Kurir Ninja Xpress mengantar paket ke konsumen. (Sumber gambar : Ninja Xpress)

Cara Jitu Ninja Xpress Bantu UKM Go Global

15 November 2023   |   22:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Dukungan terhadap keberlangsungan Usaha Kecil Menengah (UKM) semakin gencar. Salah satunya datang dari Ninja Xpress. Ragam layanan dihadirkan perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi di Indonesia ini untuk memudahkan usaha pada sektor yang berkontribusi besar bagi negara. 

Memperingati 8 tahun perjalanannya sebagai sahabat UKM, Ninja Xpress menyediakan ekosistem logistik  yang terintegrasi dengan fasilitas pergudangan, layanan pengadaan barang, sampai dengan pengiriman internasional dalam program Ninja Xpress Seller Booster. 

Baca juga: Lima Strategi Pelaku Usaha Memilih Partner Logistik Agar Tetap Cuan

Ekosistem logistik dibuat terintegrasi melalui solusi end-to-end dari pengadaan bahan baku hingga layanan pemasaran marketing. Ditambah ambisi dalam mendukung UKM Indonesia terus maju dan menuju pasar global. 

Sektor logistik sendiri diketahui merupakan salah satu mesin penggerak ekonomi nasional. Hanya saja, sampai saat ini efisiensi biaya logistik masih menjadi salah satu tantangan yang dihadapi.

CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa mengatakan dengan momentum peringatan 8 tahun perjalanan Ninja Xpress, pihaknya berkomitmen untuk memberikan pelayanan dengan tidak hanya menyediakan fasilitas logistik, tetapi juga layanan pendukung yang terintegrasi untuk membantu UKM menjalankan bisnis dengan biaya yang lebih hemat. 

“Ninja Xpress selalu memperbaiki dan meningkatkan layanan kami dengan selalu melihat data pengiriman dan juga melakukan survey seperti Suara UKM Negeri,” tuturnya dikutip Hypeabis.id, Rabu (15/11/2023).

Andi menyebut pihaknya menyediakan Ninja Studio sebagai layanan pendukung. Ninja Studio menjadi ruang edukasi dan eksplorasi bagi para pelaku UKM untuk pengembangan bisnis mereka, hingga Point Reward dimana UKM dapat menukarkan poin pengiriman mereka menjadi fasilitas pemasaran seperti endorsement hingga ibadah umroh. 

Beberapa UKM yang menggunakan fasilitas Ninja Studio diantaranya adalah Petik Tea Bar, Heirloom, dan Bakmi Taat. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 8000 shipper Ninja Xpress yang telah menggunakan fasilitas Ninja Xpress Seller Booster untuk meningkatkan penjualan bisnis mereka.

Perusahaan logistik ini terbilang memiliki ekosistem yang mumpuni. Dimulai dari layanan pengiriman sebagai core services, terdiri dari regular maupun sameday delivery yang  dilengkapi warehouse dengan mesin dimension weight and scanning (DWS) untuk mengukur paket dengan lebih akurat. 

Ada pula layanan seller booster yang terdiri dari layanan pergudangan atau yang disebut Ninja fulfillment. Kemudian, layanan pengadaan bahan baku dari luar negeri melalui Ninja Direct, serta bantuan promosi dan marketing secara gratis melalui layanan foto dan video produk di dalam Ninja Studio. 

Tidak hanya bersinergi, Ninja Xpress katanya juga berambisi dalam membantu UKM naik kelas. Salah satunya dengan menjangkau pasar global melaui layanan International Delivery. Melalui layanan ini, UKM bisa dengan mudah melakukan pengiriman barang keluar negeri, khususnya ke Singapura dan Malaysia secara end to end, mulai dari pengurusan dokumen sampai dengan penyediaan fasilitas Cash-On-Delivery (COD) lintas negara.

Andi menjabarkan sejak Agustus 2023, Ninja Xpress memfasilitasi UKM untuk dapat menjual produk di Mallindo, sebuah platform e-commerce yang berfokus pada penjualan produk-produk Indonesia di Malaysia. Dengan adanya Mallindo, UKM di Indonesia memiliki akses yang lebih luas dan mudah untuk menjangkau pasar di Malaysia.

Baca juga: Begini Untung-Rugi dari Bisnis Waralaba Logistik

Direktur PT Swayasa Prakarsa atau Gamafood Bondan Ardiningtyas mengatakan pihaknya sangat terbantukan dengan kerja sama Ninja Xpress dan Mallindo. Produknya pun cukup diterima di sana. “Kerja sama dengan Ninja Xpress sangat membantu kami, dengan komunikasi yang mudah, administrasi juga tidak ribet,” sebutnya. 

 

SEBELUMNYA

Reviw Film Mohon Doa Restu: Saat Menikah Tak Hanya Menyatukan Hati Dua Sejoli

BERIKUTNYA

Duh, Smartphone 5G Sudah Banyak Tapi Jaringannya Masih Terbatas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: