Koleksi Busana Equilibrium (Sumber Foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

LaSalle College Jakarta Creative Show 2023, Eksplorasi 150 Koleksi Busana Kekinian dari Kain Wastra

08 December 2023   |   19:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Dalam rangka merayakan 26 tahun berdirinya LaSalle College di Jakarta, mahasiswa program fashion design menggelar peragaan busana bertema Equilibrium, pada 8 Desember 2023 di Senayan City. Sebanyak 150 looks akan ditampilkan dengan material kain wastra nusantara yang dibuat dengan pewarna alami.

LaSalle College merupakan Sekolah Tinggi Design asal Canada yang didirikan oleh Mr. Jean Paul Morin pada 1959 lalu. Sementara LaSalle College di Indonesia berdiri sejak 1997 menawarkan Program Diploma Lanjutan dan Program Sertifikat Internasional dengan jurusan Desain Media Digital, Fotografi, Desain Interior, Tata Rias Artistik, Desain Fashion, dan Bisnis Fashion.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Fashion Show BYO by Tommy Ambiyo di JFW 2024, Terinspirasi dari Film Zombie

Shinta Djiwatampu, Program Director Fashion Design LaSalle College Indonesia memaparkan bahwa Creative Show telah menjadi acara tahunan mahasiswa untuk memamerkan karya-karya terbaik mereka, dan juga sebagai pengumpulan tugas akhir mereka.

Dalam Creative Show 2023 ini, LaSalle College Jakarta memamerkan karya-karya terbaik mahasiswa-mahasiswi mereka, melalui peragaan busana dari jurusan fashion design, serta pameran portofolio dari jurusan fashion business, interior design, graphic design, photography, game art & design dan artistic make-up.

Adapun untuk mahasiswa jurusan fashion design mempersembahkan koleksi busana bertemakan Equilibrium. Setiap tahunnya peragaan busana selalu mengangkat kain wastra nusantara sebagai warisan budaya Indonesia.

"Tema crative show kali ini diambil dari kain wastra dari berbagai daerah di Indonesia, kita meng-highlight penggunaan songket dan batik yang diadaptasi menjadi busana kekinian," katanya.

Sejumlah kain wastra nusantara yang digunakan mulai dari Batik Jambi, Tenun Ikat Dayak, Tenun Sumba Gradasi, Tenun Gedog Tuban dan lainnya yang sebagian besar menggunakan pewarna alami. "Keseluruhan koleksinya ada 150 looks yang dibagi dalam 6 sequence, mulai dari couture dress, menswear, menswear dan womenswear, dan ready to wear deluxe," katanya.

Creative show tahun lalu digelar pada Agustus 2022, perbedaannya dengan tahun ini lebih banyak menggunakan kain wastra dari berbagai daerah. Selain itu desain-desainnya juga lebih modern mengikuti perkembangan zaman. Intinya adalah bagaimana cara menyampaikan sesuaiu yang tradisional tapi tetap terlihat modern.

"Kita mencoba menggali inspirasi dari luar dan dalam negeri, misalnya di show kali ini menggunakan siluet dan aksesori khas India," ujar Shinta.
 

Hariyadi Sukamdani, Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle (Sumber Foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Hariyadi Sukamdani, Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle (Sumber Foto: Hypeabis.id/Himawan L Nugraha)

Sementara itu Hariyadi B. Sukamdani, Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle memaparkan bahwa di tahun ke-26 berdirinya LaSalle College di Indonesia, dia ingin mengarahkan mahasiswanya sejak masih menempuh pendidikan untuk lebih dekat dengan industri dan memahami kebutuhan masyarakat.

"Kami ingin portofolio mereka direalisasikan bukan hanya dalam bentuk desain gambar tapi suatu project nyata," ujar Hariyadi.

Lebih lanjut dia berujar, LaSalle College berkomitmen untuk menyediakan layanan pendidikan yang fundamental dan esensial bagi mahasiswa, menggunakan kurikulum yang relevan dengan keperluan industri kreatif saat ini.

"Selama 26 tahun, lulusan kami dari berbagai jurusan ini terus berkontribusi dalam perkembangan industri kreatif Indonesia melalui kiprah mereka di kancah nasional dan internasional," tambahnya.

Sekolah design ini juga memberikan kesempatan memasuki jejaring global melalui Program Pathway yang memungkinkan mahasiswa melanjutkan pendidikannya dengan mudah ke kampus-kampus lain dalam jaringan internasional LCI Education.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Fashion Show Paradiso Collection Buttonscarves x Jovian Mandagie di JFW 2024

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Eksklusif Profil Desainer Interior Kezia Karin: Berkarya Tanpa Batas di Dunia Tata Ruang

BERIKUTNYA

Libatkan Ahli dari Luar Negeri, Restorasi Museum Nasional Dilakukan dengan Kehati-hatian Tinggi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: