artagnan dalam musikal The Three Musketeers, yang dipentaskan pada 15-19 September di KEPCO Art Center. Kini, Hui bersiap untuk memulai fase baru dalam karier bermusiknya yakni dengan menjadi penyanyi solo.
 


Kabar Hui akan debut solo diumumkan oleh Cube Entertainment sekitar dua bulan setelah enam member PENTAGON memutuskan hengkang dari agensi tersebut. Mereka adalah Yeo One, Yan An, Yuto, Kino, Hongseok dan Wooseok. Meski demikian, mereka tidak hengkang dari PENTAGON, dan akan tetap melanjutkan aktivitas grup mereka meski tidak berada di bawah naungan agensi Cube Entertainment lagi.

Dalam keterangan resminya, Cube Entertainment mengatakan bahwa sebelum keputusan tersebut diambil, pihaknya telah melakukan diskusi yang panjang dan bernegosiasi dengan keenam member. Hal itu dilakukan mendekati tanggal berakhirnya kontrak mereka. 

Baca juga: Waduh, TOP Hengkang dari Boygroup Legendaris BigBang

Pihak agensi juga mengungkapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada keenam member yang telah bergabung bersama mereka selama 7 tahun terakhir. Perusahaan pun meminta kepada UNIVERSE -nama penggemar PENTAGON - untuk senantiasa mendukung keenam personel itu dalam perjalanan karier mereka yang baru.

Hengkangnya Yeo One, Yan An, Yuto, Kino, Hongseok dan Wooseok dari Cube Entertainment membuat kini hanya tersisa tiga member yang masih berada di bawah naungan agensi tersebut. Mereka adalah Jinho, Hui, dan Shinwon.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Daebak! Video Klip Single Seven Jungkook BTS Ditonton 300 Juta Kali di YouTube

BERIKUTNYA

Peluang Bisnis Esports Bikin Ngiler, Perusahaan Teknologi Berlomba Ambil Peluang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: