Jungkook BTS. (Sumber gambar: BIGHIT Music Official X)

Daebak! Video Klip Single Seven Jungkook BTS Ditonton 300 Juta Kali di YouTube

12 December 2023   |   09:55 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Single Seven milik Jungkook BTS terus mencetak rekor sejak dirilis pada 14 Juli 2023. Kali ini, single yang dibuat Jungkook berkolaborasi dengan rapper AS Latto itu telah ditonton lebih dari 300 juta kali di YouTube per 12 Desember 2023. Capaian itu diraih single Seven setelah sekitar 4 bulan, 27 hari, dan 13 jam dari perilisannya.

Perolehan tersebut menjadikan Seven sebagai video musik K-Pop kedua yang mencapai 300 juta penyanangan di YouTube yang dirilis pada 2023, setelah single Flower milik Jisoo BLACKPINK.

Seven adalah debut single solo Jungkook bergenre pop dan berbahasa Inggris yang mengusung nuansa lagu musim panas ceria. Lagu tersebut diproduksi oleh produser AS Andrew Watt dan Cirkut, yang ikut menulis liriknya bersama Jon Bellion, Latto, dan Theron Makiel Thomas. Dari segi lirik, Seven adalah lagu romantis tentang keinginan seseorang menghabiskan momen setiap hari bersama kekasih. 

Baca juga: Boyong 9 Nominasi, Taylor Swift Berhasil Pecahkan Rekor MTV VMA 2023

Video musik single Seven dibintangi oleh Jungkook dan aktris Han So-hee. Alih-alih menyuguhkan video klip yang romantis, Jungkook justru menampilkan visualisasi dari materi lagunya itu dengan konsep yang terbilang unik, futuristik, bahkan sedikit chaos. Klip berdurasi 3 menit 47 detik itu menampilkan Jungkook yang dikisahkan terus mengikuti kekasihnya yang diperankan Han So-hee kemanapun dia pergi setiap harinya.
 
Jungkook seperti bermain peran sebagai kekasih yang cenderung posesif kepada Han So-hee. Hal itu terlihat dari raut wajah sang perempuan yang merasa tidak nyaman karena terus diikuti oleh sang pria. Salah satu adegan paling membekas di video klip ini adalah ketika sebuah ruang laundry secara tiba-tiba banjir.
 

Jungkook dan Han So-hee tampil begitu dramatik sembari mengapung di atas genangan air. Begitupun dengan adegan-adegan berikutnya yang dilakukan oleh keduanya dengan totalitas dipadukan dengan teknologi visual yang membuat klip tersebut tampak semakin menarik dan filmis.

Dengan kata lain, alih-alih menampilkan kisah sepasang kekasih yang romantis dan manis, Jungkook sepertinya ingin menunjukkan bentuk cinta yang lain yang tidak seperti pada umumnya. Klip itupun ditutup dengan adegan romantis dari Jungkook dan Han So-hee.

Pecahkan Rekor
Sejak perilisannya, single Seven langsung mencuri perhatian penggemar K-Pop di seluruh dunia. Maklum saja, pasalnya Seven adalah single solo perdana Jungkook yang telah dinanti-nantikan oleh para penggemarnya. Terbukti, baru 3 jam selepas dirilis, video klip lagu Seven telah ditonton lebih dari 8 juta viewers di YouTube. Karya solonya ini juga menjadi bahan perbincangan publik di media sosial sampai-sampai menjadi trending topic di X.

Seven debut di puncak Global Spotify Chart harian dengan hampir 16 juta streaming, termasuk mencatat streaming hari pertama perilisan terbanyak untuk artis dan kolaborasi pria dalam sejarah dan debut pada 2023. Penyanyi pemilik nama asli Jeon Jung-kook itu menjadi artis K-Pop pertama yang mencapai nomor satu chart Spotify AS, dan artis solo Korea pertama yang debut di puncak tangga lagu global.

Single tersebut juga menempati posisi tiga di UK Singles Chart, dan mencatatkan debut tertinggi untuk artis solo Korea dalam sejarah tangga lagu tersebut. Jungkook melampaui rekor yang sebelumnya dibuat oleh rekan satu grupnya, Jimin, yang mencapai nomor 8 dengan single Like Crazy  beberapa bulan sebelumnya.

Jungkook juga menyamai BTS untuk debut dan puncak Singles Chart tertinggi sepanjang masa. BTS sebelumnya debut di nomor tiga dengan Dynamite pada 2020, serta lewat lagu Butter dan  My Universe pada 2021.
 



Sementara di Amerika Serikat, menurut Luminate, Seven menerima 5,11 juta streaming berdasarkan permintaan dan terjual lebih dari 34.000 salinan digital pada hari perilisannya di Amerika Serikat. Angkanya terus bertambah dan menghasilkan lebih dari 2,5 juta streaming setiap hari selama 3 hari berikutnya, memperoleh 13,7 juta streaming dalam empat hari pertama, serta terjual 32.000 salinan digital kembali dalam waktu tersebut. 

Tak hanya itu, single ini juga debut di nomor satu Billboard Hot 100 dengan 21,9 juta streaming, 6,4 juta penonton, dan 153.000 gabungan penjualan single digital dan CD selama periode 14 Juli hingga 20 Juli 2023.

Seven juga tercatat memulai debutnya di puncak Billboard Global 200 edisi 29 Juli 2023 dengan 269.000 unduhan terjual, dan 217,1 juta streaming, melampaui single Flowers milik Miley Cyrus. Capaian itu juga menjadi jumlah streaming keseluruhan terbesar kedua sepanjang masa, di belakang lagu Butter oleh BTS yang memperoleh 289,2 juta streaming. Jungkook menjadi anggota BTS pertama yang menduduki puncak tangga lagu global sebagai artis solo. 

Baca juga: V BTS Cetak Rekor Penjualan Artis Solo Berkat Album Debut Layover

Bahkan, secara global, Seven juga mencetak dua rekor Guinness World Records untuk lagu solo pria yang paling banyak diputar di Spotify dalam sepekan, serta lagu tercepat yang mencapai 100 juta streaming di Spotify. Terbaru, pada Oktober 2023, lagu ini memecahkan dua rekor tambahan, yakni tercepat mencapai 1 miliar streaming di Spotify, dimana rekor sebelumnya dipegang bersama oleh lagu Stay milik Kid Laroi dan Justin Bieber dan As It Was dari Harry Styles. 

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

5 Fakta Unik Film The Boy and the Heron, Film Ghibli Tayang 13 Desember 2023

BERIKUTNYA

Hui PENTAGON Siap Debut Karier Solo pada Januari 2024

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: