Joaquin bersama sutradara Ridley Scott (Sumber gambar: napoleon.movie)

Profil Joaquin Phoenix Pemeran Utama di Film Napoleon

22 November 2023   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Aktor Joaquin Phoenix dalam beberapa waktu belakangan menjadi perbincangan lantaran perannya dalam film besutan sutradara Ridley Scott berjudul Napoleon. Di film ini, sang aktor memainkan peran sebagai Kaisar Napoleon Bonaparte yang sangat terkenal dari Prancis.

Napoleon merupakan film terbaru dari Joaquin yang akan rilis pada November 2023. Film ini bercerita tentang karier sang jenderal dari awal sampai masa kejayaannya, termasuk ketika dia turun dari singgasananya.

Baca juga: Mengenal Napoleon Bonaparte, Tokoh yang Diperankan Joaquin Phoenix dalam Film Terbaru

Beradu peran dengan aktris Vanessa Kirby, Napoleon merupakan film terbaru dari sang aktor pada tahun ini. Sebelum memerankan Napoleon Bonaparte, Joaquin telah memainkan ragam film sepanjang kariernya.

Beberapa di antara film itu mengantarnya masuk sebagai nominasi dan meraih sejumlah penghargaan, seperti Piala Oscar atau Academy Awards. Dia pernah menjadi nominasi pada 2001 melalui film Gladiator untuk kategori Best Actor in a Supporting Role. Lima tahun berselang atau 2006, dia kembali menjadi nominasi lewat film Walk the Line.

Saat itu, sang aktor masuk nominasi untuk kategori Best Performance by an Actor in a Leading Role. Dia masuk nominasi Piala Oscar pada 2013 untuk kategori Best Performance by an Actor in a Leding Role lewat The Master.

Pada 2020, setelah menjadi nominasi dalam beberapa kali, perannya sebagai Joker mengantarkannya menjadi aktor terbaik di ajang Piala Oscar. Dia berhasil meraih Piala Academy Awards kategori Best Performance by an Actor in a Leading Role lewat film berjudul Joker.

Peran Joaquin di industri perfilman bisa dikatakan sangat luas. Dia tercatat telah memainkan banyak film dengan berbagai genre. Saat debut, bersama dengan sang saudara, dia bermain dalam serial berjudul Seven Brides for Seven Brothers pada 1982.

Dua tahun berselang, dia berhasil menjadi pemeran utama dalam ABC Aftershcool Special tentang diseleksia. Joaquin baru membuat debut film pada 1986 melalui SpaceCamp. Setelah itu, dia menjadi bagian dalam film Ron Howard’s Parenthood pada 1989.

Sempat vakum dari dunia seni peran, sang aktor kembali ke layar lebar dengan film To Die For pada 1995 dan mendapatkan pujian dari para kritikus. Dalam film ini, dia beradu peran dengan Nicole Kidman dan mendapatkan arahan dari sutradara GusVan Sant.

Kariernya dalam seni peran melambung kala memerankan kaisar Romawi Commodus dalam film berjudul Gladiator pada 2000. Dia berhasil masuk nominasi Piala Oscar untuk aktor pendukung terbaik.

Setelah itu, sejumlah sineas kian intens memperhatikannya sebagai salah satu aktor yang patut diperhitungkan. Film – film yang diperankannya adalah seperti Quils (2000), Buffalo Soldiers (2001), Hotel Rwanda (2004), dan sebagainya.

Pencapaian tertinggi sang aktor adalah ketika memainkan film psychological thriller yang berjudul Joker pada 2019. Pada saat itu, Joaquin yang berperan sebagai Joker berhasil mengundang decak kagum banyak pihak melalui perannya.

Film yang dibintanginya itu pun masuk dalam jajaran box office dengan pendapatan tertinggi. Laman Box Office Mojo mencatat film tersebut meraih perkiraan pendapatan kotor sebesar US$1,08 miliar di seluruh dunia.

Pendapatan itu membuat film yang dibintanginya itu menempati posisi 6 dengan pendapatan tertinggi di antara karya yang rilis pada saat itu. Film itu juga mengantarkannya meraih Piala Oscar sebagai aktor terbaik.

Baca juga: Sinopsis Film Napoleon, Duet Sutradara Ridley Scott dan Aktor Joaquin Phoenix

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

MD Pictures Rilis Trailer Resmi Film Ancika 1995, Tayang Januari 2024

BERIKUTNYA

Tidak lagi Eksklusif, ChatGPT Voice Kini Gratis Untuk Semua Pengguna Android & iOS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: