Koleksi Busana BYO (Sumber Foto: JFW 2023)

4 Fakta Menarik Fashion Show BYO by Tommy Ambiyo di JFW 2024, Terinspirasi dari Film Zombie

06 November 2023   |   16:30 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Jenama BYO yang didirikan oleh desainer Tommy Ambiyo memamerkan koleksi busananya yang unik bertemakan zombie dalam film-film fiksi ilmiah. Sebanyak 16 look dihadirkan di panggung Dewi Fashion Knight (DFK) The Visionary pada perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2024.

Sejak dulu BYO dikenal dengan kreasi tanpa batasnya yang identik dengan estetika sci-fi futuristic. semangat eksperimentalnya sangat kuat dituangkan dalam setiap siluet dan motif busananya. Nah Genhype, simak fakta menarik dari fashion show BYO di JFW 2024.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Fashion Show Paradiso Collection Buttonscarves x Jovian Mandagie di JFW 2024
 

1. Terinspirasi dari Zombie dalam Film Sci-fi

Peragaan busana dibuka dengan instrumen petikan gitar berirama Americana folklore gubahan Gustavo Santaolalla yang mengiringi bunyi sepatu hak para model di catwalk. Sang desainer menggali inspirasinya dari film-film zombie seperti serial The Last of Us yang populer belakangan ini.

Core dari BYO sendiri adalah eksperimentasi, dalam membuat sesuatu yang unik kita selalu memulai dari level tekstil untuk memunculkan feel yang flowy,” kata Tommy Ambiyo, Creative Director & Founder BYO.


2. Eksperimen Tanpa Batas yang Unik dan Memukau

 

Ilusi air pada koleksi busana BYO (Sumber Foto: JFW 2024)

Ilusi air mengkristal pada koleksi busana BYO (Sumber Foto: JFW 2024)

Koleksi ready to wear berhiaskan pola-pola geometris yang dihasilkan dari teknik modular-handwoven menciptakan imaji liar ketika jamur cordyceps yang menginfeksi manusia. Tommy menginterpretasikan kepala clickers, sebutan untuk zombi di The Last of Us sebagai sebuah headpiece yang unik penuh warna.

“Kali ini inspirasi kita datang dari film-film zombie, seperti infeksi karena tergigit zombie, lalu menyebar, dan mengkorupsi tubuh sehingga lahir kembali menjadi sesuatu yang baru,” ujarnya.

Setiap rancangannya mengadopsi teknik fabric manipulation yang sangat kreatif. Terlihat dari lipatan rok yang menciptakan menciptakan efek air mengkristal dan mawar-mawar yang seolah menyembul keluar sehingga membuat koleksi ini makin atraktif.
 

3. Tas Futuristis dengan Prinsip Sustainability 

 

Tommy Ambiyo menerapkan prinsip sustainability (Sumber Foto: JFW 2024)

Tommy Ambiyo menerapkan prinsip sustainability (Sumber Foto: JFW 2024)


Penggunaan material PVC yang menghadirkan kombinasi pola geometris, kesan quirky, sentuhan translucent, dan permainan warna yang unik telah menjadi identitas BYO. Adapun tas sebagai salah satu aksesorinya menjadi primadona dalam pertunjukan tersebut.

“Selama ini BYO konsepnya sci-fi dan selalu menggunakan PVC dan kulit, tahun ini kita pakai bahan-bahan daur ulang yang sudah dipakai lagi,” katanya.

Koleksi BYO menyadari pentingnya penggunaan material yang bertanggung  jawab, karenanya mereka sangat menjunjung tinggi prinsip sustainability. Tommy mengolah material sisaan yang tak terpakai lagi untuk menciptakan tas yang tampak futuristis itu.
 

4. Representasi The Visionary di Dewi Fashion Knight (DFK)

 

Koleksi BYO ditampilkan di Dewi Fashion Knight (Sumber Foto: JFW 2024)

Koleksi BYO ditampilkan di Dewi Fashion Knight (Sumber Foto: JFW 2024)


Koleksi BYO ditampilkan di Dewi Fashion Knights (DFK) 2023 The Visioney’ bersama dua desainer lainnya, yakni Jan Sober dan Rama Dauhan. DFK digelar setiap tahun sebagai acara penutup dari perhelatan akbar Jakarta Fashion Week (JFW), tahun ini mengusung tema The Artistry dan The Visionary.

DFK 2023 menjadi sajian pamungkas perhelatan JFW 2024 dengan menghadirkan sejumlah desainer yang dijuluki kesatria mode karena kontribusi dan konsistensinya dalam memajukan industri mode Indonesia dan menentukan arah tren tahun depan.

Tema The Visionary dinilai sangat merepresentasikan koleksi BYO karena sesuai dengan inovasi dan visi kuatnya dalam menghadirkan koleksi ready-to-wear yang terus berkembang dan semakin mutakhir seiring perkembangan zaman.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Buah dengan Kandungan Gula Tinggi, Jangan Dikonsumsi saat Sedang Diet

BERIKUTNYA

Kenali 5 Desain Hunian Ramah Difabel, Mulai dari Halaman hingga Kamar Tidur yang Nyaman

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: