Ilustrasi orang sedang bercermin-Andrea Piacquadio (Pexels)

Tanda-Tanda Diabetes Bisa Dikenali pada Wajah

12 July 2021   |   08:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Diabetes adalah kondisi kronis di mana tubuh tidak dapat memproduksi cukup insulin atau insulin yang dihasilkan tidak cukup diproses oleh sel yang mengakibatkan kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh.

Penyakit diabetes tidak hanya dapat terdeteksi melalui peralatan medis, namun itu juga bisa terlihat pada bagian tubuh tertentu seperti wajah.

Dokter Medical Quinn Clinics John Quinn mengatakan kulit adalah organ terbesar yang dipengaruhi oleh kadar gula darah tinggi, terutama wajah.

“Kulit bersisik di kelopak mata atau xanthelasma dapat menjadi tanda bahwa diabetes tidak terkontrol dengan baik dan biasanya berkembang ketika memiliki kadar lemak yang tinggi dalam darah,” jelasnya dikutip dari Express UK, (12/7).

Selain itu, tanda lain yang terlihat adalah benjolan kecil berwarna kuning kemerahan yang sering terlihat seperti jerawat, tetapi perbedaannya dengan jerawat normal adalah warnanya menjadi kekuningan.

“Selain di wajah, benjolan itu juga bisa muncul di bokong, paha, punggung lutut dan siku,” tambahnya.

Bukan hanya itu, ada beberapa gejala diabetes pada kulit lainnya juga seperti infeksi kulit, kulit kering yang gatal, sampai area kulit yang lebih gelap dan terasa seperti beludru.

Jika kamu mengalami salah satu gejala tersebut, dokter Quinn menyarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter dan melakukan tes darah agar dapat mendiagnosis penyakit diabetes sedini mungkin.

Sementara itu, ada beberapa cara yang bisa mengendalikan kadar gula darah seperti olahraga, melakukan diet sederhana, dan sering minum air putih yang dapat membantu tubuh membuang sebagian glukosa dalam darah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pendapatan Black Widow dari Disney Plus Nyaris Samai Pendapatan Box Office

BERIKUTNYA

AKMU Umumkan Rencana Comeback Lewat Album Kolaborasi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: