Sate merupakan makanan yang populer dimasak pada Hari Iduladha (Sumber gambar: Bisnis)

Kiat Mengolah Daging Agar Nutrisinya Tetap Terjaga

28 June 2023   |   21:30 WIB

Salah satu cara memperingati Hari Raya Iduladha adalah dengan memasak aneka olahan daging. Genhype sudah memiliki ide untuk makanan apa yang akan dibuat? Apa pun makanan yang ingin diolah, pastikan masakan tersebut sehat dan aman untuk disantap.

Bagaimana cara mengolah daging agar tetap aman dan sehat? Dokter Fanny Immanuddin dari Sukhavita Clinic mengatakan, cara terbaik mengolah daging dengan tidak menggunakan panas yang terlalu tinggi. Hal ini dilakukan agar kandungan protein tetap terjaga.

“Panas yang tinggi akan menghilangkan kandungan protein pada daging seperti asam amino,” katanya dalam siaran pers dari Cookpad.

Baca juga: 3 Resep Unik Olahan Daging yang Patut Dicoba Saat Iduladha, Maknyus & Mantap

Konsumsi daging yang baik, lanjut Fanny, adalah ketika daging di masak medium rare. “Temperatur medium rare artinya berada pada suhu 56-60 derajat celcius. Kondisi medium rare memungkinkan daging mulai mengeras di bagian luar, tetapi akan tetap sangat lembut dan empuk di bagian tengah,” jelasnya.

Namun demikian Fanny mengingatkan, konsumsi daging merah termasuk bahan pangan yang sulit dicerna sehingga untuk membantu penyerapan pada tubuh dibutuhkan makanan pendamping yang mengandung serat tinggi.

“Sayur mentah seperti salad atau lalap misalnya sangat baik sebagai pendamping ketika mengonsumsi daging merah. Serat tinggi pada sayur mentah ini akan membantu penyerapan daging pada tubuh lebih optimal,” jelas  Fanny.

Sementara itu, data Cookpad menunjukkan resep dengan menggunakan bahan daging banyak dicari sebagai bahan pencarian di akhir pekan. Waktu libur dan akhir pekan adalah yang tepat untuk menikmati bahan penuh dengan kandungan protein tinggi bersama dengan keluarga dan teman.

“Iduladha tahun ini yang bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional adalah saat yang tepat untuk menikmati momen memasak di rumah bersama keluarga dan juga membagikannya kepada yang membutuhkan,” kata CEO Cookpad Indonesia Soegianto.

Hari Raya Iduladha tahun ini juga bertepatan dengan waktu liburan anak sekolah, sehingga menjadi saat yang tepat untuk memperkenalkan cara memasak dan menciptakan masak yang menyenangkan bersama anak dan anggota keluarga.

 “Mereka tidak hanya bersenang-senang membantu menyiapkan makanan, tetapi juga dapat mempelajari beberapa keterampilan dapur yang penting. Seperti menakar bahan menggunakan peralatan dapur dengan aman dan mengikuti resep yang ada di Cookpad,” lanjutnya.

Terkait dengan perayaan Hari Raya Iduladha tahun ini, Cookpada melakukan survey online terkait dengan menu yang akan dimasak. Dari survei tersebut diketahui sebanyak 32% pengguna Cookpad Indonesia memilih resep olahan daging sehat untuk menu Iduladha.

Survei tersebut dilakukan terhadap 316 pengguna aktif di Indonesia dengan rentang usia terbanyak antara 25-49 tahun pada bulan ini.

Selain itu,  responden juga menyatakan tidak hanya memilih mengolah daging, tapi juga memasak hidangan pelengkap lainnya. Salah satu cara umat muslim merayakan  Iduladha dengan memasak menggunakan bahan daging sapi, domba, dan kambing sebagai hidangan utama.

Salah satu makanan yang populer saat Iduladha adalah sate. Dia mengatakan memasak daging dengan menggunakan tusuk merupakan salah satu cara olahan daging tertua di dunia. Bukti menunjukkan penggunaan tusuk sate terjadi sejak prasejarah, seperti yang ditemukan di situs berusia 300.000 tahun di Schöningen, Jerman.

Daerah mediterania seperti Turki, Yunani, Negara Asia Timur, Negara Afrika Utara juga familiar dengan metode masak seperti ini.

Orang Indonesia menggunakan metode masak tusuk dikenal dengan sate menyerupai kebab tetapi menggunakan rempah-rempah dan kemudian dipanggang di atas api arang. Setelah selesai, dagingnya berwarna kecokelatan dan sedikit hangus. Sate sering disajikan dengan banyak saus, paling populer dengan bumbu kacang atau kecap manis.

Baca juga: 4 Tip Pangkas Kolesterol saat Konsumsi Daging Kambing

Bagi yang ingin memasak menu lain, ada 230.000 resep daging di platform Cookpad.  “Cookpad terus berkomitmen untuk mengajak masyarakat Indonesia memilih masak dengan menyajikan berbagai inspirasi resep beserta tip dan trik memasak sebagai acuan. Masak secara langsung akan lebih sehat karena kita dapat memilih mengolah asupan makanan sehingga lebih higienis,” ujar Soegianto.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Waspada Ragam Modus Pelaku Revenge Porn & Hindari Tindakan Ini agar Kalian Tidak Jadi Korban

BERIKUTNYA

Sinopsis Film Kembang Api yang Dibintangi Donny Damara & Marsha Timothy

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: