Model ChatGPT Voice yang gratis untuk semua pengguna. (Sumber gambar : OpenAI)

Tidak lagi Eksklusif, ChatGPT Voice Kini Gratis Untuk Semua Pengguna Android & iOS

22 November 2023   |   19:03 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Di tengah pemecatan dan kembalinya Sam Altman sebagai CEO OpenAI, perusahaan teknologi ini memperluas jangkauan kemampuan ChatGPT Voice. Chatbot berupa suara sintetis yang realistis dan diciptakan dalam waktu hitungan detik ini bisa digunakan secara gratis. 

ChatGPT Voice yang bisa digunakan pada sistem Android dan iOS sebelumnya dikenalkan OpenAI pada September 2023. Namun, perusahaan hanya menyediakan fitur tersebut untuk pelanggan plus dan enterprise. 

Baca juga: Reverse Uno Card Sam Altman, Bos ChatGPT Kembali Jadi CEO OpenAI

Hari ini, salah satu pendiri OpenAI Greg Brockmand mengumumkan di aplikasi X (sebelumnya Twitter), bahwa ChatGPT Voice bisa digunakan secara gratis di semua pengguna. “ChatGPT Voice tersedia untuk semua pengguna secara gratis. Cobalah, pengalaman ChatGPT berubah total,” ujarnya, dikutip Hypeabis.id dari X, Rabu (22/11/2023).

Ketika OpenAI pertama kali memperkenalkan obrolan suara, mereka mengakui bahwa kemampuan untuk menciptakan suara sintetis yang realistis dalam beberapa detik menghasilkan risiko baru. Sebagai contoh, memungkinkan pelaku kejahatan siber menyamar sebagai tokoh publik dan menyebarkan informasi palsu hingga malware.

Oleh karena itu, perusahaan memutuskan bahwa fitur ChatGPT Voice akan fokus pada percakapan. Mengutip EndGadget, teknologi ini memiliki kemampuan agar pengguna berinteraksi dengan AI melalui komunikasi lisan, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk mengetik.

Fitur ini menawarkan lima suara berbeda dari Juniper, Sky, Breeze, Ember, dan Cove, yang memberikan pengalaman percakapan dan lebih mirip manusia dibandingkan dengan asisten suara tradisional seperti Siri atau Alexa. Teknologi suara OpenAI, Whisper, mendukung ChatGPT Voice, menganalisis beberapa detik suara orang sungguhan untuk menghasilkan percakapan realistis selama berjam-jam.

Fitur ini juga bisa mendeteksi bahasa secara otomatis, termasuk Bahasa Indonesia. Jawabannya pun akan disesuaikan dengan instruksi yang diberikan.

Untuk mencobanya, pengguna cukup menekan ikon headphone yang ada di samping kolom teks ChatGPT. Sampaikan pertanyaan dan kamu aan menerima jawabannya dalam hitungan detik. 

Peluncuran ChatGPT Voice merupakan langkah strategis OpenAI untuk meningkatkan aksesibilitas dan kealamian interaksi dengan model AI, meskipun tengah terjadi gonjang-ganjing di perusahaan tersebut.

Brockman pun mengumumkan peluncuran ini usai dia meninggalkan kursinya sebagai Presiden OpenAI. Dia berhenti atas kemauannya sendiri setelah dewan perusahaan memecat Sam Altman sebagai CEO. Tak lama setelah dia membuat pengumuman, OpenAI mengumumkan bahwa Altman dan Brockman telah dipekerjakan kembali dan akan kembali ke jabatan mereka.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Profil Joaquin Phoenix Pemeran Utama di Film Napoleon

BERIKUTNYA

10 Skill Penting Bagi Arsitek Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: