Jalan Jajan di Kota Mekah dan Madinah (Sumber Foto: Unsplash/Omer F. Arslan)

Rekomendasi Tempat Menarik di Makkah & Madinah Arab Saudi

26 November 2023   |   21:00 WIB

Berkunjung ke Makkah dan Madinah, Arab Saudi untuk beribadah umroh tentu merupakan suatu hal yang diimpikan untuk semua kaum muslimin di dunia. Beribadah dan menghabiskan waktu di dua kota ini adalah hal yang paling menyenangkan.

Sekarang ini kemajuan sarana dan prasarana baik ibadah dan wisata di Saudi Arabia sangat berkembang pesat, sambil fokus beribadah, kita juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi bagi jamaah umroh. Yuk intip rekomendasi tempat menarik saat berkunjung ke Makkah dan Madinah.

Baca juga: 10 Aturan Baru Arab Saudi Sambut Ramadan, Tidak Ada Bukber di Masjid
 

1. Kopi di Barns Coffee Madinah

 

Barns Coffee Madinah

Saat berkunjung ke Madinah, tepatnya di pelataran Masjid Nabawi jangan lupa mampir ke kopi yang satu ini berlokasi di gate 333 Masjid Nabawi Madinah. Di sana kita akan menemukan coffeeshop mungil di antara pertokoan, yaitu Barns.

Kedai kopi ini sangat diminati oleh masyarakat lokal dan juga para jemaah umroh dari berbagai negara. Salah satu menu yang menjadi rekomendasi adalah Spanish Latte with Caramel Extras seharga 16 SAR. Kopinya legit dan nikmat dan memberikan kesan yang sangat indah di hati, karena minum kopi dengan pemandangan Masjid Nabawi yang indah.


2. Makan ayam di Albaik

 

Al Baik Store di Haraimain Railways Station Madinag

Albaik, restoran cepat saji di Saudi Arabia ini kerap diburu oleh pencinta kuliner ketika berada di Tanah Suci. Restoran dengan main menu ayam dan nugget filet ini dapat ditemukan baik di Makkah maupun Madinah, tokonya cukup banyak tersebar baik di pusat perbelanjaan, stasiun kereta cepat ataupun bandara.

Ada yang membedakan menu daru Albaik Makkah dan Madinah. Kalau Makkah, kita akan menemukan menu potongan ayam goreng, tetapi kalau di Madinah, menu utamanya adalah nugget fillet. Tidak tersedia ayam goreng. Setiap pembelian paket Albaik akan disertai dengan plain bun, fries dan juga saus khas Al Baik, serta tidak lupa Garlic Sauce sebagai pelengkap, kisaran harga per paket Al Baik adalah sekitar 16 sd 20 SAR.

 

3. Makan Besar DI Dar Al Safwa Towers, Makkah

 

Paradise Food Dar Al Safwa Towers Mekah

Sudah menjadi tradisi bahwa makanan yang dijual di Makkah dan Madinah memiliki porsi yang melimpah. Bahkan bisa untuk 2-3 orang, Salah satu rekomendasi food court untuk makan siang dan malam di Makkah berlokasi di Dar Al Safwa Towers Makkah. Tepatnya, di depan pintu keluar Masjidil Haram. Tanda untuk mempermudah pencarian tower ini adalah persis di belakang Toilet 3.

Lalu naik ke lantai 2 menuju food court dan kita akan menemukan deretan tenant makanan khas Timur Tengah. Salah satu yang selalu ramai adalah tenant Paradise, kita bisa memilih aneka nasi khas Timteng, seperti nasi bukhari, nasi Biryani, dengan aneka lauk seperti daging kambing, daging ayam, daging sapi atau seafood sebagai pelengkap.

Tersedia juga side dish lain yang tak kalah enak ada makaroni, fries dengan potongan yang besar serta aneka minuman seperti juice buah dan air mineral, untuk seporsi makanan dengan lauk berkisar antara 35-50 SAR. Sangat cocok dimakan bersama dengan teman atau keluarga seusai pulang sholat di Masjidil Haram.
 

4. Berbelanja Parfum di Al Musbah Blend

 

Al Musbah Blend Parfum

Arabian parfum kini wanginya lebih universal, sudah tidak selalu wewangian oud, meskipun di setiap series yang dikeluarkan oleh brand-brand parfum pasti ada satu yang memiliki oud scent, Al Musbah Blend.  

Tokonya bisa ditemukan di Grand Zam-Zam Mall lantai dasar, tetapi Pop Up Store nya tersebar di beberapa pusat perbelanjaan di sekitaran kota Makkah seperti di Dar Al Safwa Towers, Grand Zam Zam atau pun di pertokoan Museum Hira Cave. Jika sedang melakukan city tour ke Gua Hira, harga parfum start from 35 SAR. 

 

5. Pop Corn Enak di Lorong Bawah Tanah Masjidil Haram

 

(Foto-foto: Dok. Pribadi)

Begitu banyak nya akses yang dapat di tempuh jika menuju ke Masjidil Haram, salah satunya adalah akses melalui lorong yang menyambungkan area Masjidil Haram dengan hotel Le Meridien Makkah, terdapat satu lorong basement yang bisa ditemukan di bawah Dar Al Safwa Towers menggunakan eskalator.

Sepanjang lorong terdapat pintu-pintu basement hotel dan juga aneka store jajanan salah satunya yang menarik perhatian adalah Deep Corn, yaitu store olahan jagung yang diolah menjadi Pop Corn aneka rasa seperti caramel, butter, pizza dan barbeque serta jagung manis yang direbus dan disajikan dengan keju, kisaran harganya sekitar 8-10 SAR. 

Nah, kira-kira beberapa tempat di atas menarik bukan untuk dikunjungi saat beribadah umroh, kita bisa mendatangi nya saat waktu-waktu senggang selepas beribadah di Makkah dan Madinah, semoga yang membaca ini bisa disegerakan untuk umroh dan mendatangi tempat-tempat rekomendasi di atas ya! Aamiin.

(Foto-foto: Dok. Pribadi)

Baca juga: 5 Fakta Unik Terayacht Pangeos, Kapal Pesiar Raksasa Milik Arab Saudi

Disclaimer: Seluruh konten dalam tulisan ini merupakan hasil karya artikel yang bersangkutan sebagai penulis independen. Hypeabis.id tidak bertanggung jawab jika di kemudian hari terdapat kekeliruan atau gugatan dari pihak lain.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Diputar Perdana di JAFF 2023, Cek Sinopsis Film Ali Topan Besutan Sutradara Sidharta Tata

BERIKUTNYA

Ternyata Teknologi Ini yang Bikin Panggung Coldplay Megah di Jakarta

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: