Konferensi pers FFI 2023 (Sumber gambar: dokumen panitia FFI)

Link Live Streaming Resmi Festival Film Indonesia (FFI) 2023

14 November 2023   |   16:00 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Malam Penganugerahan Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan dilangsungkan di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta, Selasa (14/11/2023). Komite Festival Film Indonesia pada malam ini akan membagikan Piala Citra untuk pemenang dari berbagai nominasi yang dilombakan.

Tahun ini, FFI memilih tema Citra yang terinspirasi dari sajak berjudul sama karya Usmar Ismail yang bermakna bayangan atau imaji. Kata Citra juga telah menjadi nama anugerah perfilman Indonesia sejak 1967 dan menjadi lambang apresiasi tertinggi dalam industri perfilman di Tanah Air.

Baca juga: Cek Daftar 5 Besar Film, Aktor & Aktris Kategori Pilihan Penonton FFI 2023

Adapun nominasi yang dilombakan tahun ini mencakup 22 macam kategori. Mulai dari Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, hingga Karya Kritik Film Terbaik dan Karya Pilihan Penonton Terbaik.

Sehubungan dengan itu, FFI 2023 akan menghadirkan sejumlah bintang yang akan menjadi pembaca nominasi. Di antaranya ialah Adipati Dolken, Chicco Jerikho, Chitra Subyakto, Cut Mini, Dian Sastrowardoyo, Emir Mahira, Gita Fara, Ifa Isfansyah, Joko Anwar, Marissa Anita, Melly Goeslaw, Reza Rahadian, Tissa Biani, dan Titi Radjo Padmaja.

Malam Anugerah FFI juga akan dimeriahkan oleh penampilan spesial dari Iwan Fals, Rossa, Rio Sidik, Andi Rianto, Magenta Orchestra, dan Icyc Cordana. Lalu, tak ketinggalan tentu saja akan dipandu oleh Christine Hakim, Lukman Sardi, Laura Basuki, dan Chicco Kurniawan.

Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian mengatakan malam puncak penganugerahan kembali digelar tanpa menggunakan master ceremony (MC). Ajang apresiasi sinema Indonesia ini memang tidak diniatkan untuk menampilkan banyak hiburan.

Menurutnya, malam penganugerahan berjalan lebih singkat dan memorable, utamanya bagi para pemenang. Dia ingin malam 14 November nanti seluruh mata memandang pemenang FFI di berbagai kategori, bukan malah terlena dengan jokes atau hiburan lain. “Acara Malam Puncak FFI 2023 diperkirakan akan durasi 2 jam 10 menit,” ungkap Reza dalam konferensi pers di Kemendikbudristek RI, Jakatra, Kamis (2/11/2023).

Malam FFI 2023 akan terbagi ke dalam dua sesi besar. Acara akan dimulai dengan sesi Live Red Carpet yang bakal digelar pukul 17:30 WIB, lalu berlanjut ke Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia Pukul 20:00 WIB. Pastikan kalian menyaksikan para nomine aktor, aktris, dan sutradara pujaan membawa pulang anugerah Piala Citra FFI 2023 hingga akhir.

Sekedar informasi, ajang FFI sudah digelar sejak 1955 dan menjadi tolok ukur bagi pencapaian industri perfilman nasional. Dicetuskan pertama kali oleh Usmar Ismail dan Djamaluddin Malik gelaran ini diharap dapat menjadi program untuk membaca peta dan dinamika perfilman nasional.

Baca juga: Reza Rahadian Bicara Indikator Penentu Masuk Nominasi FFI 2023


Jadwal & Link Menonton FFI

Bagi Genhype yang ingin menyaksikan pengumuman dan penghargaan pemenang nominasi FFI 2023, kalian bisa menontonnya lewat beberapa kanal resmi. Untuk YouTube, kalian bisa menonton Malam
Penganugerahan FFI di akun official dari Festival Film Indonesia, Budaya Saya, dan Kemendikbudristek RI.

Selain itu, kalian juga bisa menontonnya lewat laman resmi Festivalfilm.id. Kemudian, klik tampilan "Tonton di Sini" pada halaman utama  mereka. Namun, sebelum itu, pastikan jaringan internet stabil agar tetap bisa mengikuti acara ini hingga selesai.

Berikut daftar link-nya
Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

4 Keuntungan Menempuh Pendidikan Vokasi, Bisa Kerja di Luar Negeri

BERIKUTNYA

3 Rekomendasi Parfum Lokal untuk Pria, dari Avicenna sampai Unke Naru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: