Film Napoleon akan tayang di bisokop Indonesia, 29 November 2023. (Sumber gambar: Sony Pictures)

Segera Tayang di Bioskop, Joaquin Phoenix Sebut Film Napoleon Bukan Sekadar Biopik

28 November 2023   |   14:20 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Kisah epik tentang sejarah dunia telah banyak dialihwahanakan dalam layar sinema. Terbaru, sutradara kawakan Ridley Scott akhirnya kembali mengeksplorasi narasi visual sosok kaisar legendaris asal Prancis, Napoleon Bonaparte, yang akan tayang di bisokop Indonesia pada Rabu (29/11/2023).

Sesuai judulnya, film ini terinspirasi dari kisah nyata Le Petit Caporal yang dikenal sebagai ahli taktik ulung itu. Tak tanggung-tanggung, Scott juga berencana menjadikan film ini sebagai saga epik dengan pengalaman sinematik yang mendalam.

Baca juga: Serba-serbi Film Napoleon Karya Ridley Scott, Dapat Kritik Negatif di Prancis

Kiwari, Scott bahkan kembali mendapuk Joaquin Phoenix untuk memerankan karakter Napoleon Bonaparte. Lewat trailer, dapat dilihat bagaimana Phoenix tampak piawai memainkan mimik dari karakter pemimpin perang revolusioner itu baik saat di momen perang atau di ruang istana.

Adapun, dalam film ini, Phoenix akan beradu akting dengan Vanessa Kirby yang berperan sebagai istri dari Napoleon I, Joséphine de Beauharnais. Sementara itu, Tahar Rahim berperan sebagai Paul Barras, seorang komisaris tentara revolusioner yang mengangkat Napoleon menjadi seorang jenderal. 

Selain itu, Ben Miles, aktor Inggris yang terkenal karena karyanya di panggung dan layar, berperan sebagai Caulaincourt, penasihat dekat Napoleon. Perwira militer dan diplomat itu memang dikenal sebagai salah satu sekutu politiknya yang paling setia di Kekaisaran Pertama Prancis. 
 
 


Film Napoleon akan fokus berkisah pada naiknya sang kaisar itu ke tampuk kekuasaan selama Revolusi Perancis. Selain itu, untuk memberi bumbu romantisme, di dalamnya juga dielaborasi mengenai intrik dan kisah percintaannya dengan Joséphine de Beauharnais yang banyak memengaruhi kariernya.

Kehadiran Vanessa Kirby sebagai Joséphine  digadang memang memberikan sentuhan emosional dan keseimbangan dalam film ini. Aktris berbakat yang dikenal lewat perannya dalam The Crown (2016) dan Mission: Impossible (2018) disebut berhasil membawa karakter Joséphine dengan sangat baik.

Kendati begitu, dalam sebuah wawancara dengan Empire, Joaquin Phoenix mengatakan bahwa film terbarunya itu bukanlah film biografi sejarah pada umumnya. Melainkan, sang sutradara ingin menggambarkan sesuatu, lebih dari sekadar biopik sosok Napoleon.

"Kalau Anda benar-benar ingin memahami [film] Napoleon, maka Anda sebaiknya melakukan riset dan membaca sendiri mengenai sejarah dari tokoh yang saya perankan" kata Phoenix.

Setali tiga uang, menurut Vogue, film berperingkat 'R' ini disebut berpotensi menjadi salah satu film yang mengundang diskusi tentang sejarah ketokohan. Tak hanya itu, meski menggunakan negara Prancis sebagai latar, tapi bahasa yang dibawakan dalam film ini tetap menggunakan bahasa Inggris.

Napoleon juga menjadi momen reuni Ridley Scott dan Joaquin Phoenix yang sebelumnya bekerja sama dalam Gladiator (2000). Film ini pun bakal kembali mempertemukan Scott dengan penulis naskah David Scarpa. Keduanya pernah terlibat penggarapan film All the Money in the World (2017).

Selain sutradara, Scott juga akan bertindak sebagai produser bersama dengan Mark Huffam dan Kevin J. Walsh. Winston Azzopardi, Raymond Kirk, dan Janine Modder akan berperan sebagai co-producer. Adapun Aidan Elliott juga didapuk menjadi produser eksekutif untuk film yang kini ramai dibincangkan netizen itu. 

Menurut laman Boxoffice Mojo, sejak tayang perdana pada 22 November 2023, sejauh ini film Napoleon telah berhasil meraup sekitar $32,5 juta atau Rp503 miliar di Pasar AS. Tak hanya itu, film ini juga menambahkan sedikit lebih dari $46 juta dari wilayah luar negeri, dengan total pembukaan global sebesar $79 juta.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

WHO Ungkap Fakta-fakta Tentang Merebaknya Pneumonia China

BERIKUTNYA

Kemenkes Ingatkan Polusi di Dalam Ruangan Sama Bahayanya dengan di Luar Ruangan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: