Smart home biasanya menerapkan kunci pintar menggunakan perangkat yang terhubung dengan handphone. (Sumber gambar : Unsplash/Sebastian Scholz Nuki)

5 Kiat Ciptakan Smart Home yang Ramah Kantong

25 May 2022   |   19:41 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perangkat rumah pintar terbaik tidak perlu membuat kamu merogoh kocek dalam. Ada sejumlah gawai terjangkau yang dapat kalian gunakan untuk menyalakan lampu, mengubah suhu, memutar musik, dan bahkan mengawasi rumah saat penghuninya pergi.

Smart home alias hunian pintar semakin diminati. Namun kerap kali untuk mewujudkan konsep rumah ini butuh biaya yang besar karena perlu memasang peralatan teknologi yang canggih. 

Namun arsitek Revano Satria mengatakan masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini siapapun bisa mewujudkan smart home impian mereka. Dia mengatakan kini banyak perlengkapan smart home berkualitas dengan harga terjangkau di e-commerce yang dapat dibeli.

Namun demikian, sebelum mulai menciptakan hunian pintar ramah kantong, ini tips dari Revano. 
 

1. Cari tahu keunggulan smart home

Sebelum memutuskan mengadopsi sistem smart home, pastikan bahwa kamu telah memiliki informasi yang cukup mengenai konsep rumah tersebut. Adapun keunggulannya yakni bisa menggunakan gadget nirkabel yang dapat menghemat tenaga dan waktu penghuni. Hunian pun lebih rapi dan tertata.


2. Sesuaikan anggaran

Untuk dapat membangun hunian pintar yang ramah kantong, perlengkapan smart home yang dibeli harus disesuaikan dengan budget yang kita miliki. Setiap berbelanja, jangan lupa untuk melakukan komparasi harga antar barang. 

Jangan khawatir karena kamu bisa menemukan berbagai perangkat dan keperluan smart home yang kamu butuhkan di aplikasi e-commerce seperti storage box, robot vacuum hingga smart door lock, dengan memanfaatkan ragam promo menarik yang ditawarkan.


3. Cari tahu perangkat yang dibutuhkan

Ketahui bahwa tidak ada satu produk yang cocok untuk semua. Cari tahu apa yang benar-benar dibutuhkan untuk hunian kamu. Kamu bisa tentukan ruangan mana yang ingin terlebih dahulu dilengkapi dengan smart home appliances, misal ruang tamu, kamar utama atau kamar anak. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih perangkat yang hendak kamu beli agar sesuai dengan desain area yang ada. Dengan ini, kamu akan semakin memiliki perencanaan serta alokasi dana yang matang. 


4. Pastikan sesuai dengan tipe hunian 

Dalam membangun hunian pintar yang ramah kantong, hal penting yang perlu diperhatikan adalah untuk memastikan bahwa peralatan smart home yang kamu beli sesuai dengan kondisi dan kapasitas rumah sehingga tidak mengganggu ruang dan fungsionalitas hunian. 

Selain menyesuaikan dengan kondisi dan kapasitas rumah, pastikan juga perangkat yang hendak kamu beli cocok dengan tipe hunian kamu. Misalnya, untuk konsep hunian minimalis, pilihlah perangkat dengan warna-warna sederhana agar rumah terkesan simple namun tetap elegan. 


5. Bandingkan fungsi dan kualitas 

Spesifikasi dan kualitas dari produk sangat penting. Carilah produk dengan spesifikasi yang tepat dan harga yang pas serta berkualitas, sehingga dapat kamu gunakan untuk jangka waktu yang lama. 

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Simak Persiapan hingga Bocoran Line-Up Utama Java Jazz Festival 2022

BERIKUTNYA

Menantikan Kolaborasi Musisi Dalam & Luar Negeri di Java Jazz Festival 2022 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: