Ilustrasi atap kanopi rumah (Sumber foto: Unsplash/carlos-torres)

Pilihan Atap Kanopi untuk Rumah, Beragam Jenis dan Keunggulannya

25 November 2023   |   08:00 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Rumah tanpa kanopi, layaknya kepala tanpa topi. Panas bila terpapar sinar matahari. Basah begitu terkena air hujan. Kanopi ini sifatnya opsional, kalian bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan.  Misal, bila memililki kendaraan roda empat atau dua, maka kalian disarankan membangunnya.

Hal ini dibutuhkan demi kenyamanan dan keamanan. Atau, jika kalian menginginkan berbagai aktivitas di fasad rumah, maka perlu pula memasang kanopi. Sebagai elemen tambahan, desain kanopi dapat disesuaikan dengan konsep rumah.

Apabila rumah kalian bergaya minimalis, maka desain kanopinya dapat bisa diselaraskan. Begitu pun dengan desain rumah lainnya. Intinya, kehadiran kanopi ini mampu memperkuat karakter rumah. 

Baca juga: 7 Jenis Material Atap Rumah yang Aman & Kokoh

Di samping desain, kalian juga perlu memperhatikan material atap kanopi. Terdapat berbagai jenis material yang tersedia di pasaran, dari termurah hingga termahal. Semua ini dapat kalian sesuaikan dengan selera dan bujet. 
Biar enggak bingung, Hyeabis.id  merangkum pilihan atap kanopi untuk hunian kalian. Dihimpun dari ragam sumber, berikut informasi selengkapnya. 


1. Atap Kanopi Polycarbonate

Atap kanopi polycarbonate, seperti solartuff dan solarflat, bisa jadi pilihan untuk kanopi kalian. Material ini berasal dari polimer yang serupa dengan kaca bening. Atap kanopi polycarbonate memiliki berbagai pilihan warna seperti biru, transparan, putih, dan cokelat.  Keunggulan polycarbonate terletak pada ketahanannya terhadap panas, pemasangan mudah, kokoh, dan ringan. Kelemahan atap ini ada pada estetikanya yang kian memudar, seiring waktu. 


2. Atap Kanopi Kaca

Tidak hanya untuk jendela, material ini juga bisa digunakan untuk atap kanopi. Kelebihan kanopi kaca ada pada tampilannya yang tampak mewah dan elegan. Meski begitu, kanopi kaca membutuhkan perawatan ekstra, karena karakteristiknya yang mudah pecah. Di samping itu, kalian juga mesti rajin membersihkannya dari sampah dedaunan yang biasa tersangkut. 


3. Atap Kanopi Alderon

Atap berbahan alderon ini cukup direkomendasikan. Terbuat dari uPVC, atap kanopi alderon punya kelebihan pada kemampuannya meredam suara air hujan, udara panas, dan perawatan yang minim. Daya tahan atap ini juga dapat diandalkan, karena tak mudah rusak ketika diterpa sinar matahari dan hujan. Diperkirakan, atap kanopi jenis ini mampu bertahan hingga 100 tahun. Dengan segala keunggulannya, atap ini terbilang mahal. 


4. Atap Kanopi Kain

Jangan salah, kain juga bisa dijadikan material untuk atap. Atap jenis ini biasa  dikenal dengan nama auning kain. Bahan yang digunakan khusus, sehingga dapat mencegah atau meredam air hujan dan sinar matahari. Kalau kalian melihat kanopi kafe-kafe yang bergaris-garis, itulah auning kain. Atap kain banyak digunakan untuk kafe atau restoran karena memiliki tampilan menarik. Namun, tak salah juga bila  kalian pasang di rumah. 


5. Atap Kanopi Spandek

Penutup kanopi jenis ini cukup populer, karena murah dan mudah dipasang. Kanopi spandek atau zincalume ini terbuat dari seng, alumunium, dan silikon. Cuma, kekurangannya atap ini menyerap panas dan tipis, sehingga mudah penyok. Bukan cuma  itu, ketika hujan, atap jenis ini begitu berisik.

Baca juga: Penggunaan Asbes untuk Atap Rumah Ancam Kesehatan, Perlu Regulasi Khusus

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Inspirasi Aroma Tiga Bunga dalam Koleksi Busana Rancangan Didiet Maulana, Albert Yanuar dan Lisa Ju

BERIKUTNYA

Cukup Pakai Ember Kecil, Begini Pola Penyebaran Nyamuk Wolbachia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: