Konser Coldplay di Jakarta (Sumber Foto/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

7 Fakta Menarik Konser Coldplay di Jakarta, Salah Satunya Bernyanyi dengan Bahasa Isyarat

17 November 2023   |   06:26 WIB
Image
Kintan Nabila Jurnalis Hypeabis.id

Coldplay sukses menggelar konsernya di Indonesia pada Rabu (15/11/2023). Konser bertajuk Coldplay Music of the Spheres tersebut diadakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. Band asal Inggris itu membawakan lagu-lagu hit mereka, terutama dalam album terbarunya yang bertajuk Music of The Spheres. 

Grup musik asal Inggris yang digawangi oleh Chris Martin (Vokal, gitar, piano), Guy Berryman (bas), Jonny Buckland (gitar), dan Will Champion (drum) tersebut akhirnya tampil di hadapan sekitar 70.000 penonton tepat pukul 21.00. Nah Genhype, yuk simak fakta menarik konser Coldplay di Jakarta yang digelar 15 November kemarin.

Baca juga: Kemeriahan Konser Coldplay di Jakarta, Rasa Bangga Rahmania Astrini dan Gaya Casual Chris Martin
 

1. Dibuka dengan penampilan Rahmania Astrini

Sambil menunggu Coldplay, satu jam sebelumnya penonton dihibur oleh penampilan Rahmania Astrini. Penyanyi dan penulis lagu asal Bandung itu tampil membawakan 6 lagu. Beberapa di antaranya adalah "Menua Bersama", "Someday Somewhere Someplace Somehow", serta "Untitled" karya Maliq & D’essentials dan ditutup oleh "Aku Cinta Dia" karya Chrisye.
 

2. Chris Martin sapa penonton sambil berpantun

Chris Martin saat Konser Coldplay di Jakarta (Sumber Foto/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Chris Martin saat Konser Coldplay di Jakarta (Sumber Foto/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Momen kocak di konser Coldplay terjadi ketika sang vokalis, Chris Martin menyapa penonton sambil berpantun di atas panggung. Siapa sangka, lawakan 'pinjam dulu seratus' yang belakangan ini populer di media sosial rupanya diketahui oleh Chris Martin. Penonton pun langsung tertawa mendengarnya. Begini Bunyi Pantunnya.

Hari Selasa ujian fisika, Giat belajar biar lulus
Apa kabar Kota Jakarta, boleh dong pinjam seratus

 

3. Nyanyikan Something Just Like This dengan bahasa isyarat

Vokalis Coldplay, Chris Martin dikenal sangat multitalenta. Penampilannya saat membawakan lagu "Something Just Like This" membuat penonton terpukau. Pasalnya pria kelahiran 1977 tersebut menggunakan bahasa isyarat. Ini membuktikan bahwa musiknya tak hanya untuk didengar saja, melainkan dimaknai oleh hati.

"Something Just Like This" sendiri adalah lagu yang mengisahkan tentang seseorang yang menemukan bahwa pasangannya hanya menginginkan dirinya yang apa adanya, tidak perlu menjadi manusia sempurna.
 

4. Chris Martin bawakan 21 lagu hit Coldplay

Kemeriahan Konser Coldplay (Sumber Foto/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Kemeriahan Konser Coldplay (Sumber Foto/Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Seperti yang diprediksi, Coldplay menyanyikan lebih dari 20 lagu. Dibuka dengan lagu "Higher Power", lalu dilanjutkan dengan karya-karya hit mereka seperti "Paradise", "The Scientist", "Something Just Like This", "A Sky Full of Stars", "Viva La Vida", "Fix You", "Yellow", dan lainnya.

Tak ketinggalan lagu-lagu terbaru dalam album Music of The Spheres seperti My Universe. Ini adalah konser pertama Coldplay yang telah dinanti-nanti para penggemar Indonesia sejak 23 tahun, tentunya ini menjadi momen berkesan untuk mereka yang hadir dan ikut bernyanyi bersama.
 

5. Pengalaman konser berkualitas tinggi dengan teknologi

Coldplay menggunakan berbagai macam teknologi untuk menciptakan pengalaman konser yang spektakuler dan berkualitas tinggi. Salah satu teknologi yang digunakan adalah Xylobands, yakni gelang LED yang dapat menyala dan berkedip mengikuti irama musik.

Saat menyanyikan "A Sky Full of Stars", Chris Martin mengajak penonton menyimpan ponsel mereka dan mengangkat tangan. Dalam sekejap lautan penonton tampak seperti hamparan bintang. Coldplay juga menggunakan LED screen besar untuk menampilkan berbagai macam visual yang memukau seperti gambar, video, dan animasi berwarna-warni.
 

6. Gelang LED harus dikembalikan

Para penggemar Coldplay pasti sudah tak asing dengan Xylobands, yakni gelang LED yang menyala selama konser. Aturannya, penonton harus mengembalikan gelang tersebut setelah konser selesai. Ini merupakan gerakan sustainability sebagai upaya mengurangi sampah. Sejauh ini, sejumlah negara yang pernah didatangi Coldplay memiliki persentase pengembalian gelang xylobands di atas 90 persen.
 

7. Kibarkan bendera putih LOVE

Seperti yang kita tahu, Chris Martin kerap mengkampanyekan dukungan terhadap komunitas LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) dengan mengibarkan bendera pelangi, biasanya saat menyanyikan lagu "People of the Pride".

Hal tersebut dia lakukan saat Coldplay mengadakan konser di negara-negara lain yang termasuk dalam rangkaian tur Music of the Spheres. Namun di Indonesia, mereka menunjukan sikap toleransi dengan mengganti bendera pelangi menjadi bendera putih bertuliskan Love. 

Baca juga: Deretan Selebritas yang Menonton Konser Coldplay 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Cek Profil 5 Galeri Seni yang Siap Gelar Karya di Art Jakarta 2023

BERIKUTNYA

Ini Cara Menuju Lokasi Art Jakarta 2023, Menggunakan Transportasi Umum & Kendaraan Pribadi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: