Ilustrasi rumah duplex. (Sumber gambar: Ferdinand Asakome/Unsplash)

Apa Itu Rumah Duplex? Yuk Kenali Tipe, Keuntungan dan Kerugiannya

20 November 2023   |   17:48 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Ketika membeli hunian, umumnya orang akan membeli satu rumah saja. Namun, belakangan juga ada yang membeli dua rumah berdampingan. Alasannya, mulai dari ingin memiliki hunian yang lebih luas dengan menyatukan kedua bangunan tersebut atau menjadi investasi agar bangunan lainnya bisa disewakan.

Meski terdiri dari dua properti, hunian semacam itu tetap terkoneksi satu sama lain, bahkan beberapa di antaranya hanya terdiri satu dinding. Jadi, pemilik rumah saling memiliki struktur bangunan tersebut secara bersama-sama. Kondisi semacam ini lazim ditemukan di daerah perkotaan atau pinggiran kota.

Baca juga: Tren Hunian yang Diminati Anak Muda, Lebih Fungsional dan Terkoneksi

Hal inilah yang disebut dengan rumah duplex. Mengutip dari The Spruce, rumah duplex adalah hunian yang terdiri dua unit rumah terpisah yang saling menempel. Dua unit berbeda tersebut membentuk satu bangunan dengan berbagi dinding yang sama, serta ruang luar lainnya seperti jalan masuk atau halaman belakang.

Berbeda dengan gedung apartemen pada umumnya yang dapat menampung beberapa unit individual, istilah duplex secara eksklusif mengacu pada bangunan yang hanya terdiri dari dua unit. Seringkali tampilan eksteriornya simetris, fitur utama rumah duplex adalah dinding bersama antara dua unit tempat tinggal yang terpisah.
 

Ilustrasi rumah duplex. (Sumber gambar: Robert Macleod/Unsplash)

Ilustrasi rumah duplex. (Sumber gambar: Robert Macleod/Unsplash)

Sementara menurut Pemilik We Buy House In Pennsylvania Ryan David, duplex adalah satu rumah atau bangunan tunggal yang memiliki dua ruang tamu terpisah dalam struktur yang sama. "Misalnya, bayangkan sebuah rumah keluarga besar yang dipotong menjadi dua, baik secara vertikal maupun horizontal, yang memungkinkan penyewa berbeda untuk tinggal di rumah terpisah di bawah satu atap," katanya dilansir dari Better Homes & Gardens.

David menjelaskan duplex umumnya terdiri dari dua properti independen khususnya di daerah perkotaan atau pinggiran kota. Dalam situasi ini, properti mungkin dipunyai oleh pemilik yang berbeda berfungsi sebagai townhouse, struktur bangunan independen dengan dinding bersama. 

Baca juga: Hunian Selaras Alam Bakal jadi Tren Arsitektur 2023

Artinya, setiap pemilik berhak atas sebagian dari duplex tersebut dan bukan keseluruhannya. Namun, dalam banyak situasi, duplex juga hanya dimiliki oleh satu orang, dengan dua unit terpisah yang dapat bersebelahan atau ditumpuk, dengan lantai dasar berfungsi sebagai satu unit dan lantai atas berfungsi sebagai unit lainnya.

Selain dinding bersama, dua unit dalam rumah duplex terkadang juga berbagi area lain seperti teras depan, jalan masuk atau tempat parkir, atau halaman belakang yang terbuka dan tidak dipisahkan dengan pagar. Unit-unit tersebut umumnya memiliki denah lantai yang sama dan fasadnya identik pada kedua eksterior unit, sehingga menampilkan kesinambungan visual.

"Banyak orang tertarik dengan duplex karena dapat menjadi elemen sederhana dalam situasi kehidupan keluarga multigenerasi. Alasan lainnya untuk membeli duplex adalah untuk tinggal di separuh properti sambil menyewakan separuh lainnya," kata David.

Tipe-tipe Rumah Duplex
Desain rumah duplex umumnya terdiri dari dua unit tempat tinggal berdampingan atau dua lantai. Melansir dari Housing.com, berikut adalah tiga tipe desain rumah duplex.

1. Rumah duplex standar: Tipe rumah duplex satu ini didesain sebagai rumah dua lantai, dimana satu lantai dihubungkan ke lantai dua melalui tangga. Pada flat duplex, lantai bawah terdiri dari ruang tamu dan dapur, sedangkan lantai atas mencakup kamar tidur dan kamar anak-anak.

2. Rumah duplex tanah: Rumah duplex satu ini dirancang sedemikian rupa sehingga dibangun di lantai dasar hunian, dimana lantai bawah menghadap ke taman dan termasuk kamar tidur. Sementara lantai atas apartemen duplex terdiri dari ruang tamu dan dapur. Rumah duplex jenis ini cocok untuk pemilik rumah yang lebih menyukai taman dan membutuhkan ruang untuk hewan peliharaan.

3. Duplex bertingkat rendah: Desain rumah duplex ini mencakup balkon yang luas dan loteng di lantai dua. Biasanya, rumah duplex dibangun di area yang lebih kecil, dibandingkan dengan jenis rumah duplex lainnya. Namun, pembuatan desain dan gambar rumah duplex kecil ini memerlukan banyak pertimbangan dari para arsitek.
 

Ilustrasi rumah duplex. (Sumber gambar: Travel Cents/Unsplash)

Ilustrasi rumah duplex. (Sumber gambar: Travel Cents/Unsplash)

Keuntungan Rumah Duplex
Salah satu keuntungan utama rumah duplex adalah bisa menjadi investasi yang sangat baik jika kalian membeli kedua unit dan memilih untuk menyewakannya, baik untuk jangka panjang atau sebagai tempat penyewaan sementara.

Konsep duplex juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan serta cara untuk membantu menutupi cicilan hunian sendiri dan menambah pundi-pundi pemasukan sampingan. Selain itu, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mengakomodasi beberapa generasi keluarga di satu properti besar, sementara setiap unit keluarga memiliki ruang hidup terpisah.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari rumah duplex adalah kenyataan bahwa harganya lebih murah dibandingkan membeli rumah keluarga tunggal meski ukurannya lebih besar. Kalian mendapatkan sebagian besar manfaat memiliki rumah untuk satu keluarga tetapi dengan biaya lebih rendah. Sebab, unit di dalam rumah duplex umumnya berukuran lebih kecil daripada rumah keluarga tunggal, dan kalian mungkin harus berbagi beberapa area luar ruangan dengan tetangga atau penyewa.

Kerugian Rumah Duplex
Kerugian utama dari rumah duplex adalah potensi tingkat kebisingan akibat dinding bersama. Hal ini tentu saja tergantung pada penghuni unit yang terpasang dan ruangan yang terkena dampak dinding bersama tersebut. Dalam beberapa kasus, dinding bersama ditempatkan di antara garasi dan ruang non-kamar tidur untuk meminimalkan tingkat kebisingan di kedua unit.

Baca juga: Konsep Rumah Tumbuh, Solusi Tepat Punya Hunian Idaman

Selain itu, potensi kerugian lain dari unit rumah duplex adalah kemungkinan nilai jual kembali yang lebih rendah. Menjual rumah duplex bisa saja menjadi lebih sulit dibandingkan rumah untuk satu keluarga, karena pembeli mungkin merasa terbebani karena memiliki tetangga dekat dan tidak memiliki privasi penuh.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Krafton Kembangkan InZOI, Game Simulasi Kehidupan Calon Pesaing The Sims

BERIKUTNYA

Tengok Koleksi Gaun Nuansa Nusantara Miss Universe Indonesia Fabienne Nicole

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: