Ilustrasi Tinder. (Dok. Yogas Design dari Unsplash)

Tinder Hadirkan Notifikasi untuk Pengguna Sebelum Kirim Pesan

20 May 2021   |   21:41 WIB

Genhype, pernahkah kalian memakai aplikasi layanan pencarian sosial, Tinder, dan suka mendapatkan berbagai pesan yang kurang enak dilihat di aplikasi kencan tersebut? Nah, bila pernah, pihak pengembang aplikasi ini akhirnya merilis satu fitur bernama Are You Sure? untuk membuat penggunanya merasa nyaman.

Fitur ini akan mendeteksi adanya pesan dengan nada menyinggung yang kemudian memunculkan satu  pesan notifikasi ketika sistem kecerdasan buatan yang dilatih Tinder menemukan pesan tersebut.

Dikutip dari The Verge, fitur ini menanyakan tindakan pengguna yang akan membuat mereka berhenti sejenak sebelum memutuskan apakah akan mengirimkan pesan tersebut atau tidak.

Fitur ini rencananya akan segera dirilis meski belum diketahui secara spesifik persebarannya dan dipastikan menjadi salah satu solusi dari upaya pengurangan berbagai pesan bernada kebencian dalam platformnya.
 

Fitur Are You Sure? di Tinder. (Dok. Tinder)

Fitur Are You Sure? di Tinder. (Dok. Tinder)


Berdasarkan hasil uji coba (beta test) yang dilakukan pada fitur ini, hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang melihat notifikasi tersebut memiliki risiko yang rendah untuk dilaporkan karena pengiriman pesan selama beberapa bulan berikutnya. Ini membuat Tinder berasumsi bahwa pengguna akan menyesuaikan perilakunya untuk jangka panjang.

Tinder bukanlah pengembang aplikasi pertama yang mengusung notifikasi ini. Sebelumnya, beberapa aplikasi seperti Instagram telah meluncurkan konsep serupa untuk pengunggahan caption yang menyinggung pada 2019.

Sistem ini akan menyembunyikan komentar menyinggung secara otomatis jika sistem kecerdasan buatan mereka mendeteksi adanya komentar tersebut. Instagram kemudian mengembangkannya ke arah pemblokiran kata kunci yang sengaja disalah ejakan.

Meski Tinder belum membuat fitur pemblokiran pesan, tapi fitur yang hadir saat ini bisa mendorong penggunanya untuk berpikir ulang dalam mengirimkan pesan sehingga menciptakan ekosistem aplikasi yang aman dan lebih ramah. Semoga saja fitur ini membantu ya.

Editor: Roni Yunianto

 

 

SEBELUMNYA

Seram! Film Trilogi Fear Street Hadir di Netflix Juli 2021

BERIKUTNYA

Yuk Kenal Lebih Dekat dengan 5 Destinasi Super Prioritas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: