Ilustrasi (dok. Freepik)

Simak 5 Tip Sehat Konsumsi Daging Kurban

20 July 2021   |   09:07 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Iduladha identik dengan hewan kurban. Di hari ini dan beberapa hari berikutnya mungkin kamu sudah mempersiapkan diri untuk menyantap daging tersebut yang diolah dengan berbagai macam cara. 

Tetapi perlu diingat, makan daging berlebihan tidak baik lho untuk kesehatan. Sebab daging kurban entah itu sapi atau kambing merupakan sumber kolesterol yang tinggi. Tahu kan dampak buruk banyaknya kolesterol di dalam tubuh?

Nah, berikut ini tip mengonsumsi daging tetap sehat saat Iduladha :

1. Olah daging dengan direbus
Daging rebus tentunya lebih sehat daripada daging goreng. Kombinasi lemak dan protein dalam daging yang digoreng membuatnya sulit untuk dicerna dan menyebabkan banyak gejala gangguan pencernaan, jantung terbakar, hingga mual.

2. Menambahkan sayuran 
Kamu bisa menambahkan kentang, wortel, kacang polong, atau brokoli dalam olahan daging kurban yang akan dibuat. Sayuran memainkan peran penting dalam pencernaan yang sehat dan penyerapan lemak.

3. Pilih bagian leher atau paha
Bagian sapi atau kambing ini mengandung sedikit lemak dibandingkan bagian lainnya.

4. Coba daging panggang 
Dipanggang adalah metode olahan daging yang sehat, tetapi kamu harus meminimalkan ukuran potongan daging untuk membatasi waktu paparan panas ya. 

Jangan lupa juga untuk menghilangkan lemak agar tidak jatuh di atas batu bara dan mencegah pembentukan zat berbahaya. Tambahkan bumbu dengan menambahkan cuka dan lemon sebelum dipanggang untuk mengurangi pembentukan zat berbahaya ini.

5. Porsi yang cukup
Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa daging adalah makanan yang lezat dan kaya akan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Namun di sisi lain, hindari konsumsi daging yang berlebihan untuk menghindari banyak masalah kesehatan terkait gangguan gas di dalam perut, asam urat, penyakit kardiovaskular, atau peningkatan kadar kolesterol. Ingat, rata-rata konsumsi daging tidak boleh melebihi 75-100 gram setiap hari.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Porsche & Louis Vuitton Ikut Putus Kontrak dengan Kris Wu Paska Skandal Pemerkosaan

BERIKUTNYA

Ada Permission to Dance Challenge dari BTS dan YouTube, Ada yang Mau Ikut?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: