Festival Film Indonesia 2023 (Sumber gambar: Instagram.com/festivalfilmid)

Cek Daftar 5 Besar Film, Aktor & Aktris Kategori Pilihan Penonton FFI 2023

14 November 2023   |   08:30 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Menjelang Malam Penganugerahan, Komite Festival Film Indonesia (FFI) mengumumkan daftar film, aktor, dan aktris yang berhasil masuk ke jajaran lima besar dalam kategori Pilihan Penonton. Kategori yang baru diadakan lagi sejak 3 tahun lalu ini menjadi yang cukup ditunggu-tunggu para insan sineas Tanah Air.

Sebab, berbeda dengan kategori lain yang pemenangnya ditentukan oleh Dewan Juri Akhir, pemenang kategori Pilihan Penonton murni merupakan aspirasi dari para pencinta film Indonesia yang telah melakukan voting pada film, aktor, dan aktris yang menurut mereka terbaik.

Khusus kategori ini, penyelenggara FFI telah membuka pilihan bagi masyarakat untuk memilih film, aktor, dan aktris terbaik dari kacamata penonton sejak 2 September 2023 silam. Periode memilih tersebut dilakukan hingga 31 Oktober 2023.

Baca juga: 9 Film Paling Cepat Capai Box Office Indonesia per Oktober 2023

Proses pemilihan dilakukan langsung di laman festivalfilm.id. Penonton hanya perlu memiliki akun di Google, Facebook, atau X, lalu bisa memilih kategori dan film mana yang dianggap sebagai yang terbaik.

Saat ini, nama-nama yang di voting telah makin mengerucut. Nantinya, para pemenang di kategori Pilihan Penonton akan mendapatkan penghargaan khusus dengan nama pialanya yang mengambil dari tokoh perfilman legendaris Indonesia.

“Inilah film, aktor, dan aktris yang berhasil masuk dalam 5 besar kategori Pilihan Peeonton. Penasaran siapa di antara mereka yang menjadi pemenang sesungguhnya?,” tulis akun resmi penyelenggara Festival Film Indonesia di laman Instagram dikutip Hypeabis.id, Selasa (14/11/2023).

Untuk kategori film, karya yang masuk ke dalam lima besar adalah Budi Pekerti karya sutradara Wregas Bhanuteja, Catatan si Boy karya Hanung Bramantyo, Ketika Berhenti di Sini karya Umay Shahab, Sleep Call karya Fajar Nugros, dan Women from Rote Island karya Jeremias Nyangoen.

Untuk kategori aktor, nama-nama yang masuk lima besar adalah Abimana Aryasatya untuk film The Big 4, Ali Fikry untuk film Waktu Maghrib, Angga Yunanda untuk film Catatan si Boy, Bryan Domani untuk film Ketika Berhenti di Sini, dan Refal Hady untuk film Ketika Berhenti di Sini.

Untuk kategori aktris, nama-nama yang masuk lima besar adalah Irma Rihi untuk film Women from Rote Island, Prilly Latuconsina untuk film Ketika Berhenti di Sini, Rachel Vennya untuk film Sleep Call, Rebecca Klopper untuk film Catatan si Boy, dan Syifa Hadju untuk film Catatan si Boy.

Dikutip dari laman resmi Festival Film Indonesia, kategori pilihan penonton merupakan upaya komite Festival Film Indonesia 2023 dalam memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk berpartisipasi di ajang ini.

“Pilih film, aktor, dan aktris favoritmu melalui kategori Film Pilihan Penonon, Aktor Pilihan Penonton, dan Aktris Pilihan Penonton,” demikian tertulis.

Baca juga: Yuk Ikutan Voting Aktor, Aktris, dan Film Favorit Kalian di Ajang FFI 2023

Sementara itu, Malam Anugerah FFI 2023 akan mengambil tema dan konsep “Citra” yang menjadi nama penghargaan ajang ini sejak 1967. Pesta sinema Indonesia ini akan berlangsung pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada pukul 20.00 WIB. Malam Anugerah FFI 2023 juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Menilik Sejarah di Balik Nama-nama Penghargaan Khusus di Festival Film Indonesia 2023

BERIKUTNYA

Kumpulan Ucapan Bermakna untuk Memperingati Hari Diabetes Sedunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: