Ilustrasi daging panggang. (Sumber gambar: Emerson Vieira/Unsplash)

5 Efek Buruk Mengonsumsi Daging Panggang Berlebihan

20 November 2023   |   13:56 WIB
Image
Yulita Theresia Maghi Mahasiswi Jurnalistik Universitas Nusa Nipa Indonesia, Maumere.

Genhype salah satu kuliner yang banyak digemari oleh masyarakat adalah daging yang dipanggang atau dibakar. Cita rasa yang lezat dari daging yang diolesi dengan berbagai rempah ini menjadi pilihan sebagian masyarakat. Beberapa makanan yang dipanggang itu antara lain ikan panggang, sate, steak, dan lainnya.

Namun, mengonsumsi daging panggang dalam jumlah banyak nyatanya dapat menimbulkan berbagai penyakit mematikan. Lantas apa saja bahaya yang dapat mengintai ketika menikmati daging panggang secara berlebihan?.

Baca juga: Kiat Mengolah Daging Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

Yulia Christina S Pareira, dokter umum di Rumah Sakit Lekebai, Kabupaten Sikka menjelaskan daging merupakan salah satu bahan masakan yang banyak ditemui dalam berbagai olahan, salah satunya ialah dengan cara dipanggang. Namun, mengonsumsi daging panggang secara berlebihan dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti kanker.

“Mengonsumsi daging panggang atau bakar secara berlebihan dapat menyebabkan permasalahan pada kesehatan seperti, kanker, asam lambung menjadi naik, darah tinggi, hingga diabetes,” jelas Yulia, Senin (20/11/2023).

Lebih lanjut, Yulia juga menjelaskan berbagai dampak buruk yang ditimbulkan dari mengonsumsi daging panggang secara berlebihan yang harus diwaspadai.


1. Meningkatkan Risiko Kanker

Daging bakar atau panggang  tentu memiliki cita rasa yang unik. Namun, jika daging yang dikonsumsi melalui proses pemanggangan dengan waktu yang lebih lama dan menggunakan api besar dapat menimbulkan kandungan bahan kimia yang menjadi pemicu kanker.

Pasalnya, pada saat proses pemanggangan daging akan mengeluarkan karsinogen berupa amina aromatik heterosiklik dan hidrokarbon aromatik polisiklik. Kedua karsinogen tersebut dapat memicu terjadinya perubahan pada DNA, sehingga menyebabkan kanker.


2. Tekanan Darah Tinggi dan Diabetes

Mengonsumsi daging panggang secara berlebihan juga berisiko memicu tingginya kadar garam dan gula darah yang terkandung dalam bumbunya. Dengan mengonsumsi natrium secara berlebihan, tentu akan membuat seseorang berisiko terkena tekanan darah tinggi. Sedangkan mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes.


3. Sembelit

Asupan daging memang bermanfaat bagi tubuh. Namun, mengonsumsi daging bakar secara berlebihan nyatanya dapat meningkatkan risiko sembelit. Hal ini dikarenakan daging mengandung serat dan zat besi yang tinggi. Selain itu, hal lain yang menyebabkan sembelit dikarenakan kandungan protein yang terkandung dalam daging tidak mudah untuk dicerna oleh sistem pencernaan manusia.


4. Meningkatkan Kolesterol

Daging tentu dapat dikonsumsi oleh semua masyarakat, namun dalam porsi yang sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini juga berlaku bagi para penderita kolesterol. Mengonsumsi daging dengan lemak jenuh yang tinggi dapat memengaruhi fungsi kerja hati, sehingga menyebabkan kolesterol berlebih.


5. Mengurangi Kesuburan pada Wanita

Salah satu dampak buruk mengonsumsi olahan daging panggang secara berlebihan ialah mengurangi kesuburan pada wanita. Pada proses pemanggangan daging dalam waktu lebih lama, meningkatkan kadar AGEs atau glikotoksin.

Baca juga: Awas! Kalap Makan Daging Olahan Bisa Bikin Batu Empedu

Adanya AGEs dalam tubuh seorang perempuan dapat menyebabkan peradangan pada sel yang melapisi rahim, sehingga hal ini akan menyebabkan embrio kesulitan berkembang.
 
Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Eksklusif Profil Yozua Makes: Pariwisata sebagai Penjaga Identitas & Budaya Indonesia

BERIKUTNYA

Kualifikasi Euro 2024: Timnas Portugal Cetak Rekor Tanpa Kekalahan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: