Napoleon 2023 Poster (Sumber: IMDb/internetmoviedatabase)

Mengenal Napoleon Bonaparte, Tokoh yang Diperankan Joaquin Phoenix dalam Film Terbaru

19 July 2023   |   21:58 WIB

Setelah sukses besar memainkan peran sebagai karakter Joker pada 2019, aktor Joaquin Phoenix akan kembali menyapa penggemar di layar lebar lewat aksinya sebagai tokoh penting dalam sejarah Prancis. Dia bakal memerankan karakter Napoleon Bonaparte dalam film Napoleon

Trailer film tersebut dirilis awal bulan ini tepatnya pada tanggal 11 Juli 2023. Boleh dikatakan, peran yang didapatkan oleh Joaquin Phoenix dalam film ini merupakan pencapaian pertamanya dalam memerankan karakter penting dalam konteks sejarah dunia.

Baca juga: Perankan Karakter Ken di Film Barbie, Simak Kiprah Ryan Gosling dalam Dunia Sinema
 

Dalam film ini, Phoenix akan beradu akting dengan aktris asal Inggris Vanessa Kirby yang berperan sebagai istri dari Napoleon I, Joséphine de Beauharnais. Film ini dijadwalkan akan dirilis tanggal 22 November 2023 di Amerika Serikat.

Produksi dari film ini disutradarai oleh Ridley Scott dan ditulis oleh David Scarpa. Penulisan cerita dalam filmnya diangkat dari kisah nyata berdasarkan sejarah dan riwayat hidup resmi dari Napoleon Bonaparte.

Meskipun film ini, menggunakan negara Prancis sebagai latar tempat, waktu, dan identitas para tokoh, bahasa yang dibawakan dalam film ini akan menggunakan kode verbal Inggris. Sampai saat ini, belum ada informasi resmi terkait pembuatan film versi dubbing terjemahan ke bahasa lain. 
 

Mengenal Napoleon I

Napoleon Bonaparte (1769-1821) atau yang disebut Napoleon I, merupakan seorang pemimpin militer dan kaisar Prancis yang berhasil menaklukan sebagian besar wilayah Eropa pada awal abad ke-19.

Selama revolusi Prancis (1789-1799), Napoleon berhasil naik pangkat dengan cepat ketika ia bergabung dalam kelompok militer. Dia dinobatkan menjadi Kaisar Prancis pada 1804, setelah berhasil melakukan kudeta dan merebut kekuasaan politik Prancis pada 1799.

Berkat kecerdasan, keterampilan, dan ambisi yang dimilikinya, Napoleon dapat mengobarkan perang melawan koalisi negara-negara Eropa dan memperluas kerajaannya.

Namun pada 1813, pasukan Napoleon I mengalami kekalahan dalam pertempuran Leipzig di Jerman, dari koalisi negara-negara Eropa yang mencangkup pasukan Austria, Prusia, Rusia, dan Swedia. Hingga pada 1814, pasukan koalisi tersebut berhasil merebut kota Paris.

Selain itu, Napoleon juga terpaksa turun takhta dan diasingkan ke pulau Mediterania Elba, di pantai Italia. Selama pengasingan, Napoleon diberi kedaulatan penuh atas pulau itu, tapi sayangnya istri dan putranya tidak dapat menemaninya di pulau itu.

Setelah kurang dari setahun dalam pengasingan, pada 26 Februari 1815, Napoleon melarikan diri dari pulau Elba dengan membawa lebih dari seribu rombongan ke daratan Prancis. Sesampai di sana Napoleon mulai melakukan kampanye yang dinamakan kampanye 100 Hari (Hundred Days).

Namun, kembalinya Napoleon ke daratan Prancis tidak direspon baik oleh pasukan koalisi sekutu, sehingga mereka mulai bersiap untuk melakukan peperangan. Napoleon tidak diam saja, dia mulai mengumpulkan pasukan baru dan melakukan strategi untuk menyerang terlebih dahulu.

Sayangnya pada 18 Juni 1815, pasukan Inggris berhasil menghancurkan Prancis di pertempuran Waterloo dengan bantuan Prusia. Akhirnya pada 22 Juni 1815, Napoleon kembali turun takhta dan diasingkan untuk kedua kalinya di pulau Saint Helena yang dikuasai Inggris, sampai akhirnya ia meninggal di pulau tersebut pada 5 Mei 1821, di usianya yang ke 51 tahun.

Kehadiran film ini, pastinya akan mengobati rasa rindu dari para penggemar Joaquin Phoenix dalam melihatnya berakting, sebelum nantinya dia akan kembali di film Joker 2 tahun depan, bersama dengan Lady Gaga, yang akan berperan sebagai Harley Quinn.

Baca juga: Intip Penampilan Pertama Aktor Joaquin Phoenix di Film Joker 2

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Bermula dari Sakit Tumor, Wanita Ini Sukses Kembangkan Produk Personalisasi Herbal

BERIKUTNYA

Eksklusif Profil Seniman Didik Nini Thowok, Melampaui Batas Gender dan Budaya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: