Konferensi Pers FFI 2023 (Sumber gambar: Dokumen FFI 2023/Arman Poplicist)

Reza Rahadian Bicara Indikator Penentu Masuk Nominasi FFI 2023

03 November 2023   |   14:46 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2023 telah menetapkan 22 kategori nominasi untuk gelaran tahun ini. Para pemenang di tiap kategori nantinya akan mendapatkan Piala Citra sebagai simbol anugerah penghargaan perfilman tertinggi di negeri ini.

Setiap film atau pelaku sinema yang masuk ke daftar nominasi telah melalui berbagai tahapan seleksi. Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian menegaskan proses seleksi tersebut dilakukan secara terbuka dan kredibel.

Setiap pihak yang berhasil masuk nominasi juga telah memenuhi standar kriteria yang telah ditetapkan FFI dan para juri yang terlibat. Dalam hal ini, penentuannya juga telah melibatkan berbagai stakeholder terkait.

Proses penentuan nominasi dilakukan oleh Akademi Citra. Akademi Citra merupakan kumpulan para pelaku film yang pernah meraih Piala Citra. Mereka diberi hak penuh untuk memilih siapa yang berhak masuk ke dalam nominasi.

Dalam hal ini, peran FFI hanya menyusun pedoman tentang poin-poin penting yang perlu dijaga dalam penentuan nominasinya, sedangkan keputusan finalnya ada di tangan Akademi Citra.

“Kalau dari tahap nominasi, Akademi Citra memiliki wewenang penuh dalam menentukan siapa nominasinya. Mereka juga hanya bisa menentukan film yang layak setelah menontonnya secara full, begitu sistemnya,” kata Reza dalam konferensi pers FFI di Kemendikbudristek, Kamis (02/11/2023).

 

Reza Rahadian (Sumber foto: Prime Video)

Reza Rahadian (Sumber foto: Prime Video)


Jumlah Penonton Tidak Berpengaruh

Reza menegaskan bahwa pemilihan nominasi FFI 2023 tidak ditentukan dari jumlah penonton yang telah didapatkan oleh film tersebut. Elemen-elemen terbaik dalam sebuah film menjadi acuan utama, alih-alih jumlah penonton.

“Saya menjawab tidak. Jumlah penonton tidak memengaruhi apakah film itu menjamin ada di dalam urutan nominasi atau tidak. Suara yang menentukan adalah Akademi Citra,” tegasnya.

Terlebih, jika berbicara konteks film yang disukai penonton, FFI telah menyediakan kategori khusus. Para penonton bisa melakukan voting film kategori penonton dan berbagai kategori lainnya.


Film yang Masuk Festival Internasional Jadi Bahan Pertimbangan

Sebaliknya, untuk film yang berhasil menembus festival internasional, ada kemungkinan menjadi bahan pertimbangan para Akademi Citra. Informasi mengenai film-film tersebut tentu akan jadi catatan tersendiri bagi para juri.

“Jawabannya adalah karena ini Festival Film Indonesia, maka keterlibatan film Indonesia pada festival internasional pasti akan menjadi pertimbangan seluruh jajaran Akademi Citra,” imbuhnya.

Sebab, tidak mungkin sebuah film yang telah menorehkan prestasi cemerlang secara global, kemudian terlewat begitu saja di festival dalam negeri. Tentu jika ini terjadi, patut untuk dipertanyakan.

Namun, jika dikatakan masuk festival internasional akan jadi jaminan, jawabannya lagi-lagi tidak. Reza menyebut tidak ada jaminan yang bisa dipegang, tetapi jika sebagai bahan pertimbangan, mungkin saja terjadi.


Pembacaan Pemenang Nominasi Dilakukan 14 November 2023

Malam Anugerah FFI 2023 mengambil tema dan konsep “Citra” yang menjadi nama penghargaan FFI sejak 1967. Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan berlangsung pada 14 November 2023 di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada pukul 19.00 WIB. Malam Anugerah FFI 2023 juga akan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Baca juga: Aktor Reza Rahadian Optimistis dengan Industri Film Tanah Air

Malam puncak tersebut akan dimeriahkan dengan kehadiran dua musisi ternama Tanah Air. Mereka adalah Iwan Fals dan Rossa. Keduanya akan membawakan lagu hit mereka dan beberapa lagu nominasi kategori lagu tema terbaik FFI 2023.

Keduanya tentu akan menghadirkan hiburan bagi tamu undangan maupun publik yang menonton melalui siaran langsung. Acara FFI tahun ini akan menjadi gelaran terakhir di bawah komite periode 2021-2023 yang dipimpin Reza Rahadian.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Kenali 5 Jenis Penyakit Alat Reproduksi Manusia, Ada Sindrom Ovarium Polikistik hingga Sistitis Interstisial

BERIKUTNYA

Resep Batagor Ikan Ala Chef Devina Hermawan, Bisa jadi Ide Jualan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: