Ilustrasi pasangan. (Sumber gambar: Priscilla du Preez/Unsplash)

Waspada Romance Scam di Aplikasi Kencan, Kenali Ciri-ciri dan Cara Menghindarinya

28 August 2023   |   22:59 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Tinder terus berupaya untuk menciptakan ruang kencan online yang inklusif sekaligus aman bagi para penggunanya. Aplikasi tersebut baru saja merilis sebuah kampanye untuk meningkatkan kesadaran publik terkait pencegahan romance scam atau penipuan asmara di empat negara di Asia Tenggara yaitu Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Singapura.
 
Kampanye yang berlangsung hingga 6 September itu dibuat untuk mengedukasi para pengguna terkait sumber penting atau resources yang dapat diakses di aplikasi tersebut. Selama kampanye berlangsung, pengguna akan menerima peringatan (alert) saat membuka aplikasi Tinder, di mana mereka diarahkan untuk membaca dan memahami informasi yang lengkap terkait romance scam.
Penipuan asmara atau romance scam sendiri merupakan tindakan seseorang yang menyamar dengan identitas palsu di sebuah aplikasi kencan untuk memulai sebuah hubungan manipulatif. Para pelaku romance scam ini lantas akan menipu atau melakukan tindakan kejahatan setelah korbannya hanyut dalam hubungan palsu yang mereka buat.
 

Sumber gambar: Tinder

Sumber gambar: Tinder

Pada awal tahun ini, perusahaan induk Tinder, Match Group, mengumumkan bahwa para perusahaannya terus melakukan investasi untuk menyempurnakan perangkat machine learning yang secara proaktif mendeteksi, mencegah, dan menghapus spam di seluruh portofolio aplikasi milik Match Group.
 
Setiap menitnya, ada 44 akun spam yang dihapus dari seluruh aplikasi sebagai upaya untuk membantu mengurangi akun yang dicurigai sebagai penipu, baik yang diblokir saat mendaftar atau sebelum pengguna melihatnya. Selain itu, hampir 5 juta bot dan akun spam telah dihapus sepanjang Januari-Maret 2023, sebelum akun memperoleh akses ke platform atau segera setelah pendaftaran, sebagai upaya untuk mencegah potensi bahaya.
 
Ciri-ciri Pelaku Romance Scam
Untuk melindungi para pengguna, Tinder memberikan beberapa kiat untuk mengenali para pelaku romance scam dalam aplikasi kencan online. Beberapa tanda bahwa yang harus kalian waspadai yakni meminta dengan cepat kontak pribadi seperti nomor telepon, memiliki citra yang tampak terlalu sempurna, dan cenderung menghindar ketika diajak untuk bertemu secara langsung.
 
Selain itu, beberapa tanda lainnya yang juga patut diwaspadai adalah ketika mereka meminta informasi pribadi seperti KTP atau passport, sering meminta bantuan dalam urusan keuangan, dan cenderung menjanjikan kehidupan yang sempurna ketika menjadi pasangan.
 
Tips Terhindar dari Romance Scam
Selain informasi terkait ciri-ciri pelaku romance scam, Tinder juga memberikan sejumlah kiat untuk terhindar dari hal tersebut seperti berikut ini.
 
1. Gunakan insting
Terkadang, intiusi atau insting adalah nasehat terbaik yang berasal dari diri sendiri. Selalu bersikap waspada terhadap pengguna yang dianggap mencurigakan. Jika kalian merasa tidak nyaman, jangan ragu untuk memblokir akunnya atau melaporkannya kepada pihak Tinder.
 
2. Cek foto profil
Para penipu asmara di aplikasi kencan daring acapkali tidak menampilkan foto asli mereka. Sebaliknya, mereka akan menggunakan foto orang lain untuk melancarkan aksinya. Untuk melindungi diri sendiri, tak ada salahnya kalian mencari tahu lebih jauh dengan mengecek akun media sosial mereka yang lain.
 
3. Pastikan latar belakangnya
Sama seperti sedang mencari calon pasangan di kehidupan nyata, kalian juga perlu untuk tahu terhadap orang terdekat kalian di aplikasi kencan daring. Cari tahu sebanyak-banyaknya terkait latar belakang mereka, dengan memberikan sejumlah pertanyaan yang spesifik.
 
4. Jaga unggahan di media sosial
Para penipu juga bisa menggunakan informasi yang kalian bagikan di media sosial atau aplikasi kencan daring untuk melancarkan aksi penipuan mereka. Oleh karena itu, hindari membagikan informasi detail di jagat maya seperti alamat rumah, kantor, dan rutinitas kalian.
 
5. Hindari kirim uang
Tinder juga menyarankan para pengguna untuk jangan pernah mengirimkan uang kepada seseorang yang dikenal melalui aplikasi. Termasuk, hindari menginformasikan terkait nomor kartu kredit, rekening bank, dan informasi asuransi.
 
Selain menerapkan sejumlah kiat tersebut, kalian juga bisa memanfaatkan beberapa fitur di Tinder untuk terhindar dari romance scam seperti blokir kontak, fitur verifikasi, fitur pelaporan, dan Garbo.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Jadi Single Utama Album Golden Age, NCT U Tampil Swag & Energik dalam Video Klip Baggy Jeans

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Hotel dengan Pemandangan Terindah di Dubai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: