Karakter Ali Topan akan hadir sebagai crossboy yang secara umum merepresentasikan realitas hari ini. (sumber gambar Visinema Pictures)

Diputar Perdana di JAFF 2023, Cek Sinopsis Film Ali Topan Besutan Sutradara Sidharta Tata

23 November 2023   |   16:01 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Film Ali Topan karya sutradara Sidharta Tata akan debut perdana dalam festival Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF). Ali Topan bakal menjadi salah satu dari ratusan film yang akan diputar pada festival internasional itu pada 25 November-2 Desember 2023.

Sutradara film Ali Topan, Sidharta Tata mengatakan, filmnya memiliki perbedaan nyata dari Ali Topan versi sebelumnya. Adapun, film yang diangkat dari novel populer karya Teguh Esha itu juga bakal hadir dengan cerita yang seru dan unik.

Baca juga: JAFF 2023 Bakal Dibuka Film Auto Bio Pamphlet & Ditutup dengan 13 Bom di Jakarta

Menurut Tata, karakter Ali Topan di novel aslinya Teguh Esha memang hadir sebagai penanda zaman di era itu.  Namun, dalam film terbarunya karakter Ali Topan akan hadir sebagai crossboy atau anak motor yang secara umum juga merepresentasikan realitas hari ini.

"Film ini juga sangat dekat dengan anak muda masa kini yang akrab dengan musik dan tongkrongan. Oleh karena itu aku pikir Ali Topan adalah representasi dari aspirasi anak muda hari ini," katanya.
 
 

Sementara itu, Jefri Nichol yang memerankan karakter Ali Topan juga mengaku senang dengan diputarnya film ini di festival JAFF. Menurutnya, tokoh yang diperankan kali ini memang dikenal sebagai sosok yang kritis, dan memiliki semangat perubahan yang tinggi.

"Spiritnya Ali Topan itu simbol pemberontakan, ya. Dia rebel tapi punya alasan yang dengan tindakannya. Jadi  gue suka banget dengan karakter ini," kata aktor kelahiran Jakarta itu.

Film Ali Topan diangkat dari novel karya penulis Teguh Esha dengan judul yang sama dan dibintangi aktor dan aktris papan atas Indonesia. Termasuk Ari Sihasale, Lutesha, Onadio Leonardo, Reza Hilman, Omara Esteghlal, Bebeto Leutualy dan Axel Matthew.

Film produksi Visinema Pictures ini akan mengisahkan percintaan antara Ali Topan dan Anna Karenina yang tidak disetujui oleh orang tua si gadis karena dianggap dianggap berandalan, karena pergi dari rumah dan memilih hidup di jalanan.

Ya, Ali adalah seorang anak muda yang tinggal di komunitas Blok M serta menjalankan acara musik. Meski dianggap nakal,  kebaikannya terhadap orang lain membuatnya menjadi karakter Robin Hood dan disenangi oleh liyan.

Alih-alih hidup bergelimang harta, Ali memang memilih hidup di jalan karena di sana dia memperoleh pelajaran hidup dan kehangatan yang tak bisa didapatkan dari keluarganya yang berantakan. Terutama di bawah asuhan Opung Brotpang, seorang seniman yang disegani anak-anak muda.

Sebelumnya, dalam video di balik layar (behind the scene) terbaru yang dirilis Visinema Pictures, Rabu (22/11/23), Jefri Nichol sebagai Ali Topan juga tampil bergaya anak muda zaman sekarang bersama motor dan teman-temannya di jalanan.

Lantas, apakah kisah cinta antara Ali Topan dengan Anna Karenina akan berakhir bahagia? Nah, bagi Genhype yang penasaran langsung saja ya nanti merapat ke festival Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) yang tahun ini mengangkat tema Luminescence atau pendaran.

Adapun tema tersebut dipilih untuk mengedepankan pentingnya perfilman Asia yang memiliki karakteristik tersendiri, dan terus memancarkan keindahannya ke seluruh penjuru dunia. Tajuk Luminescence juga untuk menggarisbawahi pentingnya perspektif yang inklusif dalam memandang sinema dengan asal-usulnya yang beragam.

Baca juga: Road To JAFF 2023 Hadirkan 2 Film Legendaris Sutradara Wong Kar Wai di 3 Kota Berbeda


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Sudah Bisa Dipesan, Tiket Libur Nataru yang Terjual Lebih dari 100.000

BERIKUTNYA

Rekomendasi Tempat Menarik di Makkah & Madinah Arab Saudi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: