Beberapa fitur baru di Tinder. (Sumber gambar: Tinder)

Tinder Luncurkan Fitur-Fitur Baru untuk Tonjolkan Sisi Autentik & Unik Pengguna

23 November 2023   |   21:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ketika mencari pasangan di aplikasi kencan, foto profil biasanya menjadi hal utama yang menarik perhatian. Orang akan mudah lebih dulu menilai seseorang dari fotonya. Namun, kini, banyak yang mulai mempertimbangkan hal-hal lain dalam mencari pasangan di aplikasi kencan, seperti kesamaan minat dan tujuan.

Dengan kecanggihan teknologi, aplikasi kencan kini memungkinkan seseorang untuk bisa lebih mengenal orang lain lebih mendalam, seperti minat, mindset, dan keunikan, alih-alih hanya menilainya dari tampilan foto.

Layanan kencan daring Tinder baru saja memperkenalkan serangkaian fitur profil dan penemuan baru, untuk membantu pengguna menunjukan berbagai sisi tersebut, agar bisa membangun koneksi yang lebih autentik dan bermakna.

Laporan Tinder Future of Dating mengungkap sebanyak 69% pengguna Generasi Z menyatakan bahwa standar berkencan perlu diperbarui agar sesuai dengan situasi yang lebih modern dan beragam. Menurut mereka, banyak aspek dari manusia yang tidak bisa terwakili hanya lewat foto, sehingga hal itu mengubah cara mereka berkencan secara daring.

"Di Tinder, kami paham kalau menjalin koneksi zaman sekarang adalah tentang autentisitas, koneksi yang dalam, dan keinginan untuk punya hubungan yang tidak sekedar di permukaan saja," kata Kepala Bagian Produk di Tinder, Mark Van Ryswyk, dalam keterangan resminya.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Tinder (@tinder)



Mark juga mengungkapkan kalau pengguna aplikasi saat ini lebih memprioritaskan beberapa karakter seperti respect atau sikap hormat sebagaimana dipilih oleh 78% responden, pemikiran yang terbuka (61%), dibandingkan hanya melihatnya dari segi penampilan (56%). Pengguna kini peduli tentang hubungan autentik yang terbentuk dari minat dan tujuan yang sama, dan tidak punya waktu untuk hubungan yang main-main seperti generasi sebelumnya.

"Mereka ingin menunjukkan diri mereka serealistis mungkin dan berharap hal yang sama dari orang lain. Fitur baru ini membantu pengguna menampilkan hal-hal yang membuat mereka unik dengan cara yang lebih seru dan asyik," katanya.

Baca juga: Waspada Romance Scam di Aplikasi Kencan, Kenali Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

Lantas, fitur-fitur apa sajakah yang dirilis Tinder itu? Berikut adalah informasi selengkapnya.

1. Prompts Tentang Saya
Fitur ini dibuat untuk menunjukkan kepribadian pengguna. Memulai obrolan di aplikasi kencan bisa jadi hal yang sulit, terutama jika kenalanmu tidak tahu banyak tentang kalian. Nah, fitur Prompts Tentang Saya ini bisa membantu pengguna untuk mengekspresikan kepribadian mereka yang unik, mulai dari hal-hal yang humoris sampai percakapan yang lebih dalam. 

Dengan memilih dan merespons Prompts yang ada di profil, pengguna bisa mulai obrolan seru dan mengenali satu sama lain lebih mendalam. Adapun, tiga Pertanyaan Prompts paling populer secara global adalah, "Kunci membuka hatiku adalah”, “Kalau gak di rumah, kamu bisa cari aku di”, dan “Dua kejujuran dan satu kebohongan”. 

2. Kuis Profil
Fitur satu ini memungkinkan pengguna untuk lebih saling mengenal satu sama lain. Pengguna bisa menemukan potensi kecocokan dengan calon pasangan lewat kuis seru, yang membuat kamu harus menjelaskan tentang dirimu. Bagikan jawaban kuis di profilmu, untuk memberikan sedikit gambaran tentang preferensi dan kesukaan kamu kepada calon jodoh.

3. Label Informasi Dasar
Fitur ini dibuat agar pengguna bisa lebih detail menceritakan siapa sosoknya. Pengguna bisa mencantumkan informasi penting, mulai dari hewan peliharan dan kebiasaan olahraga, hingga zodiak dan bahasa cinta. Memasang label di profil bisa membantu menceritakan dirimu dengan lebih mudah, sekaligus membantu jadi lebih paham sosok calon pasangan. 

4. Sistem Pelaporan yang Lebih Baik
Di samping fitur-fitur untuk menunjukkan sisi autentik pengguna, Tinder juga meningkatkan sistem pelaporan dengan elemen-elemen profil secara spesifik agar lebih aman dan nyaman. Melaporkan profil seseorang tetap bisa dilakukan seperti biasa, tapi sekarang kalian juga punya opsi lebih banyak untuk melaporkan hal yang spesifik dari profil seseorang.

5. Tampilan yang Lebih Menarik
Tinder juga membuat desain tampilan aplikasi baru. Aplikasi berwarna merah itu melakukan pembaruan antarmuka pengguna (UI) yang lebih baik, animasi yang lebih canggih, dan layar baru nan ikonik "It's a Match!", yang diciptakan untuk membuat setiap Like (Suka) atau Nope (Enggak) di Tinder jadi lebih menarik.

6. Mode Gelap
Selain tampilan, aplikasi itu juga membuat fitur mode gelap agar pengguna bisa menggunakan layanan dengan lebih nyaman saat minim cahaya. Pengguna bisa menggunakan mode gelap yang bisa diakses lewat pengaturan Tinder. Tinder mengklaim menjadi satu-satunya aplikasi kencan yang punya fitur ini.

Baca juga: Sambut Hari Keuangan Nasional, Intip Kiat Kelola Keuangan Untuk Pasangan Muda

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Roni Yunianto

SEBELUMNYA

Ternyata Chris Martin Kepincut Lagu Aduh Punya Maliq & D’Essentials, Bakal Dirilis Besok

BERIKUTNYA

Teaser Diluncurkan, Gyeongseong Creature Singkap Misteri Kelam Berlatar Sejarah di Seoul

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: