Koleksi Magical Fragrance of Confidence (Sumber Foto: JWF 2024)

Inspirasi Aroma Tiga Bunga dalam Koleksi Busana Rancangan Didiet Maulana, Albert Yanuar dan Lisa Ju

24 November 2023   |   21:00 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Aroma parfum yang menjadi sumber kepercayaan diri wanita direpresentasikan melalui koleksi busana bertajuk The Magical Fragrance of Confidence Fashion Show oleh tiga desainer yakni Didiet Maulana, Albert Yanuar, dan Lisa Ju di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2024. 

Ketiga desainer menampilkan koleksi gaun cantik yang terinspirasi dari beragam varian aroma bunga LUX Botanicals: Magical Orchid, Soft Rose, dan Velvet Jasmine. Kolaborasi ini diharapkan bisa menginspirasi ekspresi diri, kepercayaan diri, dan kecantikan perempuan Indonesia.

Baca juga: Hitam Putih Dasiyah, Desainer Hagai Pakan ungkap Makna Kebaya dalam Serial Gadis Kretek

“Dari gaya avant-garde hingga tradisional, kami percaya perempuan dapat mencapai potensi terbaik mereka yang sebenarnya,” kata Erfan Hidayat selaku Skin Cleansing Indonesia Marketing Lead Unilever Indonesia beberapa waktu lalu.

Adapun para muse yang menampilkan koleksi busana dari ketiga desainer tersebut adalah para perempuan inspiratif Indonesia, seperti penyanyi, seniman, aktivis, konten kreator, dokter, dan lainnya. Nah Genhype, yuk simak koleksi gaun-gaun cantik karya tiga desainer berbakat Indoensia, yakni Didiet Maulana, Albert Yanuar, dan Lisa Ju.
 

1. Koleksi Wiron by Didiet Maulana dan Ikat Indonesia

Koleksi Wiron (Sumber Foto: JFW 2024)

Koleksi Wiron (Sumber Foto: JFW 2024)

Ikat Indonesia by Didiet Maulana menampilkan koleksi berjudul Wiron yang Sebelumnya pernah ditampilkan di panggung mode bergengsi dunia, yakni New York Fashion Week. Setiap rancangannya terinspirasi dari sosok perempuan dalam hidup sang desainer yang tangguh dan hebat.

“Aku banyak mengangkat tema perempuan karena aku lahir dan tumbuh dikelilingi oleh perempuan-perempuan hebat. Dari sosok perempuan, seseorang bisa tumbuh dan berkembang menjadi manusia sempurna,” ujar Didiet.

Wiron yang artinya lipatan, terlihat dalam koleksinya yang banyak menggunakan teknik melipat. Siluetnya berupa berupa kebaya dekonstruksi, outer, blus, dress,celana, rok, serta gloves dengan palet warna cerah seperti ungu, oranye, biru, merah, hingga pink.

“Kita sering lihat kalau perempuan berkebaya kain batiknya diwiron atau dilipat, kali ini juga koleksinya banyak bermain lipit dan siluetnya terinspirasi dari potongan-potongan kebaya,” jelasnya.

Didiet Mulana menggunakan kain tenun yang dibuat oleh penenun perempuan dari daera. Menariknya, sang desainer juga menambahkan suara asli mesin tenun dari para pengrajinnya langsung sebagai pengiring gelaran fesyen show-nya. Selain itu juga diperdengarkan bait-bait puisi indah tentang perempuan yang menyentuh hati.
 

2. Koleksi Shapeshipter by Albert Yanuar

Koleksi Shapeshifter (Sumber Foto: JFW 2024)

Koleksi Shapeshifter (Sumber Foto: JFW 2024)

Albert Yanuar berkolaborasi dengan seniman muda Wanti Amelia untuk menciptakan desain pantai, lautan, dan ombak dalam koleksi busananya yang bertajuk Shapeshifter. Sekitar 16 looks ditampilkan dengan palet warna putih dan gradasi biru. 

"Shapeshifter artinya perubahan bentuk, dimaknai bahwa sebagai manusia kita akan bertransformasi dalam hidup,” kata Albert.

Siluetnya terdiri dari atasan, bawahan, gaun-gaun sleveless, dan outer. Detail lipatan pada busananya bertranformasi menjadi origami atau seni melipat kertas ala Jepang. Menghasilkan bentuk-bentuk unik pada topi, gelang, dan kerah bajunya. 
 

3. Koleksi Petals by Lisa Ju

Koleksi Petals (Sumber Foto: JFW 2024)

Koleksi Petals (Sumber Foto: JFW 2024)

Tak ketinggalan ada desainer Lisa Ju yang menampilkan koleksi busana bertema Petals. Sang desainer mengaplikasikan beragam detail menarik seperti petal atau kelopak bunga dan butiran kristal yang glamor. Selain itu yang tak kalah menarik, yakni ornamen mawar dalam bentuk 3D.

Siluetnya terdiri dari gaun-gaun tube, bustier strapless, body suit, korset, tulle skirt, dan lainnya. Palet warna yang digunakan mulai dari soft sampai bold seperti cokelat, pink, ungu, sampai merah. Lisa Ju juga menghadirkan Lyodra yang mengenakan gaun rancangannya.

Baca juga: 15 Desainer Pamerkan Karya Busana dari 15 Kain Tenun di LANGGAM 15

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Polusi Udara Bisa Picu Kasus Pubertas Dini pada Anak, Bagaimana Kaitannya?

BERIKUTNYA

Pilihan Atap Kanopi untuk Rumah, Beragam Jenis dan Keunggulannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: