Ilustrasi Seseorang Sedang Meminum Air (Sumber Gambar: Freepik)

Kebiasaan Sepele Ini Bisa Berdampak Buruk pada Ginjal

14 November 2023   |   20:30 WIB

Ginjal merupakan bagian dalam tubuh yang memiliki peran besar untuk menyaring racun agar tidak menumpuk. Fungsi ginjal bagi tubuh sangatlah penting, seperti menjaga keseimbangan cairan tubuh dan menghasilkan hormon untuk produksi sel darah merah.

Kerusakan ginjal sering kali tidak disadari, sehingga gejala-gejala yang ada justru diabaikan dan baru menyadari akan adanya penyakit ginjal ketika sudah memasuki stadium lanjut. Jika, ginjal tidak berfungsi dengan baik, tentunya akan memicu sejumlah penyakit ginjal, seperti batu ginjal dan gagal ginjal.

Baca juga: Hadir Dalam Senyap, Waspada Penyakit Ginjal Kronik

Terdapat beberapa kebiasaan sepele yang ternyata bisa memicu kerusakan ginjal di usia muda, kebiasaan yang jika dibiarkan akan menyebabkan komplikasi serius hingga kematian.

Dikutip dari National Kidney Foundation, berikut sederet kebiasaan yang memicu ginjal rusak.
 

1. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal, karena kurang mengonsumsi air putih bisa merusak fungsi ginjal. Air putih dapat membuat tubuh tetap terhidrasi sehingga membantu ginjal untuk dapat membersihkan kadar garam hingga racun yang ada pada tubuh. Maka, disarankan untuk mengonsumsi air 1,5 hingga 2 liter air perhari.


2. Sering Begadang

Kurang tidur atau sering begadang juga berpengaruh pada fungsi ginjal, karena fungsi ginjal salah satunya dikendalikan oleh siklus bangun dan tidur, yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam. Tidur dengan waktu yang cukup sangat penting dan membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Kurang tidur dalam waktu yang lama akan menambah beban kerja ginjal yang mengakibatkan rusaknya ginjal.


3. Kurang Gerak

Duduk dalam waktu lama dan malas bergerak juga bisa memicu gangguan ginjal. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk duduk, maka semakin besar pula risiko kerusakan ginjal yang dialami. Selain merusak ginjal, malas gerak juga dapat menyebabkan kegemukan, hingga gangguan jantung dan pembuluh darah.


4. Sering Menahan Pipis

Menahan kencing dapat menyebabkan batu ginjal. Tidak mengosongkan kandung kemih dengan tepat waktu, sehingga urin berada pada kandung kemih dalam waktu yang lama dan menyebabkan perkembangbiakan bakteri dalam urin. Kebiasaan ini juga memicu infeksi saluran kencing yang berpengaruh pada kesehatan ginjal.


5. Sering Konsumsi Makanan Olahan

Makanan olahan yang dikonsumsi berlebihan juga dapat memicu terjadinya kerusakan ginjal, karena  makanan tersebut banyak mengandung natrium dan fosfor. Ginjal akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan kelebihan fosfor dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan fosfor yang tinggi pada makanan olahan bisa berbahaya bagi ginjal dan jantung,Dengan begitu kalian harus membatasi asupan fosfor dalam makanan.


6. Konsumsi Minuman Beralkohol

Minum alkohol secara berlebihan dapat mempengaruhi fungsi bagi berbagai organ tubuh, termasuk ginjal. Peminum alkohol berat yang juga merokok memiliki risiko lebih besar terkena penyakit gagal ginjal kronis. Dengan demikian, batasi atau kurangi mengonsumsi alkohol untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh.

Baca juga: Diduga Picu Gagal Ginjal, Produsen Klaim Praxion Sudah Sesuai Standar

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Netflix Umumkan 8 Film & Serial Seru di Geeked Week, Ada Avatar: The Last Airbender

BERIKUTNYA

ASEAN-KOREA Innovative Culture Forum Digelar, Eksplorasi Lanskap Kreativitas & Industri Kreatif

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: